Sport Tourism Targetkan 250 Ribu Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menargetkan sport tourism atau wisata berbasis olahraga tahun ini akan mampu menarik 250 ribu wisatawan mancanegara (wisman). Hal ini disampaikan Menpar Arief saat membuka Wonderful Indonesia Golf Turnamen (WIGT) dengan shotgun bola asap di Royale Golf Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (14/7/2018).

“Proyeksi Kemenpar, sport tourism berkontribusi sebesar 1,25 persen dari 20 juta wisman. Atau sekitar 250 ribu wisman, dengan devisa sebesar 250 juta dollar,” kata Menpar Arief dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Menurut Menpar Arief, rata-rata orang berwisata 65% karena aspek budaya, 35% persen karena aspek keindahan alam dan 5% hasil buatan (man-made) yang di dalamnya termasuk sport tourism. “Golf adalah bagian dari sport tourism yang cukup efektif menarik wisman, pertumbuhannya mencapai 10 persen per tahun,” kata Menpar Arief.

Menpar Arief memaparkan golf sebagai sport tourism berdasarkan 4 unsur yaitu 4P (Product, Promotion, Price, Place). “Untuk Indonesia, product sudah bagus, price competitiveness terbaik, place juga sangat bagus. Apalagi dengan pembuktian dari Travel+Leisure yang menyatakan Jawa, Bali, Lombok sebagai The Best Islands in the World. Untuk golf sport tourism, aspek promotion yang perlu dimaksimalkan dengan mengunggulkan aspek 3P yang sudah ada,” kata Menpar Arief.

WIGT tahun ini menampilkan tema “Indonesian Mountain and Highland Tourism”. Menurut Ketua Penyelenggara, Bagus Kartika, golf sebagai olahraga rekreasi memiliki daya kuat dalam menarik wisatawan. “Ada lapangan golf berskala internasional yang menarik bagi para pemain golf untuk bermain dan bertanding di Indonesia, dengan pemandangan pegunungan yang indah,” kata Bagus.

WIGT akan digelar dalam tiga kategori, yaitu A, B, dan C Ladies Flight. WIGT 2018 juga mempromosikan sejumlah destinasi wisata gunung dan dataran tinggi, diantaranya Gunung Bromo dan Kawah Ijen di Jawa Timur, Danau Toba dan Bukittinggi di Sumatera Barat, Danau Kalimutu di Nusa Tenggara Timur, Merapi di Yogyakarta dan sejumlah destinasi wisata menarik lainnya.

“Kami berharap kegiatan ini akan menginspirasi para pelaku industri pariwisata. Khususnya menciptakan paket tour golf serupa untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia,” kata Bagus. Sebagai kegiatan amal, dana yang terkumpul dari turnamen golf ini nantinya akan digunakan untuk berbagai kegiatan sosial. Seperti kegiatan sosial yang berhubungan dengan industri pariwisata. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

Kota Tua Jakarta, Manhattan of Asia Bakal Jadi Situs Warisan Dunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja putih) dan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (jas biru) menjadi narasumber dalam diskusi Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017 di Gedung

Tourism

Bos Jababeka Tertarik Investasi di Ende untuk Kembangkan Pariwisata

Ende di Flores yang begitu indah (Ist) Pendiri dan Chairman PT Jababeka Tbk SD Darmono mengunjungi Kabupaten Ende, Flores dalam rangka peluncuran buku ‘Building A Ship While Sailing’ di Universitas

All About Indonesia

PWI Lakukan Diplomasi Pers ke China Bahas Sejumlah Isu Penting Dua Negara dan Keamanan Kawasan

Delegasi PWI ke Tiongkok (Ist) Delegasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berangkat ke Republik Rakyat China untuk melakukan serangkaian pembicaraan, baik dengan partner Persatuan Wartawan Tiongkok (All China Journalist Association/ACJA), media

Tour Package

Kemenpar Optimistis Kejar Target 4 Juta Wisatawan Melalui Wisata Bahari

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Destinasi Bahari Indroyono Soesilo (duduk) (Ist) Ketua Tim Percepatan Pengembangan Destinasi Bahari Indroyono Soesilo optimistis dapat mendatangkan 4 juta wisatawan di tahun 2019 melalui wisata bahari.

Indonesia itu Bagus

Menanti PESPARANI 2018 di Ambon

Pengurus LP3KN bertemu dengan Menteri AgamaLukman Hakim Saifuddin  beberapa waktu lalu (Ist) Apa bentuk event nasional dari umat Katolik di Indonesia dalam dalam rangka membina kerukunan dan menunjukkan bahwa bangsa

Hotel

Kementerian Pariwisata Hargai Travel Advice

Guntur Sakti (kiri) Menyikapi sejumlah peristiwa bom di Surabaya dan Sidoarjo di Jawa Timur, Kementerian Pariwisata menyampaikan belasungkawa terhadap para korban. Hingga saat ini Tim MKK (Manajemen Krisis Kepariwisataan) telah