Semangat 5 Kartini Indonesia Majukan Pariwisata dan Budaya Negeri

kartini

RA Kartini (Ist)

Sososk RA Kartini memang identik dengan perempuan Indonesia yang penuh semangat untuk membangun negeri ini dan terus berupaya melakukan perubahan dalam berbagai sektor, termasuk bidang pariwisata dan budaya serta kearifan lokal demi masa depan pariwisata dan budaya Nusantara.

Karenanya setiap 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Adapun wanita Indonesia selama ini terlihat eksistensinya ikut serta membangun negeri ini dan tidak berhenti berusaha untuk mengembangkan pariwisata dan melestarikan budaya khas serta kearifan lokal sehingga bisa menarik minat wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara berkunjung ke beragam destinasi wisata yang tersebar di Tanah Air sambil menikmati kayanya budaya dan kearifan lokal di negeri ini.

Sebagai apresiasi terhadap perempuan Indonesia yang berkarya dalam bidang pariwisata dan budaya serta kearifan lokal di negeri ini, maka patainanews.com memilih sosok lima perempuan dalam sektor pariwisata dan budaya. Lima wanita ini bisa menularkan semangat dan memberikan inspirasi bagi banyak orang, termasuk kaum Hawa lainnya.

Berikut lima perempuan yang dikenal penuh perhatian terhadap pariwisata, budaya, dan kearifan lokal versi patainanews.com:

  1. Ninik Irawan. Sosok satu ini adalah Direktur Murni Wisata selama ini dikenal aktif di ASITA dan ASTINDO. Dua organisasi ini diketahui bersentuhan langsung dengan sektor pariwsata Indonesia. Ninik yang ada di Jakarta tampak penuh semangat mempromosikan pariwisata dan budaya Nusantara. 
  2. Halimah Munawir. Ia dikenal sebagai pemerhati budaya nasional. Sosok satu ini diketahui membangun Kampung Budaya Ramah Anak di kawasan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Halimah juga dikenal serius ikut terlibat mempromosikan potensi pariwisata negeri ini. 
  3. Esthy Reko Astuti. Peran pemerintah tak bisa dilepaskan dalam mempromosikan pariwasata dan budaya negeri ini. Di Kementerian Pariwisata ada Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti dikenal giat mempromosikan pariwisata Indonesia.
  4. Lois Merry Tangel. Ia adalah Putri Pariwisata 2016. Sejak terpilih, dirinya Lois juga aktif mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia hingga ke mancamegara. Lois tergabung dalam EL John Pageants yang serius mempromosikan budaya Indonesia hingga ke pentas dunia.
  5. Rika Hermalin. Sosok satu ini punya mimpi besar yang ia coba wujudkan, yakni bisa memiliki Galeri Budaya Nusantara yang merupakan menjadi wadah untuk beragam wastra tradisional khas Nusantara, seperti batik, tenun, tapis dan lainnya yang tersebar di berbagai daerah. Rika yang ada di Semarang diketahui memiliki bisnis yang berkaitan dengan kain tradisional, termasuk kebaya yang identik dengan Kartini. (Gabriel Bobby)  

About author



You might also like

Festival

Nihi Sumba Island Terpilih Hotel Terbaik Dunia 2017

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kedua dari kiri) (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya didampingi Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole dan Managing Partner Nihiwatu James McBride bersama menyampaikan terpilihnya Nihi

Slideshow

Kepri Serius Kembangkan Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) Provinsi Kepri (Ist) Kepri betul-betul istimewa di mata Menpar Arief Yahya. Bahkan, Senin, 3 April 2017, semua ‘panglima pariwisata’ dikerahkan ke Hotel

Slideshow

Jogja Fashion Rendezvous 2017 akan Sukses

JFR 2017 (Ist) Penyelenggaraan Jogja Fashion Rendezvous (JFR) 2017 sudah di depan mata. Event besar yang beruapaya membawa Yogyakarta juga menuju destinasi wisata fashion di Indonesia sebab Jogja Fashion Rendzvous (JFR)

Heritage

Turis Polandia Suka Keliling Indonesia

Ilustrasi turis asing di Indonesia (Ist) Wisatawan mancanegara terbukti memang menyukai Indonesia. Dan, itu tampak dari turis asal Polandia yang memutuskan berkunjung ke beragam destinasi wisata di Nusantara selama tiga

SightSeeing

Ketika Dunia Melihat GMT 2016 di Palembang

Turis asing (kanan) tampak senang berpose bersama dengan masyarakat yang menonton gerhana matahari total (GMT) 2016 pada 9 Maret 2016 di Jembatan Ampera, Palembang Nama Indonesia melambung di pentas internasional

Heritage

Mulai 7 April Jalan-Jalan ke Semarang

Suasana launching Semarang Great Sale 2017 (Ist) Semarang Great Sale 2017 (SmarGres) 2017 yang digelar selama satu bulan penuh mulai 7 April hingga 7 Mei mendatang benar-benar memberikan penawaran yang