SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce

irma sustika

Irma Sustika (Ist)

Womanpreneur Community (WPC), komunitas perempuan Indonesia mengenai entrepreneurship sekelas usaha UMKM mendapat kabar baik untuk menembus pasar dunia lantaran WPC menerima undangan khusus dari ITC UN (International Trade Center United Nation) yang bekerja sama dengan Facebook Indonesia dan #SheMeansBusiness, serta didukung Australian Aid, yakni ITC mengadakan pelatihan pemasaran digital dan e-commerce bagi usaha mikro, kecil dan menengah yang dimiliki atau dipimpin pengusaha perempuan di Indonesia.

Demikian diungkapkan Irma Sustika, CEO and Founder WPC ketika dihubungi patainanews.com, Minggu (4/6/2017). Irma menuturkan, nama kegiatan tersebut adalah SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce yang akan digelar di Jakarta pada 5 hingga 6 Juli mendatang.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari inisiatif ITC SheTrades melalui proyek ‘Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Negara-Negara Asosiasi Lingkar Samudera Hindia (IORA)”,” paparnya. Irma menjelaskan mengenai ITC, yakni badan internasional yang didirikan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

“ITC membantu usaha kecil dan menengah di negara berkembang dan negara tertinggal untuk menjadi lebih kompetitif dalam pasar internasional, yang mana berkontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan,” ucapnya.

“Siapa yang berkesampatan mengikuti Workshop ini ? Untuk kali ini, diutamakan peserta yang bisnisnya berbasis pariwisata dan tehnologi. Untuk bidang pariwisata bisa tour operator (penyelenggara tur), tour guides, penyewaan kendaraan, catering, restoran, event coordination (MICE), budaya, hotel/akomodasi , pariwisata berbasis dampak lingkungan dan pemberdayaan ekonomi, souvenir & handicraft, ecotourism, wisata edukasi, dan hal lain yang menjadi turunan untuk mendukung penguatan pariwisata Indonesia,” urainya.

Sementara, lanjutnya, kategori tehnologi, yakni software development, mobile development, web designer, software services, IT consulting, e-commerce, social media dan digital marketing. “Akan diselenggarakan pada 5 hingga 6 Juli 2017 di EV Hive D Lab Common Space Lt 2 Jalan Riau No 1 Menteng, Jakarta,” ujarnya.

Irma menuturkan bahwa ada sejumlah agenda, yaitu hari pertama adalah pelatihan ini akan membahas kiat pemasaran digital melalui Facebook dan Instagram. “Topik yang akan dibahas fokus pada strategi konten kreatif dan pertumbuhan audiens Anda. Pelatihan juga akan menerapkan teori ke praktik, fokus pada penggunaan halaman bisnis untuk memasarkan produk dan jasa yang ditawarkan,” paparnya.

Sedangkan hari kedua, lanjutnya, pelatihan ini akan difokuskan pada media dan fitur digital lainnya, terutama e-commerce sebagai potensi pengembangan usaha di tingkat internasional. “Pelatihan akan dilengkapi dengan beberapa sesi interaktif untuk meningkatkan pengertian peserta tentang strategi pemasaran dan penjualan di pasar ekonomi digital internasional,” urainya.

Menariknya pelatihan akan dilakukan dalam Bahasa Indonesia. “Berita baiknya adalah member WPC mendapatkan kesempatan mengikuti workshop ini. Peserta terbatas hanya 50. Jika anda member WPC pastinya perempuan segera daftar dengan format nama, bidang usaha, alamat email dan pihak ITC UN akan menyeleksi pendaftaran Anda. Setiap usaha hanya dibolehkan untuk mengirimkan satu orang perwakilan, dan dianjurkan agar mengirimkan pemili atau pimpinan usaha atau pegawai yang bertugas di bidang pemasaran/penjualan digital,” tuturnya.

Irma menjelaskan, WPC bisa melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan ITC UN Agustus mendatang bersama Presiden Jokowi. Sebelumnya Juli 2017 WPC juga menjadi wakul Indonesia untuk ikut workshop #shetrades UN di Kolombo. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

SightSeeing

Aceh Surfing Festival 2016 Digelar di Pantai Kuala Cut Lampuuk

Aksi surfer (Ist) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh kembali menggelar kegiatan sport tourism Aceh Surfing Festival 2016 yang digelar Sabtu dan Minggu, (10-11/12/2016) di Pantai Kuala Cut Lampuuk, Aceh Besar.

SightSeeing

Turis Asing Suka Budaya Indonesia

Hermawan Kartajaya (Ist) Indonesia tidak hanya kaya akan destinasi wisata yang menarik lantaran negeri ini juga memiliki budaya dan kearifan lokal yang bisa menjadi daya tarik turis asing ketika mereka

Nature

HMA Batik Floklore Meriahkan Festival Kali Baru

Halimah Munawir (keempat dari kanan) (Ist) HMA Batik Floklore Betawi Pesisir yang diangkat oleh Halimah Munawir, sosok yang dikenal peduli dengan perkembangan pariwisata dan budata Nusantara yang beberapa waktu lalu

Destinations

Madrim Promosikan Pariwisata Jabar ke Mancanegara

Madrim Kusumah Andhini (Ist) Madrim Kusumah Andhini, pengusaha asal Bandung dengan bendera CV Tigamadhiatama serius mempromosikan beragam potensi pariwisata Jawa Barat (Jabar) hingga ke mancanegara. “Etnik Bandung menjadi nama tour

Festival

Musik sebagai Kebutuhan Kehidupan Sosial yang Positif

Sembuhkan susah tidur dengan musik bersama Maya Hasan (Ist) Musik adalah bahasa universal. Dan, musik pun dianggap sanggup untuk membuat orang bisa terlelap untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Adapun

Slideshow

Sinergi Memukau Desainer Cilik Akeyla dengan Batik NengMas

Poetrie Hanjani, pemilik Batik NengMas (kiri) bersama desainer cilik yang lagi naik daun, Akeylanaraya Alyandina  (Ist) Batik khas Nusantara yang merupakan kain tradisional asli Indonesia selama ini memang dikenal menjadi salah