SIA Bantu Wonderful Indonesia Jual Pasar India

SQ
Pesawat Singapore Airlines (Ist)
Transportasi udara dinilai merupakan faktor paling penting bagi pariwisata Indonesia untuk mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan mancanegara (wisman) ke negeri ini.
Inilah risiko negara kepulauan seperti Nusantara, semua destinasi hanya bisa dijangkau dengan cepat melalui transportasi udara. Itulah salah satu yang membuat Singapura Airlines (SIA) terus menjalin kerja sama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan kekuatan armadanya untuk meningkatkan kedatangan wisman ke Nusantara.
”Kami terus akan bermitra dan saling mendukung kampanye Kementerian Pariwisata  Republik Indonesia,” ujar Mr Foo Chai Woo, Singapore Airlines’ Divisional Vice President Sales & Marketing seperti dikutip dari press release yang diterima patainanews.com belum lama ini.
Saat Rakornas Kepariwisataan pada 28 hingga 29 April lalu, SIA sudah menandatangani MoU kerja sama dengan Kemenpar di JCC Senayan Jakarta.
Ada banyak negara sasaran pasar Wonderful Indonsia yang belum memiliki direct flight ke beragam destinasi wisata Indonesia. Bahkan ada yang sama sekali tidak ada penerbangan langsung ke Indonesia.
Sementara airlines Indonesia belum membuka jalur itu. Di situlah peran SIA untuk mengangkut wisatawan ke Indonesia. “Kami joint promotion,” kata dia.
Lebih lanjut Foo Chai Woo mengatakan, salah satu kerja sama dengan Kemenpar mencakup program kerja sama promosi serta kampanye lainnya yang bertujuan mempromosikan pariwisata Indonesia melalui pusat penerbangan di Singapura ke negara-negara tujuan utama pasar potensial.
”Tentunya dengan menggunakan layanan penerbangan SIA dan anak usaha kami SilkAir,” ujar Foo. Ia menambahkan, SIA telah melayani penerbangan di Indonesia sejak pertama kali beroperasi.
SIA dan SilkAir, dan kini melayani 13 kota di Indonesia dengan lebih dari 150 jadwal penerbangan mingguan.  “Kami sangat antusias dapat bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata, tentu saja melalui eksistensi kami yang kuat di Indonesia dan jaringan global dengan hampir 100 destinasi-destinasi pariwisata di 35 negara, kami sangat siap untuk mendukung perkembangan industri pariwisata Indonesia bahkan lebih jauh lagi,” bebernya.
Adapun Singapore Airlines (SIA) dan Kemenpar juga setuju dengan bentuk kemitraan antarkeduanya demi mendorong jumlah kedatangan wisman.
Bentuk kerja sama itu tertuang dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang ditandatangani dihadapan Menteri Pariwisata Arief Yahya.
Apa kata Arief Yahya? “SIA itu mitra kami yang baik. Airlines-nya cukup berbobot, punya armada dan penerbangan yang tersebar lengkap diseluruh dunia. SIA juga sudah punya brand kuat, dan punya maskapai di level premium, papan tengah seperti Silk Air dan Low Cost Carrier (LCC), seperti Scoot. Jadi akan sangat membantu connectivity Indonesia,” ungkap Arief Yahya.
Selain itu, Singapura adalah HUB dunia, atau HUB country. Hampir semua airlines transit Singapura untuk ke utara-selatan, maupun timur barat.
Sudah pasti negara itu sudah memikirkan wisatawan. Wajar jika 2015, Singapura masih naik satu persen menjadi 15 juta, dan ada 1,5 ekspatriat di sana.
“Saya sudah bilang ke SIA untuk kembangkan pariwisata dengan originasi India. Sudah 300 ribu lebih wisman India ke Indonesia. “Padahal tidak ada direct flight? Hadirnya SIA meskipun transit Singapura, akan sangat berarti. Kalau 2-3 jam transit Singapura masih happy kok,” jelasnya.




About author



You might also like

Heritage

Ke Palembang, Wisatawan Bisa Belajar Sejarah Islam

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (kedua dari kanan) (Ist) Predikat Palembang di Sumatera Selatan sepertinya bakal bertambah. Selain sudah bisa dipastikan menjadi tujuan wisata olah raga (sport tourism), kota Pempek ini

Nature

ICE Siap Gelar PATA Travel Mart

Siti Karmila (Ist) Manajemen ICE (Indonesia Convention Exhibition) menyatakan telah siap menggelar event internasional, PATA Travel Mart yang akan dilakukan pada 7 hingga 9 September mendatang. Hal tersebut dikatakan Siti Karmila,

Culture

Budaya Warisan Negeri Bisa Datangkan Wisman

Rahmat Surdjana dan Halimah Munawir mendampingi Dewi Motik Pramono Keberadaan Kampung Budaya dan Ramah Anak di Desa Kuta Megamendung, Kabuputen Bogor tenyata disambut positif lantaran juga berupaya melestarikan budaya warisan

World Heritage

Coldplay Promosikan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan apresiasi terhadap Coldplay, grup musik asal London, Inggris yang telah ikut mempromosikan beragam potensi pariwisata Indonesia ke mancanegara. “Beberapa

Travel Operator

Pariwisata Indonesia Semakin Dihargai

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Kerja ekstra keras Menteri Pariwisata Arief Yahya diganjar apresiasi oleh media massa. Dalam semalam, Senin, 22 Mei 2017, menteri pilihan Presiden Jokowi ini memborong dua

Travel Operator

PWI Kombinasikan Pers dan Kopi ke Korea Selatan

Ilustrasi Kopi Nusantara (Ist) Rombongan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memadukan pers dan kopi dalam lawatan ke Republik Korea Selatan. Kunjungan ke negeri ginseng ini adalah bagian dari kerja sama PWI