Sumsel Optimistis Turis Tiongkok Jalan-Jalan ke Palembang

irene

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kaca mata) berpose bersama wartawan (Ist)

Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) optimistis turis asal Tiongkok akan semakin banyak berkunjung ke Bumi Sriwijaya sebab Sumsel, khususnya Palembang lantaran adanya kedekatan historis dengan Negeri Tirai Bambu.

Pemprov Sumsel pun sadar begitu besar potensi wisatawan dari Tiongkok yang suka jalan-jalan keliling dunia, termasuk ke Indonesia.

Ya, turis asal Tiongkok diketahui sebanyak 100 juta warga Negeri Tirai Bambu ini yang setiap tahun kerap berlibur ke luar negeri. Menariknya Sumsel pun tidak mau ketinggalan mengincar wisatawan asal Tiongkok untuk berkunjung ke Bumi Sriwijaya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga menjelaskan, Wayang Palembang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatwan asal Tiongkok untuk berkunjung ke Bumi Sriwijaya.

“Sumsel berani membidik wisatawan Tingkok lantaran Bumi Sriwijaya ini memiliki kedekatan secara historis yang ditandai adanya beberapa lokasi wisata berlatar budaya negara Tirai Bambu itu,” paparnya ketika dihubungi patainanews.com, Selasa (6/9/2016).

Ia menjelaskan, pasar turis asal Tiongkok itu wisata pantai, wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah, dan lainnya. Sementara yang ada di Palembang saat ini wisata Sungai Musi, wisata kuliner, dan cinderamata.

“Masih ada yang sama apa yang kami miliki dengan apa yang disukai turis Tiongkok,” katanya. Menariknya masih ada event kirab budaya, dan Cap Go Meh yang menjadi daya tarik bagi turis asal Tiongkok untuk datang ke Palembang. 

“Pulau Kemaro selalu dipadati ribuan warga keturunan Tionghoa untuk merayakan Imlek karena ada Kelenteng Hok Tjing Rio dan berkembangnya legenda cari jodoh. Ini contohnya,” katanya.

Untuk itu, menurut Irene, saat ini Pemprov Sumsel tengah menggencarkan promosi wisata jalur sutra perjalanan Laksamana Cheng Ho.

Perempuan berparas manis ini menuturkan bahwa promosi itu dilakukan dengan mengunjungi kedutaan dan biro perjalanan untuk menginformasikan mengenai paket wisata jalur sutra ini.

Ia menerangkan, pada tahun ini Sumsel menargetkan jumlah kunjungan wisatawan China naik 10 persen dari capaian tahun 2014 silam, yakni berkisar 8.000 orang.

“Hampir seluruh negara di Asia membidik wisatawan asal Tiongkok tapi Kota Palembang memiliki daya tarik sendiri karena dalam sejarah disebutkan menjadi tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho hingga tiga kali,” tuturnya.

Adapun Kota Palembang memiliki sejumlah potensi wisata, yakni wisata religi, wisata kuliner, wisata belanja, dan wisata sejarah.

Ya, Pemprov Sumsel menargetkan peningkatan jumlah wisatawan sebanyak 10 persen pada tahun ini setelah pada 2015 lalu mencapai 5.753.280 wisatawan.

Sedangkan wisatawan mancanegara berjumlah 48.321 orang atau naik 49,30 persen dari tahun 2014 yakni 32.365 wisman. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

World Heritage

Wonderful Tanjung Lesung

Tanjung Lesung mendukung Post Tour AJTM ke TMII (Ist) Tanjung Lesung, Banten, destinasi wisata di Indonesia yang termasuk 10 Bali baru diperkirakan akan semakin dikenal di dunia, khususnya Eropa lantaran

Heritage

Garuda Layani Singapura-Medan Genjot Wisman

Pesawat Garuda Indonesia (Ist) Setelah sempat diberhentikan pada 2002, manajemen PT Garuda Indonesia memutuskan kembali membuka rute Singapura-Medan terhitung mulai esok (Selasa, 14/6/2016). Untuk awal, maskapai penerbangan pelat merah tersebut

Heritage

Perlukah Promosi Wisata Gunung Agung?

BNPB mengamati Gunung Agung (Ist) Tanah belum lagi terang ketika kami mulai keluar dari penginapan. “Kita harus berangkat pagi kalau mau dapat foto Gunung Agung yang bagus,” kata Andri Cipto

Destinations

Menikmati dan Merawat Wisata Bahari

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (batik biru) menjadi narasumber dalam acara WWF Indonesia (Ist) Wisata bahari di Nusantara rupanya beragam. Tak hanya sebatas diving, snorkeling, dan lainnya namun juga

Slideshow

ASITA Jakarta Dukung Lampung Promosi Pariwisata

Ninik Irawan (kedua dari kanan) (Ist) ASITA Jakarta mendukung penuh upaya pemerintah daerah Lampung mempromosikan beragam destinasi yang tersebar di Lampung sehingga semakin banyak wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara yang

Festival

Long Weekend Tanjung Lesung Penuh Wisatawan

Di Tanjung Lesung, wisatawan juga bisa menikmati wisata bahari, seperti diving (Ist) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, Banten tidak berbeda dengan destinasi wisata lain di Tanah Air. Penuh,