Sumsel Optimistis Turis Tiongkok Jalan-Jalan ke Palembang

irene

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kaca mata) berpose bersama wartawan (Ist)

Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) optimistis turis asal Tiongkok akan semakin banyak berkunjung ke Bumi Sriwijaya sebab Sumsel, khususnya Palembang lantaran adanya kedekatan historis dengan Negeri Tirai Bambu.

Pemprov Sumsel pun sadar begitu besar potensi wisatawan dari Tiongkok yang suka jalan-jalan keliling dunia, termasuk ke Indonesia.

Ya, turis asal Tiongkok diketahui sebanyak 100 juta warga Negeri Tirai Bambu ini yang setiap tahun kerap berlibur ke luar negeri. Menariknya Sumsel pun tidak mau ketinggalan mengincar wisatawan asal Tiongkok untuk berkunjung ke Bumi Sriwijaya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga menjelaskan, Wayang Palembang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatwan asal Tiongkok untuk berkunjung ke Bumi Sriwijaya.

“Sumsel berani membidik wisatawan Tingkok lantaran Bumi Sriwijaya ini memiliki kedekatan secara historis yang ditandai adanya beberapa lokasi wisata berlatar budaya negara Tirai Bambu itu,” paparnya ketika dihubungi patainanews.com, Selasa (6/9/2016).

Ia menjelaskan, pasar turis asal Tiongkok itu wisata pantai, wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah, dan lainnya. Sementara yang ada di Palembang saat ini wisata Sungai Musi, wisata kuliner, dan cinderamata.

“Masih ada yang sama apa yang kami miliki dengan apa yang disukai turis Tiongkok,” katanya. Menariknya masih ada event kirab budaya, dan Cap Go Meh yang menjadi daya tarik bagi turis asal Tiongkok untuk datang ke Palembang. 

“Pulau Kemaro selalu dipadati ribuan warga keturunan Tionghoa untuk merayakan Imlek karena ada Kelenteng Hok Tjing Rio dan berkembangnya legenda cari jodoh. Ini contohnya,” katanya.

Untuk itu, menurut Irene, saat ini Pemprov Sumsel tengah menggencarkan promosi wisata jalur sutra perjalanan Laksamana Cheng Ho.

Perempuan berparas manis ini menuturkan bahwa promosi itu dilakukan dengan mengunjungi kedutaan dan biro perjalanan untuk menginformasikan mengenai paket wisata jalur sutra ini.

Ia menerangkan, pada tahun ini Sumsel menargetkan jumlah kunjungan wisatawan China naik 10 persen dari capaian tahun 2014 silam, yakni berkisar 8.000 orang.

“Hampir seluruh negara di Asia membidik wisatawan asal Tiongkok tapi Kota Palembang memiliki daya tarik sendiri karena dalam sejarah disebutkan menjadi tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho hingga tiga kali,” tuturnya.

Adapun Kota Palembang memiliki sejumlah potensi wisata, yakni wisata religi, wisata kuliner, wisata belanja, dan wisata sejarah.

Ya, Pemprov Sumsel menargetkan peningkatan jumlah wisatawan sebanyak 10 persen pada tahun ini setelah pada 2015 lalu mencapai 5.753.280 wisatawan.

Sedangkan wisatawan mancanegara berjumlah 48.321 orang atau naik 49,30 persen dari tahun 2014 yakni 32.365 wisman. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Menyusuri Tanjung Lesung di Sore Hari

Sore hari di Tanjung Lesung (Ist) Destinasi wisata Tanjung Lesung seakan memanjakan wisatawan ketika mereka berkunjung ke destinasi wisata yang terletak di Pandeglang, Banten. Ya, traveler selama ada di destinasi

Tour Package

‘Masyarakat Perancis semakin Mengenal dan Mencintai Indonesia’

Presiden Jokowi di Mandalika, Lombok (Ist) Seperti tahun-tahun sebelumnya, KJRI Marseille di Perancis kembali mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Indonesia melalui partisipasinya dalam pameran pariwisata internasional terbesar di Perancis selatan, Salon

Tourism

19 Perusahaan Official Partner Wonderful Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya foto bersama dengan perusahan yang menadi offical partner Wonerful Indonesia (Ist) Tercatat ada 19 perusahaan tercatat resmi menjadi official partner Wonderful Indonesia. Keberadaan 19 perusahan itu

SightSeeing

Kalsel Diminta Tetapkan Ikon Destinasi Wisata Unggulan

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diminta untuk segera menetapkan ikon destinasi wisata unggulan untuk mempermudah upaya promosi sehingga lebih dikenal wisatawan. Dalam kunjungan kerja ke Banjarmasin

Tourism

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan akan Branding ASIAN GAMES 2018

ASIAN GAMES 2018 di Jakarta dan Palembang (Ist) Karnawal Kemerdekaan Peosna Parahyangan HUT RI ke-72 di Bandung, Jawa Barat pada akhir pekan, Sabtu (26/8/2017) yang akan dihadiri Presiden Jokowi dan

Cuisine

Kopi Indonesia Berkibar di Eropa

Madrim Kusumah Andhini (Ist) Indonesia diminati wisatawan asing tak hanya sebatas keindahan alam saja, namun kekayaan kuliner negeri ini juga membuat lidah warga dunia ingin terus mencoba yang khas Nusantara.