September, Kunjungan Wisman Meningkat

AY ketawa

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada September 2016 mencapai 1.006.653 atau mengalami peningkatan sebesar 9,40% dibandingkan September 2015 berjumlah 920.128 wisman.

Selama tiga bulan berturut-turut, Juli, Agustus, dan September lalu jumlah kunjungan wisman menembus angka di atas 1 juta wisman.
Data BPS dan Asdep Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Kepariwisataan, Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyebutkan bahwa secara kumulatif kunjungan wisman pada Januari hingga September 2016 mencapai 8.362.963 atau meningkat sebesar 8,51% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 7.707.034 wisman.

Adapun kunjungan wisman berdasarkan kebangsaan pada September 2016 di 19 pintu utama dibandingkan September 2015 yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah Bahrain sebesar 46,84%, Mesir 42,86%, Tiongkok 28,08%, India 26,61%, dan Perancis 18,92%, sedangkan secara komulatif Januari hingga September 2016 yang mengalami pertumbuhan tertinggi, yaitu Mesir sebesar 48,72%, Bahrain 46,33%, India 28,90%, Tiongkok 24,15%, dan Perancis 23,15%.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pencapaian kunjungan wisman pada Januari hingga September 2016 sebesar 8,36 juta wisman semakin menguatkan keyakinan akan tercapainya target 12 juta wisman hingga akhir tahun ini.

“Selama tiga bulan berturut-turut Juli, Agustus, dan September 2016 jumlah kunjungan wisman menembus angka di atas 1 juta wisman. Kita harapkan pada bulan Oktober, November, dan Desember akan meningkat lagi,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (3/10/2016).

Arief Yahya menjelaskan, upaya meningkatkan kunjungan wisman di penghujung akhir tahun antara lain dengan memperbanyak event-event menarik terutama di tiga pintu utama (great) Bali, great Jakarta, dan great Batam.

“Bali mempersiapkan puluhan event menarik sebagai year end untuk meningkatkan kunjungan wisman yang tahun ini mentargetkan sebanyak 4,8 juta wisman atau memberikan kontribusi sebesar 45% dari total kunjungan wisman secara nasional,” kata Arief Yahya.

Begitu pula Bintan, Kepulauan Riau pada November-Desember akan diselenggarakan sejumlah event sport tourism dan entertaintment bertaraf internasional yang akan menarik banyak wisman dari Singapura dan Malaysia.

Tahun ini Great Batam/Bintan menargetkan 2,5 juta wisman. Pulau Bintan merupakan satu di antara destinasi wisata yang potensial untuk wisata daerah perbatasan.

Destinasi lain wisata daerah perbatasan adalah Manado, Papua, Entikong, dan Atambua (Dili). Kemenpar menggencarkan promosi dengan menggelar festival kesenian di sejumlah wilayah untuk menarik wisman dari negara perbatasan.

Misalnya, belum lama ini Kemenpar menggelar Festival Wonderful Indonesia (FWI) di Aruk, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat untuk menarik kunjungan wisman dari Negeri Serawak, Malaysia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

All About Indonesia

‘Tak Ada Lagi Bicara Mayoritas dan Minoritas di Indonesia’

Moeldoko (kemeja putih) (Ist) Indonesia adalah negara pluralis, rumah bersama bagi setiap manusia yang ada di dalamnya. Karenanya jangan lagi ada dikotomi istilah ‘mayoritas’ dan ‘minoritas’ di negeri ini. Penegasan

Nature

PHRI NTB Apresiasi Kinerja Menteri Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Wakil Ketua Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat LA Hadi Faishal menyampaikan apresiasi tinggi kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya yang berhasil mencetak

Tourism

Perlu Indonesia Incorporation untuk Mengalahkan Malaysia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta para pejabat baru Eselon III dan IV yang baru dilantik di Balairung, Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta itu menerapkan

SightSeeing

Homestay Membuat Wisatawan Semakin Dekat dengan Pariwisata Indonesia

Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata II 2017 (Ist) Pariwisata Indonesia semakin diminati wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara. Menariknya traveler kini ingin bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat yang

Tour Package

Tiket Gratis PRI 2018 dari Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Pekan Raya Indonesia (Ist) Setelah sukses menghadirkan beberapa konser internasional, Pekan Raya Indonesia akan hadir untuk ketiga kali di Indonesia Convention Exhibition (ICE)  BSD City. Dimulai sejak 2016 silam, pekan

Tour Package

Sascha Poespo Siap Gelar FashionArt Show Setiap Tahun

Tim Metcalf, Creative Director TimiSachi (berdiri) dan Sascha Poespo, seorang Fashion Creator (Ist) Sascha Poespo, orang Indonesia yang menetap di Australia akan mengupayakan FashionArt Show diadakan rutin setiap tahun. Hal tersebut