Sigale Gale Carnival 2019 Promosikan Keunikan Budaya Samosir

Sigale Gale Carnival 2019 (Ist)

Sigale Gale Carnival 2019 di Samosir, Sumatera Utara (Sumut) menjadi ajang untuk mempromosikan keunikan budaya masyarakat Batak kepada wisatawan.

Carnival yang mengangkat tema The BeaSamosiruty of Ulos parade tersebut diharapkan bisa memperkaya atraksi wisata di wilayah Danau Toba Sumut dan sekitarnya.

Ketua Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2019 Kemenpar Esthy Reko Astuti di Jakarta, Minggu (9/6/2016) mengatakan, selama ini sigale-gale menjadi identitas budaya masyarakat Samosir.

“Kemasyuran namanya patut menjadi sebuah simbol kebesaran budaya Batak Samosir,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Senin (10/6/2019).

Wisatawan menonton Sigale Gale Carnival 2019 (Ist)

Terlebih karnaval ini juga selalu mengangkat kain ulos yang juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari budaya Batak.

Karnaval ini pun menampilkan patung sigale-gale raksasa. Meski berukuran besar, patung ini pun mampu menari mengikuti irama gondang. Puluhan peserta fashion show juga ikut meramaikan karnival tersebut.

“Kekayaan budaya menjadi sebuah atraksi yang mampu menarik wisatawan. Apalagi karnaval ini dikemas bersamaan saat momen libur Lebaran. Dengan itu nuansa libur Lebaran makin luar biasa di Samosir,” kata Esthy.

Sigale Gale 2019 di Samosir (Ist)

Hal ini menjadi penting untuk semakin mengangkat pariwisata Danau Toba. Karena atraksi merupakan cara efektif untuk mempromosikan destinasi pariwisata.

“Konsepnya selalu sama 3A. Aksesnya baik, amenitasnya baik lalu didukung dengan atraksi yang berstandar global untuk mengundang wisatawan datang. Danau Toba ini telah didukung dengan akses yang sangat baik dengan adanya Bandara Internasional Silangit. Amenitasnya juga mumpuni. Tinggal terus digenjot atraksi wisata seperti Sigale Gale Carnival ini,” katanya.

Sementara Bupati Samosir Rapidin Simbolon menambahkan, Sigale Gale Carnival menjadi momentum mengangkat kekuatan budaya Samosir. Karena jelas atraksi budaya menjadi magnet yang sangat luar biasa bagi wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara.

“Tadi banyak wisatawan mancanegara yang juga hadir di karnaval ini. Ada dari Malaysia, Taiwan, Swiss, Jerman, dan sebagainya. Ini momentum untuk memanjakan mereka dan menjadi sebuah cerita berkesan sekembali mereka ke negaranya masing-masing,” ujarnya.

Direktur Pemasaran Pariwisata Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Basar Simanjuntak mengatakan, Sigale Gale Carnival merupakan bentuk penguatan pariwisata Kabupaten Samosir di bidang seni budaya.

“Sebagaimana kita tahu yang sering diutarakan Menpar Arief Yahya, budaya yang merupakan magnet pariwisata itu semakin dilestarikan semakin menyejahterakan,” katanya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

Pekerja Indonesia di Luar Negeri Bisa Promosikan Pariwisata RI

Ilustrasi pekerja Indonesia di luar negeri (Ist) Warga negara Indonesia (WNI) yang memilih bekerja di luar negeri ternyata bisa turut serta membantu mempromosikan pariwisata negeri ini yang beragam sehingga WNI

Tour Package

Kereta Wisata Priority, Layanan VVIP Sekelas Presiden untuk Free Independent Traveler

Kereta wisata Priority ke Solo dan Yogyakarta. Rencana akhir tahun ini akan ke Semarang dan terus ke Surabaya (Ist) Manajemen PT Kereta Api Pariwisata sejak 4 Agustus lalu telah secara

Indonesiaku

Teddy Indra Mahesa, Pengacara Sengketa Perdata

Teddy Mahesa (Ist) Seperti diketahui bersama, upaya hukum merupakan upaya terakhir (Ultimum Remidium) dalam menyelesaikan suatu sengketa. Dengan demikian terkadang menjaga suatu sengketa agar tidak meningkat menjadi perseteruan yang panas

World Heritage

Tiga Hotel Santika Siap untuk Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016

Press Conference PATA Travel Mart 2016 di Kementerian Pariwisata (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September

SightSeeing

Kembangkan Wisata Bahari RI, Pelindo III Buat Marina di Pantai Boom

Manajemen PT Pelindo III mendukung pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi untuk mengelola kawasan wisata di Pantai Boom dengan menandatangani kerja sama dengan pemerintah daerah di ujung timur Pulau Jawa itu. “Prinsipnya

Hotel

Akses ke Danau Toba Dipermudah untuk Wisatawan

Danau Toba (Ist) Angin segar datang dari Danau Toba Sumatera Utara. Tidak lama lagi, diperkirakan akhir tahun ini, tol dari Medan-Kuala Namu ke Tebing Tinggi sudah bisa dilewati. Tentunya itu