Sumsel Incar Turis Tiongkok

irene

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kaca mata) berpose bersama wartawan di Palembang (Ist)

Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sadar begitu besar potensi wisatawan Tiongkok yang suka jalan-jalan keliling dunia, termasuk ke Indonesia.

Ya, turis asal Tiongkok diketahui sebanyak 100 juta warga Negeri Tirai Bambu ini yang setiap tahun kerap berlibur ke luar negeri. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga menjelaskan, Sumsel berani membidik wisatawan Tingkok lantaran Bumi Sriwijaya ini memiliki kedekatan secara historis yang ditandai adanya beberapa lokasi wisata berlatar budaya negara Tirai Bambu itu.

“Pulau Kemaro selalu dipadati ribuan warga keturunan Tionghoa untuk merayakan Imlek karena ada Kelenteng Hok Tjing Rio dan berkembangnya legenda cari jodoh. Ini contohnya,” katanya.

Untuk itu, menurut Irene, saat ini Pemprov Sumsel tengah menggencarkan promosi wisata jalur sutra perjalanan Laksamana Cheng Ho.

Perempuan berparas manis ini menuturkan bahwa promosi itu dilakukan dengan mengunjungi kedutaan dan biro perjalanan untuk menginformasikan mengenai paket wisata jalur sutra ini.

Ia menerangkan, pada tahun ini Sumsel menargetkan jumlah kunjungan wisatawan China naik 10 persen dari capaian tahun 2014 silam, yakni berkisar 8.000 orang.

“Hampir seluruh negara di Asia membidik wisatawan asal Tiongkok tapi Kota Palembang memiliki daya tarik sendiri karena dalam sejarah disebutkan menjadi tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho hingga tiga kali,” tuturnya.

Adapun Kota Palembang memiliki sejumlah potensi wisata, yakni wisata religi, wisata kuliner, wisata belanja, dan wisata sejarah.

Pemprov Sumsel menargetkan peningkatan jumlah wisatawan sebanyak 10 persen pada tahun ini setelah pada 2015 lalu mencapai 5.753.280 wisatawan.

Sedangkan wisatawan mancanegara berjumlah 48.321 orang atau naik 49,30 persen dari tahun 2014 yakni 32.365 wisman. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Festival Tanjung Lesung 2019 Ada Rhino Cross Triathlon

Press conference Festival Tanjung Lesung 2019 Kementerian Pariwisata bersama Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan PT Banten West Java sebagai pengelola KEK Pariwisata Tanjung Lesung akan kembali menggelar Festival

All About Indonesia

Pelindo III Goes to Campus

Pelindo III Goes to Campus di Universitas Mataram (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III kembali menggelar program Pelindo III Goes to Campus di Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat (26/8/2016)

Travel Operator

The World is in Our Hand

S Seminar bertajuk The Power of Guerilla Tourism & Hospitality Networking yang diselenggarakan TTC Travel Mart di Jakarta, Sabtu (10/12/2016) (Ist) Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, tak bisa dipungkiri

Airlines

Wonderful Indonesia Eksis di ITB Berlin

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan Presiden Direktur PT Banten West Java Poernomo Siswoprasetijo di ITB Berlin (Ist) Wonderful Indonesia kembali tampil di Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman. Pameran

Tourism

Mengenal Batik Kebanggaan Indonesia

Batik Lindy Ann (Ist) Selamat Hari Batik Nasional. Itu yang terlihat di media sosial, seperti facebook pada hari ini. Tak salah memang setiap 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Slideshow

‘Melalui KRIJA Indonesia, Turis Malaysia akan Jalan-Jalan ke Nusantara’

KRIJA Indonesia, boneka yang menggunakan pakaian adat khas Nusantara (Ist) Enny Kwan, pemilik Red Cherry Clay & Art Workshop menyatakan bahwa melalui KRIJA Indonesia, tak menutup kemungkinan turis asal negeri jiran,