Tanjung Lesung, Destinasi Wisata Unggulan

golf di TL

Lapangan Golf di Tanjung Lesung direncanakan mulai akhir bulan ini sudah bisa dipakai (Ist)

Indonesia memang tak terbantahkan kaya akan destinasi wisata. Bahkan, negeri ini memiliki kekayaan potensi wisata yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini sehingga banyak wisatawan mancanegara yang tertarik berkunjung ke Indonesia.

Salah satunya di Tanjung Lesung, Banten. Manjemen PT Banten West Java Tourism Development Corporation (BWJ) adalah pengelola Tanjung Lesung yang memiliki total luas lahan 1500 ha.

Pada 2011 silam, BWJ resmi diakuisisi oleh PT Jababeka Tbk sebagai bagian dari strategi jangka panjang Jababeka untuk membangun 100 kota mandiri di Indonesia.

Adapun Tanjung Lesung ditetapkan pemerintah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada 2012 lalu melalui Peraturan Pemerintah (PP) No 26/2012.

Kemudian Presiden RI Jokowi meresmikan beroperasinya KEK Tanjung Lesung pada 23 Februari 2015. Presiden pun menginstruksikan segera dibangunnya jalan tol Serang-Panimbang sepanjang 83 KM yang ditargetkan selesai dalam tiga tahun.

Saat ini Tanjung Lesung telah mampu mendatangkan sekitar 250.000 wisatawan asing dan domestik setiap tahunnya. Wisatawan asing asal Eropa, terutama asal Belanda dan Jerman mendominasi kunujungan wisatawan mancanegara ke Tanjung Lesung.

Selain itu, Tanjung Lesung juga digemari oleh wisatawan Asia, terutama dari Jepang, Singapura, Malaysia, dan Korea Selatan. Dan pada 27 November 2015, Menteri Pariwisata Arief Yahya menetapkan Tanjung Lesung sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata unggulan baru di Indonesia yang merupakan Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN).

“Tanjung Lesung harus mencapai sebanyak enam juta wisatawan, dengan lima juta wisatawan domestik dan satu juta wisatawan asing per tahunnya,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Target ini praktis menjadikan KEK Tanjung Lesung sebagai ujung tombak pariwisata Banten. Demi mencapai target dari Kementerian Pariwisata, KEK Tanjung Lesung harus siap dengan berbagai sarana dan prasarana berstandar internasional, seperti airstrip, lapangan golf, 1000 homestay, marina untuk kapal pesiar, dan theme park.

Dan pada tahun ini, BWJ merencanakan pengembangan beberapa proyek baru untuk memfasilitasi pengunjung, yaitu Ladda Bay Village, Ladda Beach Junction, Mongolian Village, Botanical Garden, Mini Zoo, Mangrove Park, Farmstay dan Tanjung Lesung Shooting Range. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Hotel

Pelestarian Satu Juta Pohon Asli Banten di KEK Tanjung Lesung

Proses pembuatan Batik khas Tanjung Lesung (Ist) Setelah sukses mengadakan penanaman terumbu karang bekerja sama dengan Marinir TNI AL pada tahun lalu, kini PT Banten West Java TD sebagai anak

Destinations

Tak Perlu Terbang ke Luar Negeri, Cukup di Indonesia Saja

Kalibiru Yogyakarta (Ist) Tak perlu terbang ke luar negeri ketika traveler memutuskan ingin berlibur. Cukup di Indonesia saja sebab negeri ini dikenal kaya akan pesona wisata dan budaya yang selama

Travel Operator

‘PATA Indonesia Chapter dan STP Bandung itu Pentahelix’

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo dan  Dwiesty Dyah Utami, Sekretaris Program Studi Industri Perjalanan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung foto bersama dengan mahasiswa STP Bandung Mahasiwa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung,

World Heritage

Turis Malaysia Suka ke Padang

Anita (Ist) Wisatawan mancanegara asal negeri jiran, Malaysia rupanya suka traveling ke Padang di Sumatera Barat. Hal tersebut dikatakan Anita, Group General Manager Rocky Hotels ketika ditemui patainanews.com di Rocky

Tourism

Workshop Fotografi untuk Anak Kepulauan Seribu

Berita Foto: Workshop fotografi untuk anak-anak di Kepulauan Seribu ternyata diminati anak-anak dari Pulau Harapan, Pulau Kelapa, dan Pulau Kelapa 2, Jumat (20/5/2016). Kegiatan positif ini didukung oleh berbagai pihak,

Destinations

Promosi Wisata Bahari Gencar, Wisman Senang dan Masyarakat Untung

Segera ikut PATA Travel Mart 2016 (Ist) Beragam destinasi yang tersebar di Nusantara mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini dianggap menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan