Sumsel sebagai Center of Excellence Wisata Olahraga

Menteri Pariwisata Arief Yahya (berdiri) (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menetapkan Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai Pusat Layanan Unggulan atau Center of Excellence wisata olahraga di Indonesia.

Menpar Arief Yahya dalam Seminar Nasional bertema Kinerja Pemerintahan 4 Tahun Jokowi-Jusuf Kalla di Auditorium Gedung Griya, Universitas Sriwijaya, Palembang, Rabu (6/2/2019), mengatakan Provinsi Sumsel telah memenuhi kriteria untuk menjadi pusat layanan unggulan bagi penerapan wisata olahraga yang berhasil.

“Kalau bunga sudah berkembang
Kumbang kumbang ikut bahagia,
Mimpi saya untuk Palembang
Jadi center of excelence sport tourism di Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya seraya berpantun di depan hadirin dan ratusan mahasiswa Universitas Sriwijaya.

Arief Yahya menambahkan, penetapan Provinsi Sumsel sebagai Pusat Layanan Unggulan Wisata Olahraga dilakukan dengan mempertimbangkan keberhasilannya dalam menggelar berbagai event olahraga berkelas dunia.

Tercatat Sumsel telah sukses menjadi tuan rumah ajang olahraga dari nasional, regional, hingga internasional di antaranya Sea Games 2011, Asian Games 2018, Musi Triboatton, Turnamen Sepak Bola Internasional, Beach Volley se Asia Pacific, Asian Triathlon 2017. Bahkan, rencananya Sumsel juga akan menjadi lokasi penyelenggaraan ajang balap motor bergengsi MotoGP.

Di sisi lain, Palembang juga telah memiliki infrastruktur pendukung berupa Stadion Jakabaring. “Saya juga menginginkan Sumsel jadi center of excellence sport tourism di Indonesia karena Palembang punya Jaka Baring,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Karenanya sebagai tindak lanjut di perguruan tinggi pariwisata setempat yakni Poltekpar Palembang akan mulai dirintis pembentukan Center of Excellence Sport Tourism Indonesia.

“Di Poltekpar Palembang nanti akan kita buat khusus center of excellence sport tourism untuk Indonesia yang dikembangkan di Sumatera Selatan,” katanya.

Hal itu dikatakannya sebagai langkah untuk menggali potensi wisata olahraga sebagai daya tarik sebuah destinasi.

“Konsep wisata olahraga merupakan ide cemerlang untuk menggali potensi pariwisata. Terlebih bila diikuti dengan digital. Bisnis sekarang dengan ‘value’ terbesar adalah bisnis digital,” katanya. (Gabriel Bobby

About author



You might also like

SightSeeing

Gotrasawala West Java Cultural & Performing Arts Festival

Berita Foto Gotrasawala West Java Cultural & Performing Arts Festival (Ist)

Cuisine

Tour Guide Jadi Turis

Kegiatan tour guide jadi turis (Ist) Sebuah pengalaman langka bagi rmereka tour guide desa wisata Sade, Ende dan Setanggor, Nusa Tenggara Barat (NTB) ketika satu waktu mereka menjadi seorang wisatawan.

SightSeeing

Menyatu dengan Puncak B29, Negeri di Atas Awan Bromo Tengger Semeru

Wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) berfoto bersama di Puncak B29 (Ist) Menyatu dengan alam yang indah, melestarikan budaya khas Nusantara, dan menjaga kearifan lokal ada di Indonesia

Heritage

Promosikan Potensi Pariwisata Gorontalo, Pemprov Gorontalo Gandeng PATA Indonesia

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kiri) dan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo Pemerintah provinsi Gorontalo diketahui terus mengembangkan dan mempromosikan potensi pariwisata yang ada sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Maka

Hotel

Membangun Hotel Syariah untuk Wisatawan di Lombok

Hotel Syariah Solo Indonesia selama ini menjadi destinasi favorit wisatawan asing untuk menghabiskan waktu libur mereka. Ya, wisatawan mancanegara betah tinggal di suatu tempat menarik. Tak hanya satu hari, malah

Nature

Sumsel Menuju Destinasi Sport Tourism

Seorang anak kecil yang merupakan warga Tanjung Raya, Empat Lawang tampak antusias melihat persiapan peserta menjelang pembukaan Etape I International Musi Triboatton 2016 Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mampu menjawab