‘Show Them the Money, Pariwisata Bisa Membawa Kesejahteraan’

IMG-20180222-WA0023

Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka Gebyar Pesona Budaya Garut 2018 didampingi Pjs Bupati Garut Koesmayadi Tatang Padmadinata dan Wakil Ketua Komisi X DPR Ferdiansyah di Garut, Kamis (22/2/2018) (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya mendorong pemerintah daerah bersama warga setempat untuk menjadikan pariwisata sebagai sektor yang bisa meningkatkan penghasilan warga yang ada sehingga dapat membawa masyarakat menjadi sejahtera.

“Cara terbaik adalah show them the money (tunjukkan ke masyarakat uangnya), tidak perlu banyak pidato, tunjukkan nilai komersialnya, pekerjaan ini (sektor wisata) bisa membawa kesejahteraan,” katanya kepada wartawan disela-sela membuka event Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) 2018 di lapangan Ciateul di Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kamis (22/2/2018).

Menurutnya, agar tingkat kunjungan bisa meningkat, cara yang paling efektif adalah dengan cara menunjukkan sektor wisata bisa menghasilkan uang bagi masyarakat. Maka masyarakat dengan sendirinya mau mengembangkan potensi wisata di daerahnya.

Menpar Arief juga meminta upaya pemerintah daerah dalam menangani praktik pungutan liar di tempat wisata karena praktik ini kerap terjadi di tempat-tempat wisata. Adapun praktik pungli dikhawatirkan bisa membuat wisatawan tidak mau datang lagi ke Indonesia.

menpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya tengah menjawab pertanyaan wartawan di Garut (Ist)

“Soal pungli itu jadi tugas Pemda agar diberantas karena memang sangat mengganggu wisatawan,” tuturnya. Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai potensi pariwisata di Kabupaten Garut bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Menpar Arief menuturkan, Garut sudah sejak lama dikenal sebagai ‘Swiss Van Java’ yang memiliki potensi alam yang spektakuler untuk dijadikan obyek wisata. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Halal Tourism Memikat Turis Malaysia ke Lombok

LA Hadi Faishal (Ist) Halal tourism yang menjadi unggulan pariwisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat membuat wisatawan asal negeri jiran, Malaysia dan Singapura tertarik datang ke Pulau Seribu Masjid itu.

Slideshow

Kaligrafi ala Mongolia

Hasil karya kaligrafi Mongolia yang penuh seni memikat pengunjung Kaligrafi sepertinya bukan lagi monopoli negeri di kawasan Timur Tengah, seperti Arab Saudi lantaran kaligrafi ternyata juga dikenal di Mongolia. Ya,

Slideshow

Peran Perempuan Indonesia Memajukan Pariwisata Nusantara

Sri Sudarwati, Founder #Indonesiabagus (Ist) April selama ini di Indonesia identik dengan bulan Kartini karena di Tanah Air setiap 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Menariknya perempuan Indonesia diketahui juga

Tourism

Kemewahan di Tengah Gemercik Suara Air Terjun

Air Terjun di Kawasan Wisata Gunung Salak Endah (Ist) Menikmati kemewahan di tengah kota besar, seperti Jakarta tentunya sudah tidak asing bagi sebagian orang yang dapat ditemui dengan beberapa pilihan.

Heritage

Wisata Bahari Tema PATA Travel Mart 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (keempat dari kiri) berfoto bersama dengan PATA Internasional dan PATA Indonesia Chapter  Wisata bahari yang menjadi andalan pemerintah dalam upaya merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20

Destinations

Duta Seni Lampung Pentaskan Sendratari Ratu Ali di Prambanan

Sendratari Ratu Ali di Prambanan (Ist) SMA IT Sumberejo, Tanggamus, akan tampil sebagai Duta Seni Pelajar mewakili Lampung pada ajang Festival Duta Seni Pelajar Tingkat Nasional di Yogyakarta. Duta Seni