Sharing Experience Bisa Menarik Wisatawan Mancanegara Semakin Berkunjung ke Indonesia

keris

Pariwisata Indonesia selama ini menjadi daya tarik wisatawan mancanegara (wisman). Banyak turis asing yang berkunjung ke negeri ini. Bali selama ini masih menjadi tujuan utaman wisatawan asing ke Indonesia. Selama di Pulau Dewata, wisman juga bisa melihat Keris Bali (www.ninaflynnphotography.com)

Nusantara ini sudah sejak lama memang dikenal kaya akan alam yang indah, budaya yang beragam dan kearifan lokal yang terbentang dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini. Karenanya banyak wisatawan mancanegara (wisman) yang tertarik untuk berkunjung ke Indonesia. Dan, seiring perkembangan zaman, kemajuan teknologi tentunya bisa selaras dengan upaya mempromosikan destinasi yang tersebar di Indonesia ke seluruh dunia.

Tak bisa dipungkiri kini media sosial (medsos) pun menjamur. Sebut saja facebook, blog, twitter, dan instagram. Bahkan, ada juga video berbagi youtube. Dengan adanya medsos bisa dimanfaatkan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan positif, termasuk mempromosikan pariwisata Indonesia sebab medsos bisa dilihat di belahan dunia lain sehingga bisa membuat wisman tertarik untuk datang ke Indonesia.

Menurut Iman Brotoseno, Social Media Specialist, adanya medsos bisa dimanfaatkan pemerintah dan orang Indonesia untuk sharing experience memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara sehingga wisman pun tertarik untuk berkunjung ke negeri ini. “Kini tren medsos terus berkembang. Tak hanya sebatas tulisan mengenai aneka potensi pariwisata Indonesia, namun juga semakin dilengkapi dengan foto,” katanya menjawab patainanews.com di atas kapal perang TNIL AL KRI Makassar 590 yang berlayar mengangkut wartawan dari Surabaya, Jawa Timur ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (5/2/2016).

Adapun pelayaran menggunakan kapal perang TNI AL KRI Makassar 590 berkaitan dengan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional 2016 di Lombok. Iman menuturkan bahwa orang asing lebih suka visual. Ia menyebut blog maupun buku Lonely Planet yang menyediakan informasi destinasi wisata dan cara mengaksesnya.

Ia mengatakan, penggunaan blog juga memudahkan publikasi itu diperolah pencari informasinya karena terekam dalam mesin Google,” ucapnya. Bahkan, lanjutnya, kini tren di medsos pada tahun ini, termasuk untuk mempromosikan beragam potensi pariwisata dengan menggunakan video melalui medsos.

Sedangkan informasi mengenai akses menuju destinasi wisata, seperti tiket penerbangan dan akomodasi, termasuk hotel tetap dibutuhkan wisman ketika berkunjung ke Indonesia. “Informasi mengenai tiket pesawat dan hotel tetap dibutuhkan wisman dan semakin melengkapi informasi mengenai pariwisata Indonesia saat wisman akan berkunjung ke sini,”ujarnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

CRAFINA 2015 ‘From Natural Resources to Creative Products for Lifestyle’

Lindy Ann (tengah) ikut CRAFINA 2015 (Ist) CRAFINA 2015 kembali hadir di tengah lajunya pertumbuhan industri kreatif Indonesia sebagai ajang promosi dan pemasaran produk kreatif kerajinan hasil karya anak negeri.

Hotel

Wapres JK akan Kunjungi Toraja

Tongkonan, Rumah Adat Toraja (Ist) Keunikan tradisi dan budaya khas Toraja menarik perhatian Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pria yang lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, 15 Mei 1942 silam

Hotel

BRI Gandeng Dwiki Darmawan Gelar Event Musik di Solo

Harmoni Pasar Klewer (Ist) PT Bank Rakyat Indonesia Tbk berkolaborasi dengan Dwiki Darmawan dan Java Festival Production (JFP) menggelar event musik berskala nasional di Solo, Jawa Tengah. Event yang bertajuk

Hotel

Dua Legenda Manchester United Liburan ke Bali

Manchester United (Ist) Pulau Dewata kembali nge-hits di dunia maya lantaran kunjungan dua legenda Manchester United, Ryan Giggs dan Gary Neville. Ya, Twitterland dan instagram langsung heboh. Basis fans Manchester

Culture

Pemprov Maluku akan Gelar Tour de Molvccas

Suasana soft launching Tour de Molvccas (TdM) dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 (Ist) Pemerintah provinsi Maluku melakukan soft launching Tour de Molvccas (TdM) di Islamic Center, Ambon. Soft launching

World Heritage

Kelenteng Sam Poo Kong, Destinasi Wisata Favorit di Semarang

Wisatawan mengunjungi Kelenteng Sam Poo Kong di Semarang, Jawa Tengah (Ist) Kelenteng Sam Poo Kong di Semarang, Jawa Tengah pada akhir pekan banyak dikunjungi wisatawan. Kelenteng yang dominan warna merah