Segera ke Sangihe, Ada Gunung Berapi di Bawah Laut

pesona sangihe

Menteri Pariwisata Arief Yahya meluincurkan Festival Pesona Sangihe 2016 dan Calendar of Event 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gd. Sapta Pesona, Jakarta. Selasa (19/7/2016)

Kepulauan Sangihe di Sulawesi Utara (Sulut) sebagai salah satu destinasi wisata selam memang belum setenar Bunaken. Padahal, ada gunung berapi bawah laut yang diperkirakan akan menjadi daya tarik bagi wisatawan berkunjung ke Sangihe.

“Saya dengar ada atraksi underwater volcano. Katanya bisa merasakan buih-buih yang keluar dari gunung bawah lautnya. Ini atraksi yang sangat bagus,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Launching Festival Pesona Sangihe 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Adapun gunung berapi bawah laut itu berada di bawah laut Banua Wuhu di Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe. Karena termasuk dalam gunung api, suhu air di sekitar gunung api bawah laut Pulau Mahengetang mencapai 37-38 derajat Celcius.

Gunung api bawah laut Pulau Mahengetang juga memiliki titik puncak yang sangat dekat dengan permukaan, yaitu sekitar 8 meter.

Wisatawan diminta waspada saat menyelam, terutama jika melihat ada gelembung-gelembung di antara bebatuan. Itu puncak gunung atau titik kepundan.

Jangan sekali-sekali memasukkan tangan ke antara gelembung tersebut, karena dapat menyebabkan tangan melepuh. Namun yang pasti, gunung berapi bawah laut merupakan salah satu suguhan yang unik menarik bagi para penyelam.

Ya, kapan lagi bisa melihat banyak gelembung di dalam air. Selain memiliki gunung berapi bawah laut yang dangkal, perairan Pulau Mahengetang juga memiliki alam bawah laut yang cantik.

Jika menyelam di perairan ini, turis bisa menemukan biota laut dari jarak dekat. Hal inilah yang dirasa Arief Yahya, cukup mudah menjual bawah laut Kepulauan Sangihe untuk turis mancanegara.

“Cukup menyelam 4-10 meter saja, sudah bisa melihat biota laut yang indah. Ini bisa kita jual dengan mudah,” tuturnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Menatap Bisnis 2016 di Forum Bisnis Jawa Tengah

Tanjung Lesung (Ist) Para pelaku dunia usaha nasional berkumpul di Semarang, Jawa Tengah untuk membahas peluang dan tantangan sektor industri di 2016 dalam seminar Forum Bisnis Jawa Tengah (FBJT) pada

Slideshow

Astindo akan Gelar Musyawarah Anggota Jakarta

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) DPP Astindo DKI Jakarta merencanakan akan menggelar musyawarah anggota DPP DKI Jakarta yang rencana akan dihadiri oleh tiga menteri, yakni Menteri Pariwisata Arief Yahya,

Slideshow

HPN 2017 Mengangkat Harkat dan Martabat Maluku

Pantai Ora di Maluku (Ist) Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua memimpin langsung rapat persiapan agenda-agenda Hari Pers Nasional (HPN) 2017 pada 1 hingga 9 Februari 2017 mendatang di Kantor Gubernur

SightSeeing

‘PATA Travel Mart 2016 Sarana Perkenalkan Pariwisata Indonesia secara Efektif’

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di Indonesia pada September mendatang dinilai mampu memberikan dampak positif terhadap promosi pariwisata negeri ini hingga ke mancanegara sehingga bisa

Airlines

Nikmatnya Mie Celor 26 Ilir Palembang

Mie Celor 26 Ilir Palembang (Ist) Kuliner khas Palembang, Sumatera Selatan ternyata beragam. Tak hanya sebatas pempek yang sudah begitu terkenal, namun masih ada yang lain, yakni Mie Celor 26

Cuisine

Mei, Jalan-Jalan ke Kepulauan Seribu Lihat Budaya Bugis

Poster acara di Kepulauan Seribu 11 hingga 13 Mei 2017 (Ist) Kepulauan Seribu termasuk dalam 10 Bali baru yang merupakan destinasi wisata yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara.