September, Indonesia Promosi Pariwisata di Perancis

Event promosi pariwisata Indonesia di Perancis (Ist)

Pada Juli 2018, berdasarkan laporan dari Badan Pusat Statistik Indonesia, Perancis mendatangkan paling banyak wisatawan ke Indonesia, diantara negara-negara lain di Eropa, yaitu ada sekitar 41.600 wisatawan Perancis yang datang ke Indonesia pada Juli tahun ini.

Hal ini tak lepas dari promosi yang dilakukan Kementerian Pariwisata bersama dengan VITO Perancis untuk mempromosikan wisata Indonesia di Perancis selama ini melalui channel B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Consumer).

Sementara September ini terdapat dua event besar yang membawa nama Indonesia untuk mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Indonesia, yaitu Village International de la Gastronomie (VIG) mulai 21 hingga 23 September mendatang dimana Indonesia menjadi negara partner dan IFTM Top Resa (B2B) 25 hinga 28 September 2018 dimana Indonesia menjadi negara kehormatan tahun 2018.

Village International de la Gastronomie (VIG) adalah salah satu festival kuliner dan budaya terbesar di Prancis, yang melibatkan lebih dari 60 negara, termasuk Indonesia sebagai negara partner di Mail Branly, di bawah kaki menara Eiffel dengan perkiraan 50.000 pengunjung selama tiga hari.

Acara yang akan diadakan untuk ketiga kalinya ini akan dibuka pemerintah Perancis dan dihadiri oleh kementerian-kementerian Perancis. Event VIG merupakan event yang disponsori oleh Mr Stephan Layani (President Rungis) dan Chef Guillaume Gomez (Kepala juru masak Istana Kepresidenan Perancis)

Siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini menulis, pada acara ini, Indonesia akan mengadakan banyak acara seperti demo masak makanan Indonesia oleh Chef Ragil, demo pembuatan tempe oleh Wida Winarno, icip-icip jamu dari Suwe Ora Jamu, fashion show oleh Meeta Fauzan, demo pembuatan rendang oleh Chef William Wongso, presentasi kebudayaan, kopi dan pariwisata dari Papua, workshop rempah-rempah, kopi dan kerajinan tangan khas Sumatera Utara yang akan ditampilkan oleh Rumah Kreatif Sinar Mas, pertunjukan tari tradisional Indonesia, pertunjukan pencak silat oleh asosiasi pencak silat Indonesia di Perancis dan Belanda, presentasi pariwisata Indonesia oleh Kementerian Pariwisata, dan pameran foto Indonesia oleh fotografer Perancis, Florent Mamelle, pemenang fotografi di Majalah National Geographic.

Sedangkan tanggal 24 September nanti, akan diadakan juga sales mission dengan membuat Workshop Indonesia di salah satu restaurant di Paris dimana 10 industri akan mempresentasikan produk mereka ke travel agent di Perancis, dilanjutkan dengan diner Bersama masakan Indonesia yang dibuat oleh Chef Ragil.

Acara lain yang juga sangat penting dalam mempromosikan Indonesia di bulan ini adalah IFTM Top Resa, sebuah acara tempat bertemunya profesional di bidang pariwisata dari Perancis dan seluruh dunia. IFTM Top Resa akan diadakan pada 25 hingga 28 September 2018 di Porte de Versailles, Paris dan Indonesia akan menjadi Honor Country dalam gelaran ini.

Pada IFTM Top Resa, terdapat 20 delegasi industri pariwisata Indonesia (Tour Operator, Travel Agency dan hotel) yang akan ber-networking dengan travel agent yang hadir untuk bekerja sama menjual paket-paket tur ke Indonesia. Terdapat pula training yang akan diadakan oleh Asia Voyages, Starclippers, Bali Seken dan oleh VITO Perancis.

Stan Indonesia akan menghadirkan beberapa pertunjukan dan acara khas Indonesia, seperti tari tradisional Indonesia, mixology dan icip-icip koktail Indonesia, body painting dan henna serta icip-icip kopi Nusantara. Indonesia juga bekerja sama dengan Singapore Airlines untuk mengadakan undian berhadiah 2 tiket pesawat Paris-Indonesia PP.

Banyak pula hadiah menarik lainnya untuk berlibur ke Indonesia. Melalui dua event besar promosi Indonesia di Perancis akan menjadi motor penggerak untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan Perancis ke Indonesia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Bandung Promosikan ASIAN GAMES 2018

ASIAN GAMES 2018 di Jakarta dan Palembang (Ist) Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Bandung, Jawa Barat ikut mempromosikan penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018 di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. Ya,

Nature

Dunia Apresiasi Pariwisata ASEAN Berkembang

  Prita Kemal Gani (kiri) (Ist) London School and Public Relations (LPSR) Jakarta menggelar ASEAN TALKS#5 bertemakan Telling The Unique Story of ASEAN Community atau kisah unik tentang organisasi regional

Destinations

Banyuwangi Ethno Carnival 2018 Tampilkan Pertunjukkan Kelas Dunia

Peserta BEC 2018 Penyelenggaraan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2018 semakin menguatkan Banyuwangi sebagai destinasi wisata kelas dunia. Dengan melibatkan 100 seniman Banyuwangi yang mengisi 11 stage dengan 10 tema berbeda,

Hotel

Empat Tahun Pemerintahan Jokowi JK, Pariwisata Indonesia Peringkat 9 di Dunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya Pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling menggeliat dalam empat tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Sektor pariwisata tumbuh begitu pesat sehingga pemerintah berani memproyeksikan sektor pariwisata

Tour Package

Tomohon Genjot Kunjungan Wisatawan

Launching TIFF 2018 (Ist) Event Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang memasuki tahun ke-8 berhasil mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Event TITF 2018 yang akan berlangsung

Hotel

Menelusuri Jejak Wisata di Soppeng

Wisatawan Nusantara berkunjung ke wisata air panas alami Lejja di Soppeng (Ist) Pariwisata di Soppeng yang ada di Sulawesi Selatan tak kalah menarik dengan destinasi wisata lainnya yang ada di