Sentuhan Modern, Batik Fractal Serius Masuk Pasar Dunia

 

batik fractal

Setelah diterima di pasar dalam negeri dan memutuskan untuk masuk pasar internasional lantaran banyak dicari wisatawan mancanegara ketika berkunjung ke Indonesia, maka manajemen Batik Fractal pun semakin serius memikirkan bagaimana cara membuat pasar dunia semakin tertarik untuk mengenakan batik yang merupakan warisan wastra Nusantara ini.

Menurut CEO Batik Fractal Nancy Margried, pihaknya pada tahun ini memasang target khusus, yakni menstabilkan dan meningkatkan penjualan ekspor Batik Fractal lantaran semakin banyak permintaan dari luar negeri.

“Betul. Batik Fractal akan lebih berkonsentrasi pada pasar ekspor daripada pasar dalam negeri,” katanya ketika dihubungi patainanews.com, Kamis (6/8/2015).

Nancy, demikian ia kerap disapa, menjelaskan, Batik Fractal sangat memperhatikan selera pasar. “Riset terhadap tren, selera pasar, kemampuan membeli, harga jual dan perilaku konsumen adalah riset utama yang kami lakukan untuk menyiapkan produk-produk Batik Fractal sebelum dilempar ke pasar, termasuk ke pasar internasional,” paparnya.

Adapun batik selama ini dikenal sebagai warisan wastra Nusantara. Dan, tentunya warisan wastra negeri ini pantas dilestarikan generasi muda sehingga tak salah jika ada anak bangsa yang memanfaatkan perkembangan teknologi tanpa mengurangi sedikit pun nilai filosofi yang terkandung didalamnya.

Ya, keleobihan Batik Fractal memang memanfaatkan teknologi. Nancy menuturkan bahwa Batik Fractal memberikan sentuhan inovasi dalam proses desain batik.

Jadi, lanjutnya, pada intinya Batik Fractal memberikan cara baru dalam mendesain batik, yaitu melalui pemanfaatan teknologi. “Yang menarik dari Batik Fractal bagi para perajin batik adalah bagaimana teknologi dapat membantu pengerjaan batik bagi perajin batik dan meningkatkan kreativitas serta produktivitas mereka,” tuturnya.

Sementara, lanjutnya, bagi pengguna batik, Batik Fractal akan menghadirikan kreasi-kreasi modern dengan motif-motif baru yang lebih beragam. Nancy mengungkapkan bahwa peminat produk Batik Fractal beragam, mulai dari remaja hingga kalangan dewasa.

“Pada umumnya peminat Batik Fractal adalah pencinta batik yang menginginkan sentuhan motif modern dalam batik,” katanya.

Dicari Wisatawan Asing

Kelebihan batik selama ini digemari wisatawan asing. Dan, Batik Fractal juga dicari turis asing yang berkunjung ke negeri ini. “Seperti pada sikap wisatawan pada umumnya, mereka tertarik pada batik Indonesia. Namun, khususnya untuk Batik Fractal, mereka tertarik karena adanya sentuhan teknologi dalam karya seni tradisional batik tersebut,” urainya.

Nancy menjelaskan, potensi pasar Batik Fractal sejak 2008 silam sudah menyentuh pasar global. Jadi, Batik Fractal mulai merambah pasar internasional, tak sebatas hanya ada di pasar dalam negeri saja.

“Namun, untuk mempersiapkan infrastruktur hingga bisa memasarkan produk ke pasar global dengan tersistemasi baru berjalan sejak tahun 2014. Kami bersyukur saat ini produk Batik Fractal sudah memasuki pasar ekspor dengan standar internasional,” paparnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

World Heritage

Demi Danau Toba, Garuda Indonesia Terbang ke Silangit

Pesawat Garuda Indonesia (Ist)  Manajemen maskapai penerbangan nasional, PT Garuda Indonesia memastikan akan menambah pesawat dan jam penerbangan rute Jakarta menuju Bandara Silangit, Sumatera Utara. Begitu juga rute sebaliknya. Rencana penerbangan itu akan

Investments

PT Pelindo III Rayakan Hari Jadi dengan Aksi Sosial

Suasana HUT PT Pelindo III ke-24 (Ist) Bertepatan Kamis, 1 Desember 2016, PT Pelindo III merayakan hari jadi yang ke-24. Perayaan HUT tersebut diselenggarakan secara sederhana oleh seluruh pegawai Pelindo III

Slideshow

Taiwan Travel Fair Didukung Travel Agent Indonesia

Taiwan (Ist) Saat pemerintah tengah bekerja keras merealisasikan target Presiden Jokowi bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia hingga 2019 mendatang, negara lain juga gencar melakukan promosi pariwisata

Slideshow

WPC akan Ikut PATA Travel Mart 2017

Irma Sustika (Ist) Pameran pariwisata internasional, PATA Travel Mart 2017 akan digelar di Makau. Dan, Womanpreneuer Community (WPC) mendapat kesempatan untuk ikut PATA Travel Mart yang digelar pada 13 hingga

Hotel

Dikunjungi Konjen Australia, Gubernur Maluku Dorong Adanya Rute Saumlaki-Darwin

Gubernur Maluku Said Assagaff (kiri) (Ist)  Gubernur Maluku Said Assagaff mendorong pemerintah Australia melalui Konsulat Jenderal (Konjen) Australia untuk segera membuka penerbangan rute Saumlaki-Darwin secepatnya. Kepala Bagian Humas Setda Maluku Bobby Palapia

Airlines

Wisatawan Korsel Happy Ada Direct Flight ke Lombok untuk Honeymoon

LA Hadi Faishal (kanan) berpose bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pelaku bisnis pariwisata Indonesia yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat menyambut gembira tren kunjungan paket honeymoon asal Korea