Status Gunung Agung Tetap, Bandara Ngurah Rai Normal

WhatsApp Image 2017-10-05 at 16.17.57

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama wisaawan mancanegara di Bali (Ist)

Pulau Dewata, Bali masih tetap aman meski ada aktivitas Gunung Agung yang sempat mengeluarkan abu hitam, Selasa, 21 November 2017.

“Ya,mari kita berdoa akan situasi tetap normal dan aman,” kata Menpar Arief Yahya yang sedang kunker ke Sabang, Aceh. Seperti diketahui, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tidak mengubah status Gunung Agung. Pasca mengeluarkan abu pukul 17.05 hingga tengah malam, statusnya tidak berubah, yaitu Siaga Level III.

Menpar Arief Yahya langsung mengecek dan mengumpulkan informasi terkait aktivitas gunung yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali itu. Terutama 3A-nya, Akses, Amenitas dan Atraksinya. Ketika laporannya aman dan berjalan normal, dia pun meminta Tim Bali Tourism Hospitality (istilah lain dari Tim Crisis Center, red) untuk memantau detail 24 jam penuh.

Menpar Arief juga meminta agar koordinasi antarlembaga, pemerintah daerah, industri, dan semua stakeholder pariwisata lebih aktif lagi. “Kita tidak pernah meminta ada bencana, tetapi kita harus siap dengan semua skenarionya,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (22/11/2017).

Dia meminta agar masyarakat senantiasa mengikuti anjuran pemerintah, terutama di radius 9 km dari Gunung Agung, seperti yang pernah disampaikan beberapa waktu silam. “Buat masyarakat di manapun berada, mari kita doakan agar situasi di Bali selalu aman dan kondusif,” harapnya.

Sementara Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana mengatakan pihaknya masih terus mengumpulkan informasi terkait data aktivitas gunung tersebut. Aktivitas penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Ngurah Rai hingga kini juga masih normal.

Menurut Communication & Legal Section Head Bandara Internasional Ngurah Rai, Ahsanurrohim, belum ada satu pun gangguan penerbangan akibat letusan Gunung Agung. “Kami juga akan memantau lewat visual report dari pilot,” kata Ahsanurrohim.

Pihak Bandara Ngurah Rai memperkirakan, angin bertiup ke arah timur-tenggara. Ini sesuai prakiraan PVMBG sebelumnya yang menyatakan, jika aktivitas gunung terjadi di Oktober hingga Desember mendatang, abu cenderung ke arah timur-tenggara. Dan itu berarti aman bagi penerbangan.

Kepala Dinas Pariwisata Bali AA Gede Yiniarta Putra juga menjelaskan bahwa suasana di Bali masih normal. Wisatawan masih melakukan aktivitas liburannya seperti hari-hari biasa. “Kami berkomitmen memberikan pelayanan optimal kepada wisatawan khususnya yang terdampak Gunung Agung agar sektor pariwisata di Bali tetap berjalan secara normal,” jelas AA Gede Yuniartha Putra, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali yang seklaigus sebagai Ketua BTH. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tour Package

NTB Percaya Diri Wisman Tertarik dengan Halal Tourism

LA Hadi Faishal saat berbicara di depan para pelaku pariwisata halal Singapura di Singapura (Ist) Berbicara dalam forum promosi dan penjelasan tentang potensi pariwisata Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Slideshow

Sinergitas Kementerian demi Pariwisata Indonesia

Penandatanganan MoU antara Kemenpar dengan Kemenkumham di Ruang Rapat Menteri Pariwisata Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta (19/7/2016) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Hukum dan HAM   Yasonna

Slideshow

Terapi Bambu di Bambu Spa Kelapa Gading

Berita Foto: Bambu Spa, perawatan tubuh tradisional yang dikelola secara modern kini hadir di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Bambu Spa ikut melestarikan budaya Indonesia sebab menggunakan produk berkualitas dari kekayaan

Slideshow

Budaya Indonesia akan Diperkenalkan di Inggris

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata Guntur Sakti melepas tim Al Izhar Tim misi budaya Al Izhar Pondok Labu Jakarta, yang didukung oleh Kementerian Pariwisata akan menampilkan empat tarian di

Hotel

Menikmati Pantai Angsana yang Cantik di Tanah Bumbu

Pesona bawah laut di Karang Anjir, salah satu spot menarik melihat terumbu karang di Pantai Angsana (Ist) Pemerintah memanfaatkan momen Idul Fitri 1437 H dengan menggelar Pesona Lebaran 2016. Pemudik

SightSeeing

Mal Tetap Ramai Pengunjung dengan Acara Menarik

A Stefanus Ridwan S (ketiga dari kanan) Tak bisa dipungkiri kemajuan teknologi memberikan dampak bagi masyarakat semakin mudah membeli produk barang dan jasa tanpa harus keluar dari rumah masing-masing. Karenanya