Sanur Village Festival 2017 Manjakan Wisatawan dengan 27 Kegiatan

WhatsApp Image 2017-08-09 at 22.27.44

Menteri Pariwisata Arief Yahya resmi membuka Sanur Village Festival 2017. Perhelatan yang ke-12 ini dan mengusung tema Bhinneka Tunggal Ika itu akan digelar mulai 9 hingga 13 Agustus mendatang (Ist) 

Kesenian lokal di Bali memang tergolong unik sehingga menarik minat wisatawan datang ke Pulau Dewata. Daya magnetnya kesenian Bali memang luar biasa, jadi tak salah jika setiap daerah di Pulau Dewata mengemasnya menjadi event yang bertujuan mendatangkan wisatawan, salah satunya Sanur Village Festival (SVF) 2017.

Perhelatan SVF 2017 ini diselenggarakan di Pantai Sanur, tepatnya di Maisonette Area Inna Grand Bali Beach Bali pada 9 hingga 13 Agustus mendatang. Semua  program dikemas dalam nuansa Indonesia. Festival yang sudah berlangsung dua belas kali ini merangkul berbagai komponen masyarakat untuk merayakan keberagaman warga.

“Membumikan semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Kegiatan ini sangat tepat dan sesuai dengan tema yang diusung yaitu The New Spirit of Heritage,” kata Ida Bagus Gede Sidharta, Ketua Panitia Sanur Village Festival dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (9/8/2017).

Sidharta menjelaskan, SVF 2017 ini akan ada 27 agenda kegiatan yang bisa dinikmati wisatawan yang datang ke Sanur. Adapun ke-27 kegiatan itu Environment Activities, Bersih bersih Pantai, Coral plantation, Pelepasan Tukik (Bayi Penyu) ke laut, Extinction plantation dan Festival Exhibition.

Selain itu, juga ada Sanur Kreatif Expo, Cultural, Music and Art performances, Horticulture, Culinary, Food Festival, Food Heritage, Painting, Painting on the spot, Body Painting, Lomba Fotografi, Ekshibisi Foto, Fotografi, Aktifitas Olahraga, Festival Layang Layang, Fun Games, Fun Run, Turnamen Golf, Jukung Race, Turnamen Mancing, Kids Zone dan Village Cycling Tour.

“Pestanya memang tanggal 9-13 Agustus tapi rangkaian kegiatan akan dimulai dengan Sanur International Kite Festival, lomba layang layang tingkat internasional, saat ini sudah mendaftar 23 negara. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 3-6 Agustus 2017,” lanjutnya.
 
Juga ada Pameran foto di Griya Santrian Resort dan Villa, Jalan Danau Tamblingan, No 47, Denpasar, Bali yang bertajuk Bhinneka Tunggal Ika itu merupakan hasil bidikan para fotografer Bali yang telah melalui tahap seleksi dan dipilih 34 foto untuk dipamerkan dan berlangsung mulai tanggal 4 hingga 19 Agustus mendatang.

Rangkaian SVF 2017 ini akan ditutup dengan kegiatan sport tourism Bali International Triathlon 2017, yang akan berlangsung pada 15 Oktober 2017. Event perlombaan yang menggabungkan tiga cabang olahraga atletik yakni renang, lari, dan sepeda tingkat internasional akan digelar di Pantai Mertasari, Sanur, Badung, Bali. 

Acara ini telah meraih berbagai penghargan termasuk ‘Best Destination Triathlon’ dan menarik minat lebih dari 1.000 peserta dari 30 negara serta lebih dari 500 pelari lokal asal Indonesia. Pantai sanur adalah satu di antara sepuluh tempat paling populer di Asia versi TripAdvisor, airya lebih tenang ketimbang Pantai Kuta dan memiliki 8 titik pantai yang hampir semuanya berpasir putih.

Beberapa pantai itu di antaranya adalah pantai Segara Ayu, pantai Sindhu, dan pantai Mertasari. Bagi Menpar Arief Yahya, Sanur adalah contoh pengembangan pariwisata dengan community based, dan sangat sukses. Salah satunya pengelolaan Pasar Sanur yang pernah dia kunjungi.

Ini bisa dicontoh oleh daerah lain dalam menggembangkan destinasi pariwisata dengan model serupa. Kondisi pasarnya juga bagus tidak ada kesan kumuh, tapi lebih friendly. “Dan melayani pemesanan by online,” kata Arief Yahya, yang dua tahun lalu juga berkunjung ke pasar itu.

Letak pantai matahari terbit ini  berjarak 17 km dari Bandara Ngurah Rai.  Di sini, selain menikmati matahari terbit, wisatawan bisa menikamti matahari terbenam di Dreamland.  Di areal tempat wisata  juga banyak tersedia banyak penginapan, baik berupa hotel, resort, vila maupun bungalow.

Selain itu, di daerah Sanur Bali banyak terdapat art shop, money changer, mini market, bar, cafe, restoran sebagai penunjang sarana pariwisata. Transportasinya? ada tersedia taxi meter tapi juga bisa dengan  kendaraan sendiri seperti mobil atau sepeda motor. Banyak sekali tersedia penyedia jasa sewa motor dan rental mobil di Sanur.

“Nah, ingin ikut dan nimmati kemeriahan festival ini? Segera kunjungi ke Sanur, Bali dan nikmati akhir pekan dengan beragam kegiatan dan atraksi seru dalam Sanur Village Festival 2017,” promosi Menpar Arief Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Banten Destinasi Wisata Bahari

Launching Festival Pesona Tanjung Lesung 2017 (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menetapkan Banten sebagai destinasi bahari yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan, termasuk ke Tanjung Lesung. Ia menjelaskan, Banten

Festival

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Keliling Kampung Batik Semarang

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel berpose di Hotel Horison NJ Semarang (Ist) Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel selama berada di Semarang, Jawa Tengah tertarik untuk berkunjung

Investments

Investor Asing Incar Pariwisata Jateng

The Phoenix Hotel Yogyakarta (Ist) Pariwisata Jawa Tengah yang tengah bertumbuh menarik minat investor asing untuk ikut mendukung perkembangannya dengan membangun hotel di sejumlah daerah di provinsi tersebut. Kepala Seksi

Festival

Api Obor Asian Games 2018 Bertemu Blue Fire Kawah Ijen Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (kedua dari kiri) (Ist) Obor Asian Games 2018 telah bertemu dengan blue fire di Kawah Ijen Banyuwangi, Sabtu (21/7/2018). Mantan atlet petinju nasional pemegang medali

Travel Operator

7 Tips Solo Traveling yang Aman dengan Kereta Api

Traveling memang menyenangkan jika dilakukan dengan banyak orang, bersama teman-teman atau keluarga besar. Namun, tidak semua orang mau menempuh perjalanan menyenangkan itu bersama orang lain karena urusan akomodasi yang ribet,

Slideshow

Toleransi di Indonesia Sudah Teruji

Tito Hananta Kusuma (Ist) Toleransi di negeri ini sudah teruji sebab sudah sejak lama Indonesia yang beragam mampu hidup bersama dalam NKRI. Pengacara RM Tito Hananta Kusuma sebagai salah satu