Semarang yang Kaya Kuliner Khas

semarang 2017

Suasana launching Semarang Great Sale 2017 di Jakarta (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap Semarang Great Sale 2017 bisa menjadi agenda pariwisata berskala internasional. Harapan tersebut didukung besarnya potensi wisata di Kota Semarang.

“Saya harapkan ini tidak hanya domestik dan mulai ke sana (Semarang Great Sale). Sudah internasional,” katanya usai peluncuran Semarang Great Sale 2017 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Menpar berharap Semarang Great Sale 2017 tetap konsisten dalam segi waktu penyelenggaraan. Arief menyebut Kota Semarang punya berbagai potensi untuk mendukung penyelenggaraan Semarang Great Sale menjadi event internasional.

Kalau andalan, jangan khawatir, kuliner ini wisata belanja. Wisata kuliner itu kontribusinya 30 persen dari total belanja. Kuliner itu top of mind dari Semarang itu banyak sekali,” jelasnya. Menurutnya, salah satu kuliner yang sangat identik dengan Kota Semarang adalah lumpia.

Ia menyebut wisatawan biasanya identik mengaitkan kuliner lumpia dengan Kota Semarang. “Bandeng presto juga dikenal di Semarang. Untuk budaya bagus, wisata alamnya banyak. Jadi saya tidak khawatir Semarang Great Sale menjadi event internasional,” ujar Arief.

Menurutnya, agenda berskala internasional akan mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kota Semarang. Kota Semarang bersama Yogyakarta ditargetkan bisa dikunjungi wisatawan mancanegara sebanyak 2 juta orang. Sementara Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Kota Semarang Arnaz Agung Andrasmara mengatakan, Semarang Great 2017 merupakan ajang tahunan yang memasuki tahun ketujuh.

Menurutnya, tahun ketujuh ini menunjukkan indikator terkait Kota Semarang bisa menjadi destinasi wisata favorit di Jawa Tengah. Adapun asosiasi yang ikut serta dalam Semargres antar lain  Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Jateng, Asosiasi Pengusaha Pandanaran Semarang (APPS), Airline Operating Committee (AOC), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), mal, kalangan pedagang pasar, dan pedagang kali lima (PKL).

Ketua Penyelenggara Semarang Great Sale 2017 Mei Kristiani mengatakan diskon yang diberikan dari pengusaha ritel berkisar 70-80 persen. Selain itu delapan maskapai penerbangan juga berpartisipasi dalam Semarang Great Sale 2017. (Gabriel Bobby)





About author



You might also like

Nature

Borobudur Perkuat Atraksi Wisata Desa dan Budaya

Candi Borobudur (Ist) Joglosemar dengan ikon Candi Borobudur yang sudah ditetapkan Presiden Jokowi sebagai satu dari 10 Destinasi Prioritas terus melengkapi ekosistem pariwisatanya. Salah satunya adalah memperkuat sisi amenitas, dari

Hotel

Bali Aman untuk Wisman Tiongkok

Rombongan wartawan dari Tiongkok di Bali (Ist) Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik, Kementerian Pariwisata menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata pengenalan (famtrip) dengan mengundang 9 media Tiongkok untuk mengunjungi destinasi wisata

Festival

Mau Batik Fractal Gratis? Ikuti Perkembangan PATA Travel Mart 2016

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 Septemner mendatang tiba waktunya. PATA Travel

Slideshow

Jogja Fashion Rendezvous 2017 akan Sukses

JFR 2017 (Ist) Penyelenggaraan Jogja Fashion Rendezvous (JFR) 2017 sudah di depan mata. Event besar yang beruapaya membawa Yogyakarta juga menuju destinasi wisata fashion di Indonesia sebab Jogja Fashion Rendzvous (JFR)

World Heritage

Colenak ala Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Colenak Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Nama Colenak mungkin sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia terutama warga Jawa Barat dan menjadi salah satu kuliner populer. Colenak terbuat

Tourism

Kharisma Bahari, Warteg Bersih yang Diminati Orang Asing

Kuliner di Warteg Kharisma Bahari (Ist) Selama ini Tegal, Jawa Tengah dikenal lantaran banyaknya warga setempat yang merantau ke sejumlah kota, termasuk Jakarta untuk membuka warung tegal (warteg) sehingga perputaran