Selayar Kembangkan Wisata Bahari

WhatsApp Image 2017-04-04 at 08.42.15

Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar Muhammad Basli Asli didampingi Ketua Umum GIPI Didien Junaidy tengah menjawab pertanyaan wartawan (Ist)

GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) memfasilitasi pertemuan bertajuk ‘Selayar Tourism Investment Forum 2017’ di Jakarta, Senin 3/4/2017 yang dihadiri sekitar lima puluh orang, yakni calon-calon investor dan peminat dari kalangan swasta dengan Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar Muhammad Basli Asli bersama jajaran pemda, DPRD, Bappeda, Kadinda.

Bupati Kepulauan Selayar menjelaskan, pariwisata telah dijadikan sebagai lokomotif untuk menggerakkan ekonomi daerahnya. Ia menyatakan komitmennya untuk mendukung keberhasilan bagi investor di kabupaten yang dipimpinnya.

Semenara Ketua Umum GIPI Didien Junaidy menuturkan, syarat nomor satu untuk bisa memajukan pariwisata di setiap daerah adalah perlunya komitmen dari pemimpin pemerintahan daerah yang disebutnya sebagai ‘political will’.

Pada forum itu Bupati Selayar menandadatangani beberapa Nota Kesepahaman dengan berbagai pihak dalam rangka memajukan investasi bidang pariwisata. Yaitu dengan GIPI, perusahaan ahli master plan, konsultan branding, konsultan event sport, Selayar Island Resort, perusahaan pengembangan kelompok hotel, konsultan manajemen untuk aset-aset Pemda, dan konsultan pengembangan SDM.

Seperti diketahui Indonesia memiliki keindahan dan kekayaan wisata alam terutama wisata baharinya, seperti yang dimiliki Kabupaten Kepulauan Selayar yang terletak di Sulawesi Selatan. Adapun Selayar memiliki kawasan wisata bahari yang potensial.

Terbukti banyak wisatawan khususnya diver yang merasa puas akan keindahan bawah laut yang disuguhkan di wilayah kabupaten ini. Bupati Muh. Basli Ali mengatakan, “Potensi wisata bahari di Selayar luar biasa, ada beberapa diver yang datang ke sini, dan mereka merasa puas,” ujarnya dalam ‘Selayar Tourism Investmen Forum 2017’.

 “Pada tahun 2016, sudah sekitar ada 8 ribu pengunjung yang datang ke Selayar, pengunjung tersebut dari Nusantara dan mancanegara,” kata Basli dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (4/4/2017). Basli ingin mengenalkan serta terus dipromosikan.

Menurutnya, ada beberapa tempat wisata di Selayar yang bisa dikembangkan dan bisa dikenalkan lebih luas lagi. “Untuk tahun ini targetnya harus lebih 10 ribu wisatawan,” sambung dia. Selain itu, menurut Ketua GIPI Didien Junaedy, “Tiap daerah mempunyai kesamaan, kita jangan memasarkan single destination tetapi, multi destination,” kata Didien.

Kita harus, lanjutnya membuat satu jalur destinasi, misalnya dari Manado. “Lalu kita arahkan ke Wakatobi, baru ke Selayar habis itu ke Bali, terus ke Timur seperti Ternate lalu ke Raja Ampat,” tambahnya. “Nah, itu yang harus dijalankan, tetapi perlu airlines yang harus menggabungkan itu semua,” tutur Didien.

Pada kesempatan yang sama, Hiramsyah S Thaib selaku Ketua Tim Percepatan  Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Kementerian Pariwisata yang juga Wakil Ketua Umum GIPI mengungkapkan bahwa, “Kita sama-sama tahu, Indonesia surganya wisata bahari, kita punya populasi koral terbaik di Indonesia. Menurut saya, wisata bahari merupakan salah satu kekuatan kita”.

Harapannya, Kepulauan Selayar ini bisa dikembangkan serta dipromosikan wisata baharinya seperti Bunaken, Raja Ampat, Labuan Bajo, Wakatobi dan Belitung. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Libur Akhir Pekan ke Takalar Menikmati Pisang Janda

Ilustrasi Pisang Janda, Kuliner Khas di Takalar (Ist) Pesona pariwisata di Sulawesi Selatan (Sulsel) tak hanya ada di Makassar dan Tana Toraja saja karena Sulsel ternyata masih banyak menyimpan beragam

Slideshow

Jogja Fashion Rendezvous 2017 akan Sukses

JFR 2017 (Ist) Penyelenggaraan Jogja Fashion Rendezvous (JFR) 2017 sudah di depan mata. Event besar yang beruapaya membawa Yogyakarta juga menuju destinasi wisata fashion di Indonesia sebab Jogja Fashion Rendzvous (JFR)

Heritage

Presiden Jokowi Minta Promosi Wisata Sumba Dikelola Modern

Presiden Jokowi di Sumba Barat Daya, NTT (Ist) Presiden Jokowi menikmati langsung keunikan budaya di Sumba Barat Daya saat menghadiri Parade Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat Sumba 2017 di

World Heritage

Candi Muara Takus Diminati Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman (tengah) meluncurkan Calender of Event Riau 2016 (Ist) Riau memang tengah gencar mempromosikan potensi pariwisata. Selain destinasi wisata, Bumi Lancang Kuning juga memiliki

Slideshow

Jual Pariwisata ke Negeri Orang Libatkan Travel Agent Lokal

Wisata bahari di Indonesia (Ist) Promosi dianggap sebagai cara yang efektif untuk memperkenalkan keunggulan pariwisata kepada wisatawan sehingga tertarik berkunjung ke destinasi. Dan, itu banyak dilakukan berbagai negara, tak ketinggalan

Nature

Turis Australia ke Lombok untuk Menikmati Wisata Bahari

LA Hadi Faishal (Ist) Pesona pariwisata Lombok di Nusa Tenggara Barat, khususnya wisata bahari seakan menarik wisatawan asal Australia. Rupanya wisatawan asal Negeri Kangguru itu menyukai pantai yang ada di