Segera ke Sangihe, Ada Gunung Berapi di Bawah Laut

pesona sangihe

Menteri Pariwisata Arief Yahya meluincurkan Festival Pesona Sangihe 2016 dan Calendar of Event 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gd. Sapta Pesona, Jakarta. Selasa (19/7/2016)

Kepulauan Sangihe di Sulawesi Utara (Sulut) sebagai salah satu destinasi wisata selam memang belum setenar Bunaken. Padahal, ada gunung berapi bawah laut yang diperkirakan akan menjadi daya tarik bagi wisatawan berkunjung ke Sangihe.

“Saya dengar ada atraksi underwater volcano. Katanya bisa merasakan buih-buih yang keluar dari gunung bawah lautnya. Ini atraksi yang sangat bagus,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Launching Festival Pesona Sangihe 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Adapun gunung berapi bawah laut itu berada di bawah laut Banua Wuhu di Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe. Karena termasuk dalam gunung api, suhu air di sekitar gunung api bawah laut Pulau Mahengetang mencapai 37-38 derajat Celcius.

Gunung api bawah laut Pulau Mahengetang juga memiliki titik puncak yang sangat dekat dengan permukaan, yaitu sekitar 8 meter.

Wisatawan diminta waspada saat menyelam, terutama jika melihat ada gelembung-gelembung di antara bebatuan. Itu puncak gunung atau titik kepundan.

Jangan sekali-sekali memasukkan tangan ke antara gelembung tersebut, karena dapat menyebabkan tangan melepuh. Namun yang pasti, gunung berapi bawah laut merupakan salah satu suguhan yang unik menarik bagi para penyelam.

Ya, kapan lagi bisa melihat banyak gelembung di dalam air. Selain memiliki gunung berapi bawah laut yang dangkal, perairan Pulau Mahengetang juga memiliki alam bawah laut yang cantik.

Jika menyelam di perairan ini, turis bisa menemukan biota laut dari jarak dekat. Hal inilah yang dirasa Arief Yahya, cukup mudah menjual bawah laut Kepulauan Sangihe untuk turis mancanegara.

“Cukup menyelam 4-10 meter saja, sudah bisa melihat biota laut yang indah. Ini bisa kita jual dengan mudah,” tuturnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

Arief Yahya Siapkan 19 Calon Jawara di UNWTO

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Semangat 3 C (Calibration, Confidence, Credibility) terus digelorakan Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk menjadi pemain global. Semua lini di konversi ke dalam global standar agar

World Heritage

Turis Tiongkok Lirik Manado

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyambut turis Tiongkok dalam penerbangan perdana Lion Air Macau-Manado di Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulut (4/7/2016) (Ist) Maskapai penerbangan nasional Lion Air mulai terbang perdana

Festival

Ikut Pertemuan IMF-WBG, Menteri Pariwisata Jumpa Sekjen OECD

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya tiba di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018). Menteri asal Banyuwangi ini mengikuti rangkaian kegiatan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group (WBG).

Tourism

Kunjungi Festival Pesona Cirebon

Festival Pesona Cirebon (Ist) Festival Pesona Cirebon diselenggarakan pada 31 Maret hingga 2 April mendatang oleh Keraton Kasepuhan dan Pemerintah Cirebon, Jawa Barat. Acara ini merupakan awal mula deklarasi Cirebon

Cuisine

300 Polisi dan Tentara Margondang di KKPDT 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya meninjau persiapan konser Slank di Panggung Apung di Danau Toba (Ist) Personel TNI dan Polri turut ambil bagian memeriahkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang dilaksanakan

Heritage

Presiden Jokowi Mantu di Solo Ikut Promosikan Joglosemar

Pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Solo (Ist) Pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution itu adalah peristiwa budaya yang pasti mengundang perhatian dunia,