September, Kunjungan Wisman Meningkat

AY ketawa

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada September 2016 mencapai 1.006.653 atau mengalami peningkatan sebesar 9,40% dibandingkan September 2015 berjumlah 920.128 wisman.

Selama tiga bulan berturut-turut, Juli, Agustus, dan September lalu jumlah kunjungan wisman menembus angka di atas 1 juta wisman.
Data BPS dan Asdep Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Kepariwisataan, Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyebutkan bahwa secara kumulatif kunjungan wisman pada Januari hingga September 2016 mencapai 8.362.963 atau meningkat sebesar 8,51% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 7.707.034 wisman.

Adapun kunjungan wisman berdasarkan kebangsaan pada September 2016 di 19 pintu utama dibandingkan September 2015 yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah Bahrain sebesar 46,84%, Mesir 42,86%, Tiongkok 28,08%, India 26,61%, dan Perancis 18,92%, sedangkan secara komulatif Januari hingga September 2016 yang mengalami pertumbuhan tertinggi, yaitu Mesir sebesar 48,72%, Bahrain 46,33%, India 28,90%, Tiongkok 24,15%, dan Perancis 23,15%.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pencapaian kunjungan wisman pada Januari hingga September 2016 sebesar 8,36 juta wisman semakin menguatkan keyakinan akan tercapainya target 12 juta wisman hingga akhir tahun ini.

“Selama tiga bulan berturut-turut Juli, Agustus, dan September 2016 jumlah kunjungan wisman menembus angka di atas 1 juta wisman. Kita harapkan pada bulan Oktober, November, dan Desember akan meningkat lagi,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (3/10/2016).

Arief Yahya menjelaskan, upaya meningkatkan kunjungan wisman di penghujung akhir tahun antara lain dengan memperbanyak event-event menarik terutama di tiga pintu utama (great) Bali, great Jakarta, dan great Batam.

“Bali mempersiapkan puluhan event menarik sebagai year end untuk meningkatkan kunjungan wisman yang tahun ini mentargetkan sebanyak 4,8 juta wisman atau memberikan kontribusi sebesar 45% dari total kunjungan wisman secara nasional,” kata Arief Yahya.

Begitu pula Bintan, Kepulauan Riau pada November-Desember akan diselenggarakan sejumlah event sport tourism dan entertaintment bertaraf internasional yang akan menarik banyak wisman dari Singapura dan Malaysia.

Tahun ini Great Batam/Bintan menargetkan 2,5 juta wisman. Pulau Bintan merupakan satu di antara destinasi wisata yang potensial untuk wisata daerah perbatasan.

Destinasi lain wisata daerah perbatasan adalah Manado, Papua, Entikong, dan Atambua (Dili). Kemenpar menggencarkan promosi dengan menggelar festival kesenian di sejumlah wilayah untuk menarik wisman dari negara perbatasan.

Misalnya, belum lama ini Kemenpar menggelar Festival Wonderful Indonesia (FWI) di Aruk, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat untuk menarik kunjungan wisman dari Negeri Serawak, Malaysia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tour Package

Raja Arab Saudi akan Kunjungi Bali Dorong Turis Timteng ke Indonesia

Bali jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing asal Timur Tengah (Ist) Pesona Pulau Dewata rupanya menarik perhatian Raja Saudi Salman bin Abdulazis Al Saud. Dalam kunjungan kenegaraannya ke Indonesia

Festival

Naga Lampion Terpanjang di Singkawang

Perayaan Imlek di Singkawang dengan pawai naga lampion terpanjang sebagai primadonanya (Ist) Pesona Indonesia tak pernah berhenti memancarkan atraksi kepariwisataannya. Setelah menampilkan Naga Batik terpanjang se-Asia di Pekan Budaya Tionghoa

Tourism

Raja Salman Perpanjang Libur Tiga Hari di Bali

Raja Salman (Ist) Kabar Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud memperpanjang masa liburannya di Bali telah sampai ke Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menurut Arief, keputusan Raja Salman memperpanjang

Slideshow

Alunan Sasando Menyapa Selandia Baru

Memainkan Sasando (Ist) Musik sasando dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalun menyapa publik Selandia Baru dalam upaya memperkenalkan budaya dan tradisi Indonesia di salah satu negara fokus pasar

Tourism

Pentingnya Sister City untuk Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon Keraton Kasepuhan Cirebon mendorong adanya sister city antara Cirebon di Jawa Barat dengan Hawaii di Amerika Serikat (AS) lantaran bisa mendorong kerja sama dalam berbagai bidang, termasuk

Slideshow

Sport Tourism BKT Fun Run 2017 Menuju ASIAN GAMES 2018

Ketua BPPI Yanti Soekamdani melepas peserta BKT Fun Run 2017 (Ist) Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BBPI), dan Walikota Jakarta Timur menggelar lomba lari BKT Fun