SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce

irma sustika

Irma Sustika (Ist)

Womanpreneur Community (WPC), komunitas perempuan Indonesia mengenai entrepreneurship sekelas usaha UMKM mendapat kabar baik untuk menembus pasar dunia lantaran WPC menerima undangan khusus dari ITC UN (International Trade Center United Nation) yang bekerja sama dengan Facebook Indonesia dan #SheMeansBusiness, serta didukung Australian Aid, yakni ITC mengadakan pelatihan pemasaran digital dan e-commerce bagi usaha mikro, kecil dan menengah yang dimiliki atau dipimpin pengusaha perempuan di Indonesia.

Demikian diungkapkan Irma Sustika, CEO and Founder WPC ketika dihubungi patainanews.com, Minggu (4/6/2017). Irma menuturkan, nama kegiatan tersebut adalah SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce yang akan digelar di Jakarta pada 5 hingga 6 Juli mendatang.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari inisiatif ITC SheTrades melalui proyek ‘Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Negara-Negara Asosiasi Lingkar Samudera Hindia (IORA)”,” paparnya. Irma menjelaskan mengenai ITC, yakni badan internasional yang didirikan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

“ITC membantu usaha kecil dan menengah di negara berkembang dan negara tertinggal untuk menjadi lebih kompetitif dalam pasar internasional, yang mana berkontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan,” ucapnya.

“Siapa yang berkesampatan mengikuti Workshop ini ? Untuk kali ini, diutamakan peserta yang bisnisnya berbasis pariwisata dan tehnologi. Untuk bidang pariwisata bisa tour operator (penyelenggara tur), tour guides, penyewaan kendaraan, catering, restoran, event coordination (MICE), budaya, hotel/akomodasi , pariwisata berbasis dampak lingkungan dan pemberdayaan ekonomi, souvenir & handicraft, ecotourism, wisata edukasi, dan hal lain yang menjadi turunan untuk mendukung penguatan pariwisata Indonesia,” urainya.

Sementara, lanjutnya, kategori tehnologi, yakni software development, mobile development, web designer, software services, IT consulting, e-commerce, social media dan digital marketing. “Akan diselenggarakan pada 5 hingga 6 Juli 2017 di EV Hive D Lab Common Space Lt 2 Jalan Riau No 1 Menteng, Jakarta,” ujarnya.

Irma menuturkan bahwa ada sejumlah agenda, yaitu hari pertama adalah pelatihan ini akan membahas kiat pemasaran digital melalui Facebook dan Instagram. “Topik yang akan dibahas fokus pada strategi konten kreatif dan pertumbuhan audiens Anda. Pelatihan juga akan menerapkan teori ke praktik, fokus pada penggunaan halaman bisnis untuk memasarkan produk dan jasa yang ditawarkan,” paparnya.

Sedangkan hari kedua, lanjutnya, pelatihan ini akan difokuskan pada media dan fitur digital lainnya, terutama e-commerce sebagai potensi pengembangan usaha di tingkat internasional. “Pelatihan akan dilengkapi dengan beberapa sesi interaktif untuk meningkatkan pengertian peserta tentang strategi pemasaran dan penjualan di pasar ekonomi digital internasional,” urainya.

Menariknya pelatihan akan dilakukan dalam Bahasa Indonesia. “Berita baiknya adalah member WPC mendapatkan kesempatan mengikuti workshop ini. Peserta terbatas hanya 50. Jika anda member WPC pastinya perempuan segera daftar dengan format nama, bidang usaha, alamat email dan pihak ITC UN akan menyeleksi pendaftaran Anda. Setiap usaha hanya dibolehkan untuk mengirimkan satu orang perwakilan, dan dianjurkan agar mengirimkan pemili atau pimpinan usaha atau pegawai yang bertugas di bidang pemasaran/penjualan digital,” tuturnya.

Irma menjelaskan, WPC bisa melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan ITC UN Agustus mendatang bersama Presiden Jokowi. Sebelumnya Juli 2017 WPC juga menjadi wakul Indonesia untuk ikut workshop #shetrades UN di Kolombo. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

All About Indonesia

Panitia HPN 2017 Persiapkan Kehadiran Presiden Jokowi di Ambon

Panitia HPN 2017 bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno (tengah) (Ist) Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2017 telah menyiiapkan kehadiran Presiden Jokowi di acara puncak perhelatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di

Airlines

Menikmati Wisata Kuliner di Kotabaru

Wisata kuliner di Kotabaru  Pesona wisata di Indonesia memang tersebar di berbagai daerah, mulai dari kawasan Indonesia timur hingga wilayah barat Nusantara. Tak hanya Bali, Lombok, negeri ini kaya akan

Tourism

21 Oktober, Sriwijaya Air Terbang ke Raja Ampat

Keinginan wisatawan Nusantara untuk mengunjungi tempat-tempat wisata berskala internasional di Papua akan semakin mudah. Pasalnya mulai 21 Oktober mendatang, Sriwijaya Air Group (Sriwijaya Air dan NAM Air) akan membuka rute

Slideshow

Morotai yang Seksi Diincar Investor Asing

Morotai (Ist)   Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menyebut Morotai menjadi incaran investor asing lantaran potensinya yang besar, tidak sebatas hanya dari sektor pariwisata namun juga di sektor lainnya. “Morotai ini

Culture

Goa Sunyaragi, Menunduk untuk Menghormati Sang Pencipta

Goa Sunyaragi (Ist) Berkunjung ke Cirebon, Jawa Barat jangan hanya datang ke satu destinasi saja. Beragam obyek wisata, termasuk wisata sejarah bisa menjadi pilihan wisatawan. Salah satu obyek wisata sejarah

Travel Operator

Mempertahankan Arsitektur Nusantara Daya Tarik Wisman ke Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan penghargaan kepada para pemenang Sayembara Desain Rumah Wisata (Homestay) Nusantara 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor