Semarak Wayang Pesona Indonesia 2016

Wayang-Kulit
Ilustrasi Wayang (Ist)
Acara atraksi seni budaya sebagai media efektif promosikan potensi pariwisata dalam mendukung program Pesona Indonesia yang tahun ini menargetkan 260 juta perjalanan wisatawan Nusantara (wisnus) dan akan meningkat  menjadi 275 juta wisnus pada 2019 mendatang.
Pertujukan even budaya yang diselenggarakan oleh Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ini merupakan kali pertama dalam rangka mempromosikan wayang sebagai atraksi seni budaya serta mendukung program Pesona Indonesia yang tahun ini menargetkan 260 juta perjalanan wisnus dan akan meningkat menjadi 275 juta wisnus pada 2019.
Pertunjukan wayang tersebut juga untuk mendorong kreativitas para seniman dan pelaku seni di bidang seni pedalangan dan pewayangan supaya pertunjukan wayang dijadikan sebagai atraksi wisata budaya, serta mendorong minat masyarakat untuk  berwisata budaya dengan lebih mengenal, memahami, dan menghargai atraksi wisata budaya dalam kreasi seni pedalangan dan pewayangan.
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen pemerintah untuk melestarikan pertunjukan wayang dan menjadikan wayang sebagai atraksi wisata budaya sebagai warisan leluhur bangsa Indonesia.
“Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap seni pewayangan dan juga persembahan Indonesia kepada dunia dan untuk meningkatkan citra wayang sebagai daya tarik bagi wisnus maupun wisatawan mancanegara (wisman). Pemerintah  mendukung penuh kegiatan pelestarian budaya bangsa untuk memajukan sektor pariwisata,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan ini..
Pertunjukan wayang ‘Semarak Wayang Pesona Indonesia’ dikemas dengan konsep modern, menggunakan bahasa yang mudah dicerna, serta menyajikan lakon yang lebih aktual dan kontekstual mengenai peristiwa terkini.
Pertunjukan ini menyajikan empat jenis wayang, yaitu wayang Ajen, wayang kulit Langen Budaya Indramayu, wayang kulit Tuton Jawa, dan wayang golek Mursidin Banten. Keempat jenis wayang yang memiliki ciri khas berbeda tersebut masing-masing akan disajikan oleh dalang kondang.
Selain itu untuk lebih mengenalkan seni pertunjukan wayang kepada generasi muda juga diselenggarakan workshop seni pertunjukan wayang. Arief Yahya berharap agar  pertunjukan wayang ini dapat  dijadikan sebagai ikon bangsa Indonesia.
“Pemerintah berharap pertunjukan ini akan menciptakan iklim kerja sama antara para stakeholder, yaitu para seniman pada umumnya dan pelaku seni pedalangan dan pewayangan pada khususnya, serta industri pariwisata agar even ‘Semarak  Wayang Pesona Indonesia ‘ ini dijadikan sebagai daya tarik untuk meningkatkan minat pelaku wisata budaya  sehingga wayang sebagai seni atraksi dapat menjadi ikon bangsa Indonesia dan masuk  dalam calendar of event pariwisata nasional,” katanya.
Adapun pariwisata Indonesia memiliki keunggulan dalam keragaman budaya (culture),  keindahan alam (nature) dan buatan (manmade). Potensi culture sebesar 65 persen dikembangkan dalam produk wisata, heritage dan religi, wisata kuliner dan belanja, dan wisata kota dan desa, sedangkan potensi nature sebesar 35 persen dikembangkan dalam produk wisata bahari, wisata ekologi, dan wisata petualangan.
Potensi manmade sebesar lima persen dikembangkan untuk wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) dan event wisata olahraga, dan wisata kawasan terpadu (integreted resort). (Gabriel Bobby)


About author



You might also like

Hotel

Universitas Ciputra Angkat Pamor Batik Banyuwangi

Tari Gandrung Banyuwangi (Ist) Kesuksesan Kampoeng Batik Laweyan hingga Kampoeng Batik Kauman di Solo menginspirasi Universitas Ciputra (UC) Surabaya untuk mengembangkan kampung wisata batik di Banyuwangi. Dalam lima bulan ke

Heritage

Sail Journalist Sambut HPN 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) direncanakan ikut dalam rombongan Sail Journalist menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2016 (Ist) Rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2016 acara puncaknya berlangsung 9 Februari mendatang

Slideshow

Felicia Putri Tjiasaka Ajak Generasi Muda Indonesia Melek Pasar Modal

Felicia Putri Tjiasaka (Ist) President University patut bangga memiliki Felicia Putri Tjiasaka (21 tahun) karena berbagai prestasi telah diraihnya, terutama di bidang keuangan dan investasi yang tidak banyak diraih anak

Slideshow

Generasi Muda, Modal Indonesia Hadapi MEA

Yossy (Ist) Generasi muda negeri ini dinilai menjadi modal berharga Indonesia untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). “Ada beberapa dampak dari konsekuensi MEA, yakni dampak aliran bebas barang bagi negara-negara

Nature

Kemenpar Garap Wisman di Tiongkok

Menteri Pariwisata Arief Yahya Sukses Imlek 2016 yang ke-2567 di Pulau Dewata, Bali yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok bukan datang secara tiba-tiba tapi melalui proses marketing panjang

Tour Package

Sambut GMT 2016, Gubernur Sumsel Promosikan Palembang

Jembatan Ampera di Palembang (Ist) Menyambut fenomena alam, gerhana matahari total (GMT) 2016 pada 9 Maret mendatang, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin begitu percaya diri mempromosikan potensi wisata yang