‘Show Them the Money, Pariwisata Bisa Membawa Kesejahteraan’

IMG-20180222-WA0023

Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka Gebyar Pesona Budaya Garut 2018 didampingi Pjs Bupati Garut Koesmayadi Tatang Padmadinata dan Wakil Ketua Komisi X DPR Ferdiansyah di Garut, Kamis (22/2/2018) (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya mendorong pemerintah daerah bersama warga setempat untuk menjadikan pariwisata sebagai sektor yang bisa meningkatkan penghasilan warga yang ada sehingga dapat membawa masyarakat menjadi sejahtera.

“Cara terbaik adalah show them the money (tunjukkan ke masyarakat uangnya), tidak perlu banyak pidato, tunjukkan nilai komersialnya, pekerjaan ini (sektor wisata) bisa membawa kesejahteraan,” katanya kepada wartawan disela-sela membuka event Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) 2018 di lapangan Ciateul di Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kamis (22/2/2018).

Menurutnya, agar tingkat kunjungan bisa meningkat, cara yang paling efektif adalah dengan cara menunjukkan sektor wisata bisa menghasilkan uang bagi masyarakat. Maka masyarakat dengan sendirinya mau mengembangkan potensi wisata di daerahnya.

Menpar Arief juga meminta upaya pemerintah daerah dalam menangani praktik pungutan liar di tempat wisata karena praktik ini kerap terjadi di tempat-tempat wisata. Adapun praktik pungli dikhawatirkan bisa membuat wisatawan tidak mau datang lagi ke Indonesia.

menpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya tengah menjawab pertanyaan wartawan di Garut (Ist)

“Soal pungli itu jadi tugas Pemda agar diberantas karena memang sangat mengganggu wisatawan,” tuturnya. Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai potensi pariwisata di Kabupaten Garut bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Menpar Arief menuturkan, Garut sudah sejak lama dikenal sebagai ‘Swiss Van Java’ yang memiliki potensi alam yang spektakuler untuk dijadikan obyek wisata. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Dunia Apresiasi Pariwisata ASEAN Berkembang

  Prita Kemal Gani (kiri) (Ist) London School and Public Relations (LPSR) Jakarta menggelar ASEAN TALKS#5 bertemakan Telling The Unique Story of ASEAN Community atau kisah unik tentang organisasi regional

Hotel

Ke Cirebon, Jangan Lupa Menginap di Metland Hotel

Umah Pohon di Metland Hotel Cirebon ketika malam hari Cirebon di Jawa Barat menjadi destinasi wisata yang semakin banyak dikunjungi wisatawan. Dan, ketika traveling ke Cirebon, tidak salah jika wisatawan

Festival

Ingin Tahu Perkembangan Pariwisata Indonesia, Ikut PATA Travel Mart 2016

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 semakin dekat. Event pariwisata internasional ke-39 pada tahun ini akan digelar di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City,

Destinations

NTB Percaya Diri Wisman Tertarik dengan Halal Tourism

LA Hadi Faishal saat berbicara di depan para pelaku pariwisata halal Singapura di Singapura (Ist) Berbicara dalam forum promosi dan penjelasan tentang potensi pariwisata Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Airlines

Pariwisata Indonesia Hadapi Digitalisasi

Seminar Nasional ‘Pariwisata Era Ekonomi Digital’ (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan bahwa digitalisasi dalam aspek kehidupan termasuk di bidang pariwisata adalah sebuah keniscayaan dari perkembangan zaman. Digitalisasi (go digital)

Heritage

Pemuteran Bali Raih Posisi 7 Terbaik Asia 2016 Lonely Planet

Wisata bahari di Pemuteran, Bali (Ist) Pengakuan dunia tentang keindahan pariwisata Indonesia seperti tak ada habisnya. Bali, Labuan Bajo, Raja Ampat, Nihiwatu Sumba dan Pulau Nikoi Bintan sudah sukses dengan