Segera ke Sangihe, Ada Gunung Berapi di Bawah Laut

pesona sangihe

Menteri Pariwisata Arief Yahya meluincurkan Festival Pesona Sangihe 2016 dan Calendar of Event 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gd. Sapta Pesona, Jakarta. Selasa (19/7/2016)

Kepulauan Sangihe di Sulawesi Utara (Sulut) sebagai salah satu destinasi wisata selam memang belum setenar Bunaken. Padahal, ada gunung berapi bawah laut yang diperkirakan akan menjadi daya tarik bagi wisatawan berkunjung ke Sangihe.

“Saya dengar ada atraksi underwater volcano. Katanya bisa merasakan buih-buih yang keluar dari gunung bawah lautnya. Ini atraksi yang sangat bagus,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Launching Festival Pesona Sangihe 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Adapun gunung berapi bawah laut itu berada di bawah laut Banua Wuhu di Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe. Karena termasuk dalam gunung api, suhu air di sekitar gunung api bawah laut Pulau Mahengetang mencapai 37-38 derajat Celcius.

Gunung api bawah laut Pulau Mahengetang juga memiliki titik puncak yang sangat dekat dengan permukaan, yaitu sekitar 8 meter.

Wisatawan diminta waspada saat menyelam, terutama jika melihat ada gelembung-gelembung di antara bebatuan. Itu puncak gunung atau titik kepundan.

Jangan sekali-sekali memasukkan tangan ke antara gelembung tersebut, karena dapat menyebabkan tangan melepuh. Namun yang pasti, gunung berapi bawah laut merupakan salah satu suguhan yang unik menarik bagi para penyelam.

Ya, kapan lagi bisa melihat banyak gelembung di dalam air. Selain memiliki gunung berapi bawah laut yang dangkal, perairan Pulau Mahengetang juga memiliki alam bawah laut yang cantik.

Jika menyelam di perairan ini, turis bisa menemukan biota laut dari jarak dekat. Hal inilah yang dirasa Arief Yahya, cukup mudah menjual bawah laut Kepulauan Sangihe untuk turis mancanegara.

“Cukup menyelam 4-10 meter saja, sudah bisa melihat biota laut yang indah. Ini bisa kita jual dengan mudah,” tuturnya. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Culture

‘PATA Travel Mart 2016 Sarana Perkenalkan Pariwisata Indonesia secara Efektif’

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di Indonesia pada September mendatang dinilai mampu memberikan dampak positif terhadap promosi pariwisata negeri ini hingga ke mancanegara sehingga bisa

Culture

Wonderful Indonesia Gencar Promosi di Perancis

Promosi Wonderful Indonesia di Paris (Ist) Promosi Wonderful Indonesia di Paris, Perancis tak pernah putus. Setelah sukses menyebarkan branding Wonderful Indonesia di 20 bus city tour pada Piala Eropa (EURO)

Investments

Menteri Pariwisata Arief Yahya Hadiri Rakor Insentif Investasi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya hadir pada rapat pembahasan insentif investasi untuk mendorong minat berinvestasi di Indonesia. Rapat tersebut dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin

Tourism

2017, Fremantle to Banyuwangi Yacht Race & Rally

Djarwo Surjanto (Ist) Manajemen PT Pelindo III merencanakan pada 2017 mendatang menggelar Fremantle to Banyuwangi Yacht Race & Rally. Event dua tahunan ini bertujuan menunjang wisata bahari di Bali. Demikian

Tour Package

Menikmati Kuliner Khas Nusantara

Anugerah Pesona Indonesia 2017 (Ist) Wisatawan ketika traveling keliling Indonesia selama ini banyak yang menyukai kuliner khas negeri ini. Cita rasa kuliner tradisonal masing-masing daerah memang menggoda traveler, baik wisatawan

Slideshow

Ketika Teknologi Berperan Besar Promosikan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pariwisata Indonesia kini semakin dikenal di dunia sehingga kunjungan wisatawan asing ke negeri ini semakin banyak yang tertarik datang ke beragam destinasi wisata yang ada