Sinergi Madrim dengan Pemprov Jatim Promosikan UMKM di Eropa

Madrim Kusumah Andhini (kanan) (Ist)

The Brand Ambasador Indonesia Of Walonia Belgia / Puteri Galuh Pakuan; Bathari Hyang Janapati Madrim Kusumah Andhini terus berupaya membuka pintu pemasaran bagi produk-produk UKM dengan cara meng-create berbagai bentuk usaha di sejumlah negara di Asia dan Eropa, bersama Lembaga Rumah Dagang Indonesia.

Madrim yang juga Puteri Galuh Pakuan; Bathari Hyang Janapati ini menjelaskan, hasil dari lawatan dan beberapa business meeting di Eropa membawa program open market in Europe, yang merupakan salah satu program Trading House Indonesia Inc (LRDI) dari sekian banyak program bisnis yang akan dikembangkan di sana.

Madrim mengaku tidak sendiri dalam LRDI sebab dirinya bersama Ketua Umum Deibel Effendi dalam Lembaga Rumah Dagang Indonesia (LRDI). “Saya dan pak Deibel Effendi juga ada di PT Berkah Rumah Dagang Indonesia (BERDI) dengan pak Deibel Effendi sebagai direktur utama dan saya sebagai direktur global network and strategic partnership development,” tuturnya.

“Saat ini kami fokus ke Eropa dulu, yakni empat negara Eropa yang kami kunjungi saat lawatan pertama pada November dan Desember 2018 lalu, beberapa partner saat ini isap untuk menjalin kerja sama perdagangan dengan Indonesia,” ujar Madrim ketika ditemui patainanews.com di Bandung, Jawa Barat, Senin (29/7/2019).

Perempuan berparas cantik ini mengaku bersyukur pemerinntah provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) ternyata memberikan perhatian dengan merespons positif dan siap bekerja sama dengan membentuk Panitia Kerja Tetap yang serius untuk peningkatan ekspor produk UKM setempat, khususnya program tersebut yang akan dilanjutkan ke beberapa negara di Eropa Timur dan Afrika.

Madrim Kusumah Andhini (kanan) (Ist)

“Yang merespons serius adalah Pemprov Jatim. Karenanya mereka siap bersinergi untuk peningkatan pemasaran produk UKM dan komoditinya” terangnya. Ia berharap Subang bisa menjadi motor penggerak untuk di Jawa Barat dengan adannya bantuan Raja LAK Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi dan Bupati Subang Ruhimat.

“Saya harap, Raja Galuh Pakuan dan Pak Bupati Subang Ruhimat bisa menjadi motor penggerak di Jawa Barat, artinya sebagian besar produk UMKM di Jawa Barat, banyak diminati oleh pasar ekspor di Eropa,” tutur Madrim.

Madrim Kusumah Andhini (kanan) meeting di Paris (Ist)

Potensi Subang, lanjut Madrim, seperti Pelabuhan Laut Patimban, Jalan Tol dan Bandara Internasional BIJB Kertajati Majalengka menjadi penunjang utama ekspor ke Eropa, selain itu potensi UMKM seperti kerajinan kulit baik itu dari kulit buaya dan kulit ular ada di Subang, kemudian dari kabupaten lainnya seperti kulit sapi dan domba dari Garut, payung kertas dan selop dari Tasikmalaya dan banyak lagi Kabupaten Kota di Jawa Barat ini, yang memiliki potensi besar untuk diekspor. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Traveling ke Cirebon, Jangan Lupa Mengunjungi Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon

Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon (Ist) Gelap, pengap, dan menyeramkan. Itulah kesan umum tempat penyimpanan benda-benda keramat milik keraton. Namun kesan itu tak akan dijumpai saat mengunjungi Museum Pusaka Keraton

Nature

Kemewahan di Tengah Gemercik Suara Air Terjun

Air Terjun di Kawasan Wisata Gunung Salak Endah (Ist) Menikmati kemewahan di tengah kota besar, seperti Jakarta tentunya sudah tidak asing bagi sebagian orang yang dapat ditemui dengan beberapa pilihan.

Nature

Labuan Bajo Diminta Perhatikan Daya Tampung Kawasan

Labuan Bajo yang indah (Ist) Destinasi wisata Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) diminta untuk memperhatikan daya tampung atau “carrying capacity” kawasan saat mendatangkan wisatawan untuk menjaga kelestarian dalam

Nature

Tata Ruang Pengaruhi Cirebon Menjadi Kota Destinasi Wisata

Yoseph Umarhadi (kanan) (Ist) Kota Cirebon, Jawa Barat harus segera berbenah diri mengingat Kota Sedulur Kabeh ini akan menjelma menjadi kota destinasi wisata dan perdagangan. Karenanya pengaturan tata ruang kota

Culture

Selandia Baru Potensi Baru Wisman Berkualitas ke Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai Selandia Baru merupakan pasar potensial, bahkan bisa menjadi penyumbang wisatawan berkualitas untuk datang ke Tanah Air. “Wisatawan asal Selandia

Culture

Penerbangan Internasional Mulai Pindah ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Seluruh penerbangan Saudi Arabian Airlines (SV) mulai beroperasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekano-Hatta. PT JAS Airport Services (JAS) selaku penyedia jasa ground handling bagi salah satu anggota Sky Team