Selayar Kembangkan Wisata Bahari

WhatsApp Image 2017-04-04 at 08.42.15

Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar Muhammad Basli Asli didampingi Ketua Umum GIPI Didien Junaidy tengah menjawab pertanyaan wartawan (Ist)

GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) memfasilitasi pertemuan bertajuk ‘Selayar Tourism Investment Forum 2017’ di Jakarta, Senin 3/4/2017 yang dihadiri sekitar lima puluh orang, yakni calon-calon investor dan peminat dari kalangan swasta dengan Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar Muhammad Basli Asli bersama jajaran pemda, DPRD, Bappeda, Kadinda.

Bupati Kepulauan Selayar menjelaskan, pariwisata telah dijadikan sebagai lokomotif untuk menggerakkan ekonomi daerahnya. Ia menyatakan komitmennya untuk mendukung keberhasilan bagi investor di kabupaten yang dipimpinnya.

Semenara Ketua Umum GIPI Didien Junaidy menuturkan, syarat nomor satu untuk bisa memajukan pariwisata di setiap daerah adalah perlunya komitmen dari pemimpin pemerintahan daerah yang disebutnya sebagai ‘political will’.

Pada forum itu Bupati Selayar menandadatangani beberapa Nota Kesepahaman dengan berbagai pihak dalam rangka memajukan investasi bidang pariwisata. Yaitu dengan GIPI, perusahaan ahli master plan, konsultan branding, konsultan event sport, Selayar Island Resort, perusahaan pengembangan kelompok hotel, konsultan manajemen untuk aset-aset Pemda, dan konsultan pengembangan SDM.

Seperti diketahui Indonesia memiliki keindahan dan kekayaan wisata alam terutama wisata baharinya, seperti yang dimiliki Kabupaten Kepulauan Selayar yang terletak di Sulawesi Selatan. Adapun Selayar memiliki kawasan wisata bahari yang potensial.

Terbukti banyak wisatawan khususnya diver yang merasa puas akan keindahan bawah laut yang disuguhkan di wilayah kabupaten ini. Bupati Muh. Basli Ali mengatakan, “Potensi wisata bahari di Selayar luar biasa, ada beberapa diver yang datang ke sini, dan mereka merasa puas,” ujarnya dalam ‘Selayar Tourism Investmen Forum 2017’.

 “Pada tahun 2016, sudah sekitar ada 8 ribu pengunjung yang datang ke Selayar, pengunjung tersebut dari Nusantara dan mancanegara,” kata Basli dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (4/4/2017). Basli ingin mengenalkan serta terus dipromosikan.

Menurutnya, ada beberapa tempat wisata di Selayar yang bisa dikembangkan dan bisa dikenalkan lebih luas lagi. “Untuk tahun ini targetnya harus lebih 10 ribu wisatawan,” sambung dia. Selain itu, menurut Ketua GIPI Didien Junaedy, “Tiap daerah mempunyai kesamaan, kita jangan memasarkan single destination tetapi, multi destination,” kata Didien.

Kita harus, lanjutnya membuat satu jalur destinasi, misalnya dari Manado. “Lalu kita arahkan ke Wakatobi, baru ke Selayar habis itu ke Bali, terus ke Timur seperti Ternate lalu ke Raja Ampat,” tambahnya. “Nah, itu yang harus dijalankan, tetapi perlu airlines yang harus menggabungkan itu semua,” tutur Didien.

Pada kesempatan yang sama, Hiramsyah S Thaib selaku Ketua Tim Percepatan  Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Kementerian Pariwisata yang juga Wakil Ketua Umum GIPI mengungkapkan bahwa, “Kita sama-sama tahu, Indonesia surganya wisata bahari, kita punya populasi koral terbaik di Indonesia. Menurut saya, wisata bahari merupakan salah satu kekuatan kita”.

Harapannya, Kepulauan Selayar ini bisa dikembangkan serta dipromosikan wisata baharinya seperti Bunaken, Raja Ampat, Labuan Bajo, Wakatobi dan Belitung. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Slideshow

Turis Asing Menikmati HPN 2016

Berita Foto: Presiden Jokowi hadir dalam puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2016, namun turis asing tetap ramai di Pantai Kuta Lombok. Tampak turis asing wara–wiri di tengah penjagaan ketat puncak

Destinations

2017, Sumsel Perkuat Pondasi Pariwisata

Launching Wisata Halal dan Kalender Event Sumsel 2017 (Ist) Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin tidak ingin ketinggalan untuk memacu sektor pariwisata di daerahnya. Rupanya, dia panas hati, dan bersemangat mengejar

Festival

Ikut PATA Gold Awards 2016

PATA Gold Awards 2016 (Ist) PATA Indonesia Chapter mengajak pemerintah daerah, member PATA Indonesia, pelaku bisnis pariwisata nasional untuk bergabung dengan PATA Gold Awards 2016. Senada dengan PATA Indonesia Chapter,

Nature

Empat Wisman Menikmati Kereta Wisata Priority ke Yogyakarta

President Director PT KA Pariwisata Totok Suryono (kedua dari kanan) didampingi direksi lainnya dalam press conference kereta wisata kelas Priority (Ist) Empat wisatawan mancanegara (wisman) diketahui ikut serta dalam perjalanan

Destinations

Anggrek Executive Lounge di Stasiun Tugu Yogyakarta

Kereta wisata Priority nyaman (Ist) Kereta Api kini semakin diminati wisatawan untuk traveling ke Yogyakarta. Destinasi wisata Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) kini semakin komplet sebab sudah ada layanan kereta wisata

Slideshow

Pelaku Bisnis Pariwisata di NTB Apresiasi Arief Yahya

LA Hadi Faishal (kiri) bersama aktris Cita Citata (tengah) tengah menanam pohon di d’Praya Lombok Hotel   Sebagai daerah yang punya potensi wisata dan menjadi andalan Indonesia dimasa mendatang setelah