Sulawesi Tenggara Gencarkan Promosi Pariwisata di Paris

Pariwisata Perancis promosi di Paris (Ist)

Sebanyak 20 tur operator Perancis akan hadir dalam acara promosi pariwisata bertajuk Célèbes Sud Est : Plongez dans l’inexploré’ pada 11 Juli mendatang bertempat di Hotel Sofitel La Defense Paris.

Kegiatan promosi yang diorganisir oleh Pemerintah Kota Kendari bekerja sama dengan Komunitas Perkotaan La Rochelle (CdA la Rochelle) Perancis selaku kota mitra sejak 2011 silam, dengan bantuan dari Kantor VITO (Visit Indonesia Tourisme Office) bertujuan memperkenalkan keunggulan Sulawesi Tenggara sebagai destinasi wisata baru di Indonesia dihadapan para tur operator Perancis.

Kegiatan promosi ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh CdA la Rochelle bagi 7 PNS (pejabat pemerintah) yang berasal dari Sulawesi Tenggara, termasuk dari Kota Kendari, yakni Zulkarnain Abdul Kadir, Walikota Kendari, Sri Lestari Kurmen, Kepala Dinas Kerajinan dan Ekonomi Kreatif Kendari, Sasriati Sulhadji Arisunggu, Direktur Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Arnas Gusri, Wakil Direktur, Dinas Pariwisata Wakatobi, La Tarima, Direktur BAPPEDA Wakatobi, Saleh Hanan, Direktur Promosi Pariwisata dan Kota Ambon diwakili Richard Luhukay, Direktur Departemen Pariwisata.

Sejak beberapa tahun terakhir, kunjungan wisatawan Perancis ke Indonesia terus meningkat dan kini sudah mulai banyak yang mencari tujuan wisata baru di Indonesia selain Bali. Sebagai salah satu destinasi wisata yang termasuk dalam 10 Bali baru, Wakatobi dan Sulawesi Tenggara secara umum bisa menjadi destinasi wisata alternatif bagi wisatawan Perancis yang ingin mengenal Indonesia lebih dalam.

Siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini menulis, Sulawesi Tenggara menawarkan beberapa situs alam yang indah, termasuk Kepulauan Wakatobi, Labengki, dan massif karst Matarombéo. Dari segi historis dan budaya, Kota Bau-Bau di Pulau Buton memiliki benteng pra-kolonial yang besar, dan Pulau Muna memiliki gua berprasejarah yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan Perancis.

Terletak di jantung kota segitiga keanekaragaman hayati, dengan dasar dan taman laut yang sangat kaya, Wakatobi yang pernah dijuluki oleh eksplorator Perancis terkenal Jacques Cousteau sebagai Nirwana bawah laut berpotensi menjadi destinasi wisata unggulan bari para penggemar selam Perancis.

Selain delegasi Indonesia, kegiatan ini menghadirkan pula sejumlah warga Perancis yang ikut serta mempromosikan Sulawesi Tenggara, diantaranya Liubov Konyashina, (hubungan internasional CdA la Rochelle) Gaetan Deltour (eksplorator Perancis dan wakil dari Lembaga Naturevolution) dan Aurore Jeannot, mahasiswi Perancis yang sedang magang di Pemkot Kendari.

Ketika membuka pertemuan, Liubov Konyashina, wakil dari CdA la Rochelle menjelaskan bahwa program pelatihan ini untuk berbagi keahlian CdA La Rochelle kepada Sulawesi Tenggara di bidang pariwisata. La Rochelle sebagai salah satu destinasi wisata ternama Perancis dengan 4 juta kunjungan wisman per tahun memiliki banyak kesamaan dengan kota Kendari.

Peluang untuk mengembangkan sektor pariwisata di Sulawesi Tenggara sangat terbuka, baik untuk wisata bahari, petualangan maupun budaya. Dari segi wisata petualangan, Gaetan Deltour menyampaikan bahwa keindahan alam di Sulawesi Tenggara sangat unik dan luar biasa.

Gaetan memperlihatkan video singkat dan memaparkan perjalanan ekpedisinya saat di Mataraombeo di Kabupeten Konawé). Sedangkan Aurore memberikan testimoni perjalanannya di pulau-pulau Labengki. Saat menutup pertemuan, Liubov Konyashina menyampaikan terima kasih kepada semua tur operator Perancis yang hadir dan berharap dapat dikembangkan penawaran-penawaran menarik bagi wisatawan Perancis. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

Pesan Mulai September, Kereta Wisata Priority akan ke Surabaya

Penumpang menikmati layanan kereta wisata Priority ke Yogyakarta (Ist) Manajemen PT Kereta Api Pariwisata memastikan meluncurkan kereta wisata Priority ke Surabaya, Jawa Timur. Hal tersebut dikatakan President Director PT Kereta

Airlines

Pentingnya Industri Penerbangan Menunjang Pariwisata Indonesia

Thomas Djamaluddin, Kepala LAPAN (kedua dari kanan) Industri penerbangan nasional tak bisa dipisahkan dari sektor pariwisata Nusantara sebab wisatawan ketika traveling ke beragam destinasi wisata yang tersebar di negeri ini

Cuisine

Magelang, Destinasi Wisata Spiritual

Suasana seminar Wisata Spiritual (Ist) Candi Borobudur di Magelang selama ini dikenal sebagai landmark unggulan di Jawa. Menariknya, tidak jauh dari Candi tersebut ada Gunung Tidar yang ternyata juga punya

Destinations

Wisata Halal Genjot Kunjungan Wisman ke Lombok

Wisatawan asing menyatu dengan masyarakat setempat di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Sejak Lombok di Nusa Tenggara Barat pada tahun lalu mencetak prestasi dunia yang membanggakan Indonesia di Abu Dhabi, Uni

Investments

Kadin Apresiasi FPMDI

Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (Ist) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan akan menyiapkan sinergitas dengan Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) menyusul hasil musyawarah dan mufakat Forum yang

Festival

Sumsel Promosi GMT 2016 di Pulau Dewata

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (tengah) didampingi President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kanan) saat press conference mengenai GMT 2016 di Palembang, Desember 2015 (Ist) Dinas