Status Gunung Agung Turun, Bali Aman untuk Wisman

WhatsApp Image 2017-10-05 at 16.17.57

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama wisatawan mancanegara di Bali (Ist)

Status ‘Awas’ Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali turun menjadi ‘Siaga’. Dengan penurunan status tersebut para pengungsi sudah diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing, namun zona bahaya 6-7 kilometer masih berlaku bagi masyarakat dan wisatawan.

“Sesuai laporan Ka PVMBG bahwa per 16.00 WITA status Gunung Agung akan diturunkan dari status ‘Awas’ menjadi ‘Siaga’,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kepada wartawan, Minggu (29/10/2017).

Ignasius Jonan mengatakan, warga yang saat ini mengungsi dipersilakan kembali ke rumah masing-masing, mamun zona bahaya 6-7 Km masih berlaku. “Pengungsi dapat kembali ke kediaman masing-masing dengan tetap mentaati zona bahaya radius sekitar 6-7 Km ke berbagai penjuru,” imbuh Jonan.

Dengan status ‘Siaga’ tersebut direkomendasikan agar masyarakat, pendaki dan wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian, dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di dalam area kawah dan seluruh area dalam radius 6 km dari Kawah Puncak Gunung Agung dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan- Baratdaya sejauh 7.5 km.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual dan terbaru. Sementara daerah yang terdampak antara lain Dusun Br Belong, Pucang, dan Pengalusan (Desa Ban); Dusun Br Badeg Kelodan, Badeg Tengah, Badegdukuh, Telunbuana, Pura, Lebih dan Sogra (Desa Sebudi); Dusun Br. Kesimpar, Kidulingkreteg, Putung, Temukus, Besakih dan Jugul (Desa Besakih); Dusun Br. Bukitpaon dan Tanaharon (Desa Buana Giri); Dusun Br. Yehkori, Untalan, Galih dan Pesagi (Desa Jungutan); dan sebagian wilayah Desa Dukuh.

Bali Menyambut Peak Seasons
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap dengan menurunnya status Gunung Agung menjadi ‘Siaga’ akan mendorong minat wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung Bali semakin tinggi, terutama menjelang liburan akhir tahun November dan Desember 2017 hingga Januari 2018 atau saat peak seasons.

Untuk ini Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggencarkan strategi marketing dan promosi ke pasar-pasar potensial antara lain Tiongkok, Singapura, Australia Malaysia, dan Jepang sebagai top 5 market. Kegiatan promosi di antaranya dilakukan dengan menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata pengenalan (famtrip) dengan mengundang media dan tour operator dari masing-masing pasar potensial tersebut.

Famtrip oleh 9 media Tiongkok dengan mengunjungi objek wisata di Bali dalam rangka memberikan informasi yang aktual dan faktual tentang kondisi Bali pasca aktivitas Gunung Agung, untuk mencitrakan Bali yang siap menyambut kunjungan di akhir tahun serta meningkatkan kunjungan wisman dari Tiongkok. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

Menpar, Mendikbud Sepakat Tingkatkan Kualitas SDM Pariwisata

Penandatanganan MoU antara Menteri Pariwisata dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan perihal Pengembangan Kepariwisataan berbasis Pendidikan dan Kebudayaan (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Mendikbud Muhadjir Effendy sepakat berkolaborasi. Salah satunya

SightSeeing

JAS Siap Sukseskan ASIAN GAMES 2018

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Penyelenggaraan event olahraga prestisius di kawasan Asia, ASIAN GAMES 2018 di Indonesia diketahui akan melibatkan tuan rumah bersama, yakni DKI Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan.

Indonesia itu Bagus

Sedulur Jokowi Gelar Zikir dan Doa Bersama Lintas Agama untuk Kesalamatan Indonesia

Prof Paiman Raharjo (tengah) (Ist) Tragedi bertubi-tubi yang menimpa anak bangsa tak berdosa akibat ulah teroris membuat relawan Sedulur Jokowi mengelar doa bersama yang diikuti ratusan umat dari berbagai lintas

Cuisine

Long Weekend ke Tanjung Lesung Nikmati Sunset

Sunset di Tanjung Lesung (Ist) Destinasi wisata Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten tak salah menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati long weekend sebab traveler di Tanjung Lesung bisa menikmati sunset yang

All About Indonesia

Pelindo III Ajak Siswa SMA Peduli Pelabuhan di Daerah

Penyampaian materi oleh narasumber Pelindo III Goes to School (Ist) Bagaimana jika ada kapal yang mogok di pelabuhan? Bagaimana menangani kapal yang tenggelam di pelabuhan? Apa keistimewaan Pelindo ketimbang kompetitornya? Itulah

Tourism

Arab Saudi Tertarik Investasi di Tanjung Lesung

Wisatawan berkunjung di Tamjung Lesung (Ist) Perwakilan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud diketahui pada Jumat (3/3/2017) telah meninjau kawasan Tanjung Lesung, Banten terkait keinginan berinvestasi. Hal tersebut diungkapkan