Sulut Serius Tingkatkan Kunjungan Wisman

sulut

Gubernur Sulut Olly Dondokambey (kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya (Ist)

Sebagai upaya mendongkrak potensi pariwisata Sulawesi Utara, Kementerian Perhubungan bersama pemerintah provinsi Sulawesi Utara berkomitmen mengembangkan infrastrukur transportas,i yaitu di Bandara Miangas, Bandara Samratulangi, dan Pelabuhan Bitung.

Komitmen untuk mengembangkan dua bandara dan satu pelabuhan tersebut dituangkan dalam sebuah kesepakatan bersama yang ditandatangani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Rabu (5/10/2016) di Bandara Samratulangi, Manado.

“Poin utama dari kesepakatan ini adalah menunjukkan bahwa Pemerintah Pusat sangat concern dengan Provinsi Sulawesi Utara karena potensinya yang sangat luar biasa,” jelas Menhub Budi Karya usai menandatangani kesepakatan.

Menurutnya, Sulawesi Utara memiliki potensi untuk menarik wisatawan asing, untuk itu pengembangan di sektor transportasi diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan asing.

Menhub mengatakan, beberapa pengembangan akan dilakukan di Bandara Miangas, Samratulangi dan Pelabuhan Bitung. “Miangas itu pulau terluar, penting untuk kita jaga teritorialnya dan kita perhatikan. Makanya kita adakan penerbangan perintis kesana. Untuk investasinya, kita akan tambah inevestasi sekitar 100 miliar untuk perbaikan Bandara Miangas,” ujar Menhub Budi Karya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

“Sementara untuk bandara Sam Ratulangi, saya meminta kepada pihak PT Angkasa Pura I untuk memperbaiki kualitas agar lebih baik lagi. Investasinya sekitar 400 miliar untuk pengembangan Bandara Sam Ratulangi,” jelasnya lagi.

Sedangkan untuk pengembangan pelabuhan Bitung, Menhub mengatakan akan memprioritaskan pengembangan pelabuhan dengan membuka peluang investasi baik dari luar maupun dalam negeri.

Karenanya ia meminta Pemprov Sulut untuk segera menyelesaikan masalah pembebasan lahan dan masterplan pelabuhannya untuk menyiapkan jika ada investor yang berminat mengembangkan pelabuhan.

Sulut Targetkan Peningkatan Jumlah Wisatawan
Pemprov Sulut menargetkan kunjungan wisatawan menjadi 700.00 wisatawan pertahunnya. Sementara Kementerian Pariwisata telah menargetkan pada 2019 mendatang, jumlah wisatawan asing yang datang ke Indonesia berjumlah 20 juta wisatawan.

“Jika di sini bisa mencapai target 700.000 wisatawan, itu berarti sudah 3 persen dari 20 juta wisatawan yang ditargetkan. Itu suatu angka yang besar,” ucap Menhub.

“Untuk itu kepada Pemprov, saya minta ciptakanlah kegiatan ekonomi di sini. Dengan adanya hal itu akan menarik wisatawan. Semakin banyak penerbangan, maka (tarifnya) akan menjadi murah,” tuturnya lagi.

Menhub mengatakan, beberapa wisatawan yang potensial datang mengunjungi Sulut diantaranya wisatawan dari Singapura, Malaysia, Jepang, dan Korea Selatan.

“Ada rencana kami untuk membuka penerbangan dengan dari luar seperti Tiongkok-Sulawesi Utara-Solo agar wisatawan yang masuk ke Sulawesi Utara tidak terhenti sampai disini tetapi dapat melanjutkan perjalanan wisata ke Lombok, Bali, Yogya, dan Solo misalnya. Hal Itu juga dapat membuat wisatawan memperpanjang kunjungannya atau long stay dua tiga hari, ” ujar Budi Karya.

Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey usai menandatangani kesepakatan mengatakan bahwa daya tarik provinsi Sulut ada pada pariwisatanya.

Untuk itu pihaknya telah menyiapkan berbagai pengembangan infrastruktur seperti transportasi dan akmodasi seperti penginapan.
“Potensi utama disini adalah pada perikanan dan pariwisatanya. Ada budaya yang sangat unik di sini, yaitu budaya Mani’e. Dimana pada suatu waktu, masyarakat dapat menangkap ikan tanpa perlu menggunakan perahu ke tengah laut, tapi ikannya yang datang ke pinggir. Tidak hanya satu ikan. Tapi banyak. Itu salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan,” ujarnya.

Usai acara penandatanganan kesepakatan di Manado, Menhub melanjutkan perjalanannya menuju pulau Miangas dan Natuna. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

SDM Pariwisata Siap Hadapi MEA

Pariwisata Indonesia akan semakin berkembang sebas SDM di sektor pariwisata siap menghadapi MEA yang akan berdampak positif terhadap kunjungan turs asing, termasuk ke Bali untuk melihat pesona budaya dan destinasi

Slideshow

Jogja Fashion Rendezvous 2017 akan Sukses

JFR 2017 (Ist) Penyelenggaraan Jogja Fashion Rendezvous (JFR) 2017 sudah di depan mata. Event besar yang beruapaya membawa Yogyakarta juga menuju destinasi wisata fashion di Indonesia sebab Jogja Fashion Rendzvous (JFR)

SightSeeing

Menteri Pariwisata Dukung Event Lokal Pariwisata di Selat Sunda

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjanjikan dukungan dalam penyelenggaraan event lokal pariwisata yang berlangsung di Selat Sunda. Menteri Pariwisata Arief saat dialog terkait pariwisata pada

Destinations

Gelar Pesona Khazanah Ramadan, NTB Bidik 5 Negara

Launching Pesona Khazanah Ramadan NTB (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mendukung upaya pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mengincar potensi kunjungan wisatawan mancanegara dari tiga negeri jiran ketika menggelar

Travel Operator

Pesona Kota Lama Semarang Menarik Wisatawan

Press Conference Indonesia Travel Mart 2017 (Ist) Semarang di Jawa Tengah termasuk dalam 10 Bali Baru, yakni Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) dan begitu banyak potensi pariwisata yang tersebar di Ibu

Destinations

Danau Toba Miliki Toilet Berkelas Bintang Lima

Toilet Bersih Bintang Lima di sekitar kawasan wisata Danau Toba (Ist) Toilet di sekitar destinasi Danau Toba sudah mulai berubah wajah. Pengolahan waste–nya menggunakan biotank yang ramah lingkungan. Kompositnya ditata