Svarna Archipelago

lindy ann batik

Lindy Ann (tengah) dalam JFW 2015 (Ist)

Pencinta fesyen di Indonesia berkumpul lagi di Yogyakarta. Pagelaran Jogja Fashion Week (JFW) 2015 yang merupakan acara tahunan menjadi sarana berkumpulnya pencinta fesyen di Tanah Air pada tahun ini terasa istimewa lantaran perhelatan kegiatan ini sudah mencapai 10 tahun eksistensi dan kontribusi kepada pencinta fesyen di dalam negeri, bahkan hingga ke luar negeri.

Pada kesempatan ini, JFW 2015 mengusung tema ‘Svarna Archipelago’ untuk menunjukkan satu dasawarsa eksistensi dan kontribusinya kepada pencinta fashion.

Svarna Archipelago merupakan bentuk implementasi kekayaan kepulauan di Indonesia serta budaya di dalamnya untuk kemudian dituangkan ke ranah fesyen.

Adapun JFW 2015 digelar di Jogja Expo Center pada 26 hingga 30 Agustus mendatang. Selama ini Yogyakarta menjadi kota batik dunia sehungga sangat berpotensi menjadi pusat fesyen yang mempunyai nuansa kekayaan tradisional yang sangat kental.

Dengan mengangkat produk dalam negeri dan mengacu kepada selera global dapat mengeksplorasi lebih banyak wastra Nusantara dan kekayaan daerah menjadi sumber inspirasi utama dalam berbusana.

Harapan JFW 2015 dapat menginspirasi insan mode untuk berkreasi lebih intens dengan acuan budaya Indonesia untuk bisa diterima di pasar global. Selain itu JFW 2015 juga dapat menjadikan industri fesyen berkembang lebih besar sehingga membantu program pemerintah untuk mengangkat perekonomian rakyat negeri ini untuk bisa menjadi lebih baik.

Aksi Menawan The Golden Route

Nantinya fesyen tidak hanya sebuah gaya hidup, namun lebih ke skala industri bisnis.  Dalam JFW kali ini menghadirkan pula desainer asal Jerman bernama Helmut Brunel.

Dan, Lindy Ann Umarhadi menyadari pentingnya JFW 2015 sebagai cara semakin memperkenalkan batik yang merupakan bagian wastra Indonesia untuk terus dipertahankan banyak orang sebagai kebanggaan akan negeri ini.

Sebagaimana diketahui batik yang telah secara resmi diakui UNESCO dengan dimasukkan ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia sepertinya terus meningkat peminatnya lantaran kian bertumbuh perancang busana yang menyukai wastra tradisional ini.

Ya, Lindy Ann Umarhadi yang dikenal sebagai perancang busana etnik di Tanah Air mengaku bahwa dirinya serius menyiapkan koleksi yang mengambil inspirasi dari masa keemasan dan keagungan kerajaan di Jawa dan Bali untuk mengikuti Jogja Fashion Week (JFW) 2015.

“Saya menampilkan koleksi yang bertema ‘The Golden Route’, mengambil inspirasi dari masa keemasan dan keagungan kerajaan pulau Jawa dan Bali,” ucapnya kepada patainanews.com di Jogja Expo Center Yogyakarta, Rabu (26/8/2015).

Adapun koleksi Lindy Ann tampil dalam mini show Delicate Glam bersama sejumlah perancang busana lainnya. Lindy menjelaskan bahwa dirinya merencanakan pada November mendatang akan tampil di luar negeri, di Ceko.

“Sebelum ke luar negeri, saya juga merencanakan akan mengikuti sejumlah kegiatan lainnya di Indonesia,” ungkapnya. Ia menargetkan tahun depan sudah bisa mengikuti Indonesia Fashion Week. (Gabriel Bobby)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About author



You might also like

Tourism

Nostalgia Kue Cubit di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Kue Cubit (Ist) Ingatkah Anda si Kue Cubit? Putar kembali ke masa-masa sekolah dengan menikmati jajanan mungil ini. Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, khususnya yang menetap

Tourism

Bersama Ridwan Kamil, Batik Fractal Dukung Perjuangan Angklung ke Eropa

Presiden Jokowi ketika mengunjungi booth Batik Fractal di Bandung (Ist) Sebuah film drama layar lebar tentang perjalanan grup angklung sekolah yang melakukan misi kebudayaan ke Eropa. Misi tersebut berubah menjadi mission

Nature

Lampung Selatan Siap Jadi KEK Pariwisata

Launching Lampung Krakatau Festival 2017 (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus mendorong setiap daerah untuk mengembangkan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata. Sebelumnya sudah ada dua provinsi yang mengusulkan KEK, yaitu Jawa Barat

Festival

Hotel Horison NJ Semarang Buka Puasa Bersama Anak Jalanan

Berita Foto: Kolaborasi GSP dan Hotel Horison NJ Semarang buka puasa bersama on the street di Taman Srigunting Kota Lama, Semarang bersama kaum dhuafa dan anak jalanan, Sabtu (3/6/2017) (Ist)

Slideshow

Astindo Jakarta Gencar Promosikan AJTF 2016

Ninik Irawan, Sekretaris DPP Astindo Jakarta (kanan) (Ist) Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Astindo Jakarta gencar mempromosikan penyelenggaraan Astindo Jakarta Travel Fair (AJTF) 2016. Demikian dikatakan Ninik Irawan, Sekretaris DPP Astindo

Indonesiaku

Sedulur Jokowi Ingatkan Amien Rais Berhenti Membuat Gaduh

Prof Dr Paiman Raharjo, Ketua Umum Sedulur Jokowi (Ist) Relawan Sedulur Jokowi mengingatkan Amien Rais agar berhenti membuat kegaduhan di negeri ini. Ketua Umum Sedulur Jokowi Prof Dr Paman Raharjo