Siswa SMA Maluku Ikut Creativeleadership

hpn 2017

Logo Hari Pers Nasional (HPN) 2017 (Ist)

Rangkaian kegiatan pra Hari Pers Nasional (HPN) 2017 kembali dilakukan di Maluku sebagai tuan rumah HPN 2017. Kali ini, panitia HPN 2017 menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan Dasar (LDK) bagi siswa SMA se Maluku bertajuk ‘Creativeleadership’ Menuju Masa Depan Maluku Yang Gemilang.

Kegiatan ini dihadiri oleh 500 siswa SMA se Provinsi Maluku di Aula Rektorat Universitas Pattimura, Ambon, Sabtu, (21/1/2017).  Panitia HPN 2017 kembali mendatangkan motivator nasional Hery Margono dan pengusaha muda Witjaksono yang sukses di bidang perikanan.

Selama satu hari, para peserta ini akan dibekali pengetahuan tentang bagaimana membangun jiwa kepemimpinan dan jiwa kewirausahaan agar bisa menjadi generasi muda yang berkualitas demi pembangunan Maluku.

“Latihan dasar kepemimpinan ini bukan sekedar seremonial belaka. Tapi harus menjadi sebuah komitmen pelajar sebagai generasi muda yang berkualitas untuk menghadapi problem di masa depan,” kata Gubernur Maluku Said Assagaf dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Maluku Anthonius Sihaloho.

Latihan dasar kepemimpinan ini, menurut Gubernur Maluku sangat dibutuhkan untuk menjadi tameng bagi para pelajar dalam menghadapi gempuran ideologis yang dapat meruntuhkan idealisme pelajar dalam membangun bangsa.

Pemerintah Provinsi Maluku berupaya keras menggunakan berbagai metode untuk melahirkan generasi muda yang terampil, kreatif dan inovatif.

Arus globalisasi berupa materialism dan hedonisme menghadirkan fenomena sosial  yang tak bisa dihindari seperti narkoba dan seks bebas yang menjamah generasi muda.

Karenanya LDK ini diharapkan Gubernur menjadi langkah awal menumbuhkan jiwa mulia dan budi pekerti . Kepintaran dan kepandaian bukan segalanya tapi berjiwa mulia, berakhlak dan berbudi menjadi bekal utama generasi muda.

“Maluku sudah sangat terkenal dan menjadi objek pemberitaan sejak abad ke 1 masehi. Tapi apakah sumber daya manusia Maluku sudah sama terkenalnya? Jawabnya belum,” kata Gubernur dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Untuk menjawab tantangan itu, Pemerintah Provinsi Maluku telah memetakan bagaimana membangun generasi Maluku yang baik,  dengan membuat langkah-langkah strategis demi peningkatan kualitas pendidikan.

Pada saat meresmikan jembatan Merah Putih di Ambon, Presiden Jokowi memberikan dua arahan agar Maluku meningkatkan kualitas SDM.

Arahan pertama, Presiden berpesan dengan adanya kilang gas Blok Masela, masyarakat Maluku tidak hanya jadi penonton, tapi harus terlibat langsung.

Arahan kedua, Maluku harus dibangun dengan sumber daya manusia yang berkualitas. Nilai investasi Blok Masela yang sangat besar, mencapai Rp300 triliun, pemerintah Provinsi Maluku harus dapat membuat strategi mewujudkan pesan Presiden Jokowi tersebut.

Gubernur membeberkan, Pemprov Maluku memiliki dua rencana, yakni rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang. Rencana pendek, Pemprov Maluku telah menjalin kemitraan dengan Universitas Padjajaran di Bandung, untuk menyekolahkan 30 pelajar Maluku setiap tahunnya di jurusan Geologi.

Sementara rencana jangka panjangnya adalah pemerintah Maluku bersama universitas-universitas di Maluku akan mendirikan Institut Teknologi Ambon.

Dengan kehadiran Institut Teknologi Ambon, kelak para pelajar Maluku tidak perlu lagi sekolah tehnik jauh-jauh di Pulau Jawa.

“Anak-anak yang ingin ambil tehnik tak perlu lagi ke jauh-jauh, sudah ada di Ambon. Mudah-mudahan nanti sudah berdiri dapat setara dengan ITB (Institut Teknologi Bandung). Kita harapkan rencana ini bisa berjalan dengan baik,” tutup Gubernur.

Sekadar informasi, kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh Panitia HPN 2017 bertajuk ‘Creativeprenuership’ dengan peserta 1.000 mahasiswa Universitas Pattimura pada Desember tahun lalu.

Ini merupakan wujud dari komitmen panitia HPN 2017 untuk menghadirkan kemajuan di Maluku terutama pembangunan Sumber Daya Manusia di Provinsi Maluku. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Hotel

Camerons Tea, Budaya Ngeteh yang Memberdayakan Masyarakat Lokal

Camerons Tea (Ist) Camerons Tea yang ada di Pulau Dewata, Bali diketahui berupaya mengembalikan budaya ngeteh sambil happy. “Semoga budaya ngeteh bisa berkembang kembali,” kata Peni Cameron, seorang inspirational guide

Festival

Nihiwatu Membanggakan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan sambutan pada Press Conference Nihiwatu “#1 Hotel in the World” By Travel + Leisure Magazine’s bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2016) (Ist)

Slideshow

Magelang, Destinasi Wisata Spiritual

Suasana seminar Wisata Spiritual (Ist) Candi Borobudur di Magelang selama ini dikenal sebagai landmark unggulan di Jawa. Menariknya, tidak jauh dari Candi tersebut ada Gunung Tidar yang ternyata juga punya

Destinations

Bali yang Cantik Andalan Pariwisata Indonesia

Bali menjadi daya tarik utama wisatawan (Ist) Bali tak bisa dipungkiri memang sudah sangat terkenal di dunia. Dan, tak salah menyebut Pulau Dewata menjadi andalan pariwisata Indonesia guna menjaring wisatawan

Nature

Dikna Faradiba akan Juara di Miss Tourism International 2016

Putri Pariwisata 2015 Dikna Faradiba (Ist) CEO dan Founder El John Pageants Johnnie Sugiarto optimistis Putri Pariwisata 2015 Dikna Faradiba  yang mengikuti ajang Miss Tourism International 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia

SightSeeing

Pemerintah Optimistis Target 20 Juta Wisman Tercapai

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Ist) Targat kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) tahun 2019 mustahil terkejar tanpa dukungan akses. Dalam pengembangan destinasi pariwisata,