September, Wonderful Indonesia Hiasi Taksi di Paris

Wonderful Indonesia promosi di taksi Paris (Ist)

Kementerian Pariwisata kembali memperkuat program promosi di wilayah Eropa. Salah satunya dengan melakukan pemasangan publikasi media ruang. Kali ini materi promosi ditempelkan pada 20 unit taksi di Paris, yaitu dengan menampilkan logo Wonderful Indonesia.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya mengatakan, promosi pada taksi ini berlangsung sepanjang September 2019. Menurutnya, apa yang dilakukan kali ini merupakan lanjutan dari strategi yang sudah dilakukan pada tengahan tahun lalu. Tepatnya ketika perhelatan FIFA Women’s World Cup 2019 berlangsung.

“Kami memasang materi promosi pada taxi, dengan harapan langkah ini lebih efektif mengenalkan Wonderful Indonesia ke masyarakat Paris. Terlebih, taxi-taxi tersebut terus bergerak ke berbagai penjuru sepanjang hari. Artinya, akan banyak yang melihat bahan promosi kita,” ujarnya, Selasa (17/9/2019).

Lebih jauh Nia mengatakan, promosi ini dilakukan karena ada banyak event berskala internasional yang dilakukan di Paris pada bulan ini. Seperti Paris Plages (The Paris Beach), Jazz À La Villette, Paris Design Week, The Autumn Festival, Techo Parade, dan lain-lain.

“Untuk Paris Design Week saja, setidaknya diikuti oleh 300 peserta dari seluruh dunia. Sangat memungkinkan para peserta atau pengunjung melihat branding Wonderful Indonesia berkeliling Kota Paris,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Yang pasti, lanjut Nia, langkah publikasi pariwisata yang dilakukan sepanjang bulan September ini diharapkan mampu meningkatkan brand awareness Wonderful Indonesia. Dimana, pada Oktober nanti Wonderful Indonesia turut serta pada pameran pariwisata IFTM Top Resa.

Sementatara Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, pasar Eropa akan terus dimaksimalkan karena terbukti memberi kontribusi yang besar bagi pariwisata Indonesia. Berdasarkan kriteria size, sustainability, dan spending, Eropa menempati posisi kedua setelah Tiongkok di tahun 2017. Baru kemudian disusul Australia, Singapura, dan India.

“Tiongkok menjadi pasar utama wisman bukan tanpa alasan. Nilai dari size, pertumbuhan, dan spending tertinggi mencapai 92 persen. Sedangkan pasar Eropa sedikit lebih rendah yaitu dengan total nilai 77 persen. Keunggulan pasar Eropa ada pada spread atau spending,” bebernya.

Wisatawan dari Eropa sendiri rata-rata pengeluaran mencapai USD 1.538 per wisman per kunjungan. Meski berada di posisi kedua, namun untuk perolehan devisa atau spread (spending) wisatawan Eropa saat itu lebih unggul mencapai USD US$ 2,6 miliar.

Selain melakukan berbagai promosi, ada empat strategi utama yang dilakukan Kemenpar untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara, termasuk dari Eropa. Yaitu program crossborder tourism, hot deals, tourism hub, dan low-cost carrier terminal (LCCT). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Sekjen UNWTO Dukung RI Capai Target 20 Juta Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Duta Besar RI di Madrid Yuli Mumpuni memenuhi Undangan HE Dr Taleb Rifai, Sekjen UNWTO di Madrid, Spanyol (Ist)  Sinyal yang dilempar Presiden Joko Widodo

Festival

Mengenal Lebih Dekat Irene Camelyn Sinaga

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kanan) berpose bersama dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Sosok satu ini memang dikenal sebagai pekerja keras. Ya, perempuan berparas manis

Cuisine

Selandia Baru Potensi Baru Wisman Berkualitas ke Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai Selandia Baru merupakan pasar potensial, bahkan bisa menjadi penyumbang wisatawan berkualitas untuk datang ke Tanah Air. “Wisatawan asal Selandia

Slideshow

Wisman Peduli Lingkungan Hidup di Destinasi Wisata Indonesia

 Jazzy Anastassia Kinsky (Ist) Indonesia memang sudah lama dikenal kaya akan beragam destinasi wisata yang tersebar di Nusantara. Lingkungan hidup selama ini selalu menjadi isu yang seksi di dunia dan

Tourism

Arief Yahya akan Bertemu Pendiri Google untuk Promosi Pariwisata RI

Arief Yahya (kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya dikabarkan akan bertemu dengan Sergey Brin, salah satu founder Google yang tengah berada di Indonesia. Adapun Menteri Pariwisata dan  pria yang kini memimpin divisi

Slideshow

Tanjung Lesung, Contoh Nyata Wisata Bahari yang Memerhatikan Konservasi Alam

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo hadir dalam acara Signing Blue WWF Indonesia (Ist) Kawasan wisata di Tanjung Lesung terus berkembang. Destinasi wisata yang terletak di Banten ini bisa disebut