Sultra Tenun Carnaval 2018 Meriah

WhatsApp Image 2018-04-24 at 17.55.03

Sultra Tenun Carnaval 2018 yang merupakan bagian dari Halo Sultra 2018 (Ist)

Meski diguyur hujan, Sultra Tenun Carnaval 2018 tetap berlangsung meriah, Selasa (24/4)/2018. Terbukti, warga dan wisatawan tetap antusias untuk hadir. Event ini menjadi bagian dari Halo Sultra 2018.

Adapun karnaval diikuti 2.700 peserta dari 17 kabupaten serta dinas dilingkungan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Para peserta menampilkan karya dahsyat lewat racikan ide kreatif. Kerennya lagi, semua karya tidak meninggalkan nilai budaya.

“Sultra Tenun Carnaval 2018 merupakan persembahan untuk meramaikan Halo Sultra yang tahun ini dilaksanakan di Kota Kendari, 23-27 April 2018. Selain itu bertujuan untuk mengangkat Kain Tenun kebanggaan Provinsi Sultra,” ujar Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara Teguh Setyabudi dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Tampil simpel, unik, dan berkarakter, membuat para peserta begitu menawan saat berjalan di tengah keramaian pengunjung. “Halo Sultra merupakan momentum untuk membawa Provinsi Sultra ke pentas dunia. Untuk itu harus dimaksimalkan sehingga gaung dari potensi Sultra makin kencang. Selain itu, ini merupakan ajang untuk menggali kreativitas masyarakat. Sehingga, akan timbul karya-karya yang baik dari Kain Tenun Sultra,” tutur Teguh.

Keanekaragaman budaya dan agama juga ditampilkan dalam karnaval ini. Contohnya adalah saat salah satu peserta menampilkan tema Tiongkok. Lengkap dengan Barongsainya. Sedangkan pendampingnya berkostum para pemuka agama. Ini menjadi simbol betapa rukunnya kehidupan beragama di Provinsi Sultra. Ada juga aksi drum band cilik dari SD Katolik Pelangi Kendari.

Mereka melengkapi warna-warni karnawal perayaan Halo Sultra di Kota Kendari. “Nilai Pancasila dan Undang-undang Dasar tentang suku bahasa di Indonesia bisa kita lihat di karnaval ini. Karnaval ini hanya sebuah gambaran kecil ke Bhineka Tunggal Ika di Sultra. Saya bangga dengan para peserta dan panitia. Walau pun saya baru 2 bulan bertugas, tetapi saya makin mencintai Sultra, ” tegasnya.

Sementara Ketua Pelaksana Calendar of Events 2018 Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti mengapresiasi gelaran Sultra Tenun Carnaval 2018. Menurutnya, Sultra Tenun Carnaval 2018 merupakan penguatan unsur atraksi dalam pengembangan pariwisata Provinsi Sultra.

Efek domino yang ditimbulkan pun bisa panjang. Selain mengangkat pariwisata, Sultra Tenun Carnaval 2018 bisa membantu mengembangkan potensi kreativitas anak muda dalam membangun daerah. “Panitia Halo Sultra sangat jeli dalam menggelar rangkaian acara yang baik. Contohnya dengan menggelar Sultra Tenun Carnaval 2018 untuk meramaikan Halo Sultra. Selain itu ini menjadi wadah kreativitas. Artinya, mereka tidak hanya menampilkan desain pakaian yang, namun juga sebagai penyampai pesan budaya dan sejarah. Dari Sultra untuk dunia,” ujar Esthy yang juga Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar itu.

Apresiasi juga diberikan Asisten Deputi Pemasaran Area II Regional III Ricky Fauzi. “Kemasan sangat bagus. Tak heran even ini mampu menghadirkan banyak pengunjung. Halo Sultra juga digelar konsisten oleh pemerintah daerah. Gelaran ini layak diapresiasi,” paparnya.

Menpar Arief Yahya turut memberikan penilaian. Bagi Marketeer of The Year 2013 versi MarkPlus itu, Sultra Tenun Carnaval menjadi salah satu kekayaan parade karnaval di Indonesia. Karenanya Sultra Tenun Carnaval diyakini bisa menjadi jembatan antara kesenian tradisional dengan modern. Menpar pun berharap kreasi Sultra Tenun Carnaval juga bisa lebih diterima di panggung internasional.

“Kalau soal kreasi kostum karnaval, Indonesia memang juara. Dari Jember Carnival, Banyuwangi Ethno Carnival, Malang Carnival, Batik Solo Carnival, nama-namanya sudah mendunia. Sultra Tenun Carnaval harus bisa menjadi salah satu karnaval berlevel global, yang nantinya juga akan mengangkat nama Halo Sultra serta pariwisata Sultra,” ujar Menpar. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Nature

PATA Indonesia Chapter Dorong Pariwisata Cirebon ke Mancanegara

Poernomo Siswoprasetijo membubuhkan tanda tangan dalam MoU PATA Indonesia Chapter dgn WWF Indonesia (Ist) Potensi pariwisata yang ada di Cirebon, Jawa Barat selama ini diketahui begitu besar. Namun, terkesan masih

Festival

Perayaan Natal Bersama Discovery Hotels & Resorts

Christmas Eve Buffet di Hotel Borobudur Jakarta (Ist) Pada Desember 2015 yang penuh dengan suka cita, Discovery Hotels & Resorts merayakan Natal dengan menawarkan berbagai macam acara kepada para tamu.

All About Indonesia

Dukung HPN 2017, Kemenpar Gelar Pameran dengan Dua Tema Berkelas

Logo HPN 2017 (Ist) Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yang akan dilaksanakan di Ambon, Maluku pada 4 Februari hingga 10 Februari mendatang sepertinya akan semakin bertambah meriah. Itu setelah Kementerian

Indonesiaku

Wajah Menawan di Balik Tumpukan Barang Bekas

Berita Foto: Perempuan muda ini terlihat lagi sibuk. Ia tampak tak segan mengulurkan tangan membantu sesama. Terlihat dirinya yang berparas menawan, wanita ini dengan sigap menolong orang lain yang membutuhkan.

Slideshow

Kaltara Gandeng PATA Indonesia Promosikan Pariwisata

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie dan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo berjabat tangan dalam acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) (Ist)  Pemerintah provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggandeng PATA Indonesia Chapter untuk

Tour Package

Dari Lembata Nusa Tenggara Timur Membangun Potensi Maritim Nusantara

Launching Hari Nusantara 2016 (Ist) Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya meluncurkan Hari Nusantara 2016 di Balairung Soesilo