Semangat 5 Kartini Indonesia Majukan Pariwisata dan Budaya Negeri

kartini

RA Kartini (Ist)

Sososk RA Kartini memang identik dengan perempuan Indonesia yang penuh semangat untuk membangun negeri ini dan terus berupaya melakukan perubahan dalam berbagai sektor, termasuk bidang pariwisata dan budaya serta kearifan lokal demi masa depan pariwisata dan budaya Nusantara.

Karenanya setiap 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Adapun wanita Indonesia selama ini terlihat eksistensinya ikut serta membangun negeri ini dan tidak berhenti berusaha untuk mengembangkan pariwisata dan melestarikan budaya khas serta kearifan lokal sehingga bisa menarik minat wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara berkunjung ke beragam destinasi wisata yang tersebar di Tanah Air sambil menikmati kayanya budaya dan kearifan lokal di negeri ini.

Sebagai apresiasi terhadap perempuan Indonesia yang berkarya dalam bidang pariwisata dan budaya serta kearifan lokal di negeri ini, maka patainanews.com memilih sosok lima perempuan dalam sektor pariwisata dan budaya. Lima wanita ini bisa menularkan semangat dan memberikan inspirasi bagi banyak orang, termasuk kaum Hawa lainnya.

Berikut lima perempuan yang dikenal penuh perhatian terhadap pariwisata, budaya, dan kearifan lokal versi patainanews.com:

  1. Ninik Irawan. Sosok satu ini adalah Direktur Murni Wisata selama ini dikenal aktif di ASITA dan ASTINDO. Dua organisasi ini diketahui bersentuhan langsung dengan sektor pariwsata Indonesia. Ninik yang ada di Jakarta tampak penuh semangat mempromosikan pariwisata dan budaya Nusantara. 
  2. Halimah Munawir. Ia dikenal sebagai pemerhati budaya nasional. Sosok satu ini diketahui membangun Kampung Budaya Ramah Anak di kawasan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Halimah juga dikenal serius ikut terlibat mempromosikan potensi pariwisata negeri ini. 
  3. Esthy Reko Astuti. Peran pemerintah tak bisa dilepaskan dalam mempromosikan pariwasata dan budaya negeri ini. Di Kementerian Pariwisata ada Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti dikenal giat mempromosikan pariwisata Indonesia.
  4. Lois Merry Tangel. Ia adalah Putri Pariwisata 2016. Sejak terpilih, dirinya Lois juga aktif mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia hingga ke mancamegara. Lois tergabung dalam EL John Pageants yang serius mempromosikan budaya Indonesia hingga ke pentas dunia.
  5. Rika Hermalin. Sosok satu ini punya mimpi besar yang ia coba wujudkan, yakni bisa memiliki Galeri Budaya Nusantara yang merupakan menjadi wadah untuk beragam wastra tradisional khas Nusantara, seperti batik, tenun, tapis dan lainnya yang tersebar di berbagai daerah. Rika yang ada di Semarang diketahui memiliki bisnis yang berkaitan dengan kain tradisional, termasuk kebaya yang identik dengan Kartini. (Gabriel Bobby)  

About author



You might also like

Airlines

Libur Imlek 2569, Vinnilya Huanggrio Pulang ke Belitung

The Supermodel Indonesia 2018 Vinnilya Huanggrio (Ist) Gadis cantik pemenang kontes The Supermodel Indonesia 2018 Vinnilya Huanggrio tengah menikmati liburannya di Pulau Belitung, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Dalam rangka

Airlines

Warga Lombok Dukung Wisata Halal

Emma Almusalli (Ist) Lombok yang ada di Nusa Tenggara Barat semakin percaya diri menjadi destinasi wisata halal di Indonesia. Sejak Pulau Seribu Masjid ini pada tahun lalu mencetak prestasi dunia yang membanggakan

Culture

Kunjungan Presiden Jokowi ke Bali Memberi Kepastian untuk Wisatawan

Presiden Jokowi di Bali (Ist) Presiden Jokowi kembali mengkampanyekan pariwisata Indonesia. Usai menghadiri perayaan Hari Ibu di Raja Ampat, Papua Barat, orang nomor satu di Indonesia itu tak segan turun

Travel Operator

Summer Rainbow Holiday di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai

PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) memyambut Emirates yang menambah frekuensi penerbangan ke Bali (Ist)  It’s summer time! Musim panas merupakan momen paling sempurna untuk berlibur di pantai. Menghadirkan suasana liburan musim

Tour Package

Belajar Mengelola Destinasi Wisata di Indonesia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (batik biru) berpose bersama mahasiswa UNIKOM  Riordan Immanuel Siregar Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung, Riordan Immanuel Siregar memilih PATA Indonesia Chapter

Heritage

Menjelajah Wisata Bahari Indonesia

Samber Gelap, destinasi wisata bahari di Kotabaru, Kalimantan Selatan (Ist) Indonesia memang dikenal kaya akan potensi pariwisata, termasuk wisata bahari yang memang diminati wisatawan mancanegara (wisman) pun tertarik berkunjung ke