Selayar Kembangkan Wisata Bahari

WhatsApp Image 2017-04-04 at 08.42.15

Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar Muhammad Basli Asli didampingi Ketua Umum GIPI Didien Junaidy tengah menjawab pertanyaan wartawan (Ist)

GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) memfasilitasi pertemuan bertajuk ‘Selayar Tourism Investment Forum 2017’ di Jakarta, Senin 3/4/2017 yang dihadiri sekitar lima puluh orang, yakni calon-calon investor dan peminat dari kalangan swasta dengan Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar Muhammad Basli Asli bersama jajaran pemda, DPRD, Bappeda, Kadinda.

Bupati Kepulauan Selayar menjelaskan, pariwisata telah dijadikan sebagai lokomotif untuk menggerakkan ekonomi daerahnya. Ia menyatakan komitmennya untuk mendukung keberhasilan bagi investor di kabupaten yang dipimpinnya.

Semenara Ketua Umum GIPI Didien Junaidy menuturkan, syarat nomor satu untuk bisa memajukan pariwisata di setiap daerah adalah perlunya komitmen dari pemimpin pemerintahan daerah yang disebutnya sebagai ‘political will’.

Pada forum itu Bupati Selayar menandadatangani beberapa Nota Kesepahaman dengan berbagai pihak dalam rangka memajukan investasi bidang pariwisata. Yaitu dengan GIPI, perusahaan ahli master plan, konsultan branding, konsultan event sport, Selayar Island Resort, perusahaan pengembangan kelompok hotel, konsultan manajemen untuk aset-aset Pemda, dan konsultan pengembangan SDM.

Seperti diketahui Indonesia memiliki keindahan dan kekayaan wisata alam terutama wisata baharinya, seperti yang dimiliki Kabupaten Kepulauan Selayar yang terletak di Sulawesi Selatan. Adapun Selayar memiliki kawasan wisata bahari yang potensial.

Terbukti banyak wisatawan khususnya diver yang merasa puas akan keindahan bawah laut yang disuguhkan di wilayah kabupaten ini. Bupati Muh. Basli Ali mengatakan, “Potensi wisata bahari di Selayar luar biasa, ada beberapa diver yang datang ke sini, dan mereka merasa puas,” ujarnya dalam ‘Selayar Tourism Investmen Forum 2017’.

 “Pada tahun 2016, sudah sekitar ada 8 ribu pengunjung yang datang ke Selayar, pengunjung tersebut dari Nusantara dan mancanegara,” kata Basli dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (4/4/2017). Basli ingin mengenalkan serta terus dipromosikan.

Menurutnya, ada beberapa tempat wisata di Selayar yang bisa dikembangkan dan bisa dikenalkan lebih luas lagi. “Untuk tahun ini targetnya harus lebih 10 ribu wisatawan,” sambung dia. Selain itu, menurut Ketua GIPI Didien Junaedy, “Tiap daerah mempunyai kesamaan, kita jangan memasarkan single destination tetapi, multi destination,” kata Didien.

Kita harus, lanjutnya membuat satu jalur destinasi, misalnya dari Manado. “Lalu kita arahkan ke Wakatobi, baru ke Selayar habis itu ke Bali, terus ke Timur seperti Ternate lalu ke Raja Ampat,” tambahnya. “Nah, itu yang harus dijalankan, tetapi perlu airlines yang harus menggabungkan itu semua,” tutur Didien.

Pada kesempatan yang sama, Hiramsyah S Thaib selaku Ketua Tim Percepatan  Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Kementerian Pariwisata yang juga Wakil Ketua Umum GIPI mengungkapkan bahwa, “Kita sama-sama tahu, Indonesia surganya wisata bahari, kita punya populasi koral terbaik di Indonesia. Menurut saya, wisata bahari merupakan salah satu kekuatan kita”.

Harapannya, Kepulauan Selayar ini bisa dikembangkan serta dipromosikan wisata baharinya seperti Bunaken, Raja Ampat, Labuan Bajo, Wakatobi dan Belitung. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

Presiden Jokowi Apresiasi Kunjungan Wisman

Presiden Jokowi (kanan) (Ist) Presiden Jokowi memang punya cara yang ‘anti mainstream’ dalam segala sisi, termasuk dalam mengungkapkan rasa gembira ketika angka capaian kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke negeri ini

Festival

7 Alasan Kenapa Harus Ikut PATA Travel Mart 2016

Manajemen ICE yang diwakili Head of Exhibition Sales Hendrik Engelking (kiri), dan Head of Sales and Marketing Siti Karmila (ketiga dari kiri), serta President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (batik)

All About Indonesia

Semangat Emas Olimpiade Rio 2016

Medali emas untuk Indonesia di Olimpiade 2016 (Ist) Bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-71, kabar baik datang dari negeri orang, tepatnya dalam ajang Olimpiade Rio 2016 di Brasil. Ya, pasangan

All About Indonesia

Miss Earth Indonesia Fokus Kelestarian Lingkungan Hidup

Pemilihan Miss Earth Indonesia 2016 kembali digelar (Ist) Pemilihan Miss Earth Indonesia kembali digelar. Miss Earth Indonesia 2016 kali ini sedikit berbeda karena diisi dengan kegiatan-kegiatan yang berbeda dan bermanfaat.

SightSeeing

Tarik Minat Wisatawan Mancanegara, Pelindo III Serius Kelola Kampung Lawas Maspati

Anak-anak di Kampung Lawas Maspati Surabaya (Ist) Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III tak hanya giat mengembangkan wisata bahari di negeri ini, namun BUMN kepelabuhanan ini diketahui juga serius mengelola

Tourism

Menikmati Pesona Destinasi Wisata Bahari Tanjung Lesung

Joko Sulitiyo dan keluarga menikmati libur Lebaran 2016 dengan berkunjung ke destinasi wisata bahari Tanjung Lesung (Ist) Libur Lebaran 2016 dimanfaatkan banyak orang untuk menikmati keindahan destinasi wisata di Indonesia.