Semangat 5 Kartini Indonesia Majukan Pariwisata dan Budaya Negeri

kartini

RA Kartini (Ist)

Sososk RA Kartini memang identik dengan perempuan Indonesia yang penuh semangat untuk membangun negeri ini dan terus berupaya melakukan perubahan dalam berbagai sektor, termasuk bidang pariwisata dan budaya serta kearifan lokal demi masa depan pariwisata dan budaya Nusantara.

Karenanya setiap 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Adapun wanita Indonesia selama ini terlihat eksistensinya ikut serta membangun negeri ini dan tidak berhenti berusaha untuk mengembangkan pariwisata dan melestarikan budaya khas serta kearifan lokal sehingga bisa menarik minat wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara berkunjung ke beragam destinasi wisata yang tersebar di Tanah Air sambil menikmati kayanya budaya dan kearifan lokal di negeri ini.

Sebagai apresiasi terhadap perempuan Indonesia yang berkarya dalam bidang pariwisata dan budaya serta kearifan lokal di negeri ini, maka patainanews.com memilih sosok lima perempuan dalam sektor pariwisata dan budaya. Lima wanita ini bisa menularkan semangat dan memberikan inspirasi bagi banyak orang, termasuk kaum Hawa lainnya.

Berikut lima perempuan yang dikenal penuh perhatian terhadap pariwisata, budaya, dan kearifan lokal versi patainanews.com:

  1. Ninik Irawan. Sosok satu ini adalah Direktur Murni Wisata selama ini dikenal aktif di ASITA dan ASTINDO. Dua organisasi ini diketahui bersentuhan langsung dengan sektor pariwsata Indonesia. Ninik yang ada di Jakarta tampak penuh semangat mempromosikan pariwisata dan budaya Nusantara. 
  2. Halimah Munawir. Ia dikenal sebagai pemerhati budaya nasional. Sosok satu ini diketahui membangun Kampung Budaya Ramah Anak di kawasan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Halimah juga dikenal serius ikut terlibat mempromosikan potensi pariwisata negeri ini. 
  3. Esthy Reko Astuti. Peran pemerintah tak bisa dilepaskan dalam mempromosikan pariwasata dan budaya negeri ini. Di Kementerian Pariwisata ada Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti dikenal giat mempromosikan pariwisata Indonesia.
  4. Lois Merry Tangel. Ia adalah Putri Pariwisata 2016. Sejak terpilih, dirinya Lois juga aktif mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia hingga ke mancamegara. Lois tergabung dalam EL John Pageants yang serius mempromosikan budaya Indonesia hingga ke pentas dunia.
  5. Rika Hermalin. Sosok satu ini punya mimpi besar yang ia coba wujudkan, yakni bisa memiliki Galeri Budaya Nusantara yang merupakan menjadi wadah untuk beragam wastra tradisional khas Nusantara, seperti batik, tenun, tapis dan lainnya yang tersebar di berbagai daerah. Rika yang ada di Semarang diketahui memiliki bisnis yang berkaitan dengan kain tradisional, termasuk kebaya yang identik dengan Kartini. (Gabriel Bobby)  

About author



You might also like

Travel Operator

Melihat Palembang Saat GMT 2016

Acara GMT 2016 di Palembang (Ist) Fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016 sudah semakin dekat. Kehadiran wisatawan Nusantara maupun turis asing ke destinasi yang dilewati GMT pada Rabu,

Destinations

PATA Travel Mart 2016, Pariwisata Indonesia Optimistis 20 Juta Wisman Tercapai

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Wakil Presiden Jusuf Kalla resmi membuka PATA Travel Mart (PTM) 2016 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada Rabu, 7

Destinations

Film Elang Promosikan Kepulauan Seribu

Imelda Budiman (Ist) Kepulauan Seribu di DKI Jakarta semakin gencar melakukan promosi. Tak salah memang lantaran Kepulauan Seribu yang masuk wilayah DKI Jakarta ini termasuk dalam 10 destinasi unggulan yang dikembangkan

Travel Operator

Pemerintah Optimistis Target 20 Juta Wisman Tercapai

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Ist) Targat kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) tahun 2019 mustahil terkejar tanpa dukungan akses. Dalam pengembangan destinasi pariwisata,

Festival

Joey Alexander, Pianis Muda Promosikan Indonesia di Pentas Dunia

Joey Alexander (Ist) Lahir di Bali, 25 Juni 2003 silam, pianis Joey Alexander kali pertama berkenalan dengan jazz melalui ayahnya, dimana ia mendengarkan berbagai lagu klasik dari seluruh koleksi ayahnya.

Heritage

Banten Sabet Juara Terbaik di GWBN 2017

Wisatawan Nusantara di Tanjung Lesung, Banten (Ist) Banten meraih juara 1 pada ajang Pameran Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara (GWBN) 2017 yang memasuki tahun ke-15 di Jakarta Convention Center (JCC).