Tanjung Lesung, Destinasi Wisata Unggulan

golf di TL

Lapangan Golf di Tanjung Lesung direncanakan mulai akhir bulan ini sudah bisa dipakai (Ist)

Indonesia memang tak terbantahkan kaya akan destinasi wisata. Bahkan, negeri ini memiliki kekayaan potensi wisata yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini sehingga banyak wisatawan mancanegara yang tertarik berkunjung ke Indonesia.

Salah satunya di Tanjung Lesung, Banten. Manjemen PT Banten West Java Tourism Development Corporation (BWJ) adalah pengelola Tanjung Lesung yang memiliki total luas lahan 1500 ha.

Pada 2011 silam, BWJ resmi diakuisisi oleh PT Jababeka Tbk sebagai bagian dari strategi jangka panjang Jababeka untuk membangun 100 kota mandiri di Indonesia.

Adapun Tanjung Lesung ditetapkan pemerintah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada 2012 lalu melalui Peraturan Pemerintah (PP) No 26/2012.

Kemudian Presiden RI Jokowi meresmikan beroperasinya KEK Tanjung Lesung pada 23 Februari 2015. Presiden pun menginstruksikan segera dibangunnya jalan tol Serang-Panimbang sepanjang 83 KM yang ditargetkan selesai dalam tiga tahun.

Saat ini Tanjung Lesung telah mampu mendatangkan sekitar 250.000 wisatawan asing dan domestik setiap tahunnya. Wisatawan asing asal Eropa, terutama asal Belanda dan Jerman mendominasi kunujungan wisatawan mancanegara ke Tanjung Lesung.

Selain itu, Tanjung Lesung juga digemari oleh wisatawan Asia, terutama dari Jepang, Singapura, Malaysia, dan Korea Selatan. Dan pada 27 November 2015, Menteri Pariwisata Arief Yahya menetapkan Tanjung Lesung sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata unggulan baru di Indonesia yang merupakan Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN).

“Tanjung Lesung harus mencapai sebanyak enam juta wisatawan, dengan lima juta wisatawan domestik dan satu juta wisatawan asing per tahunnya,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Target ini praktis menjadikan KEK Tanjung Lesung sebagai ujung tombak pariwisata Banten. Demi mencapai target dari Kementerian Pariwisata, KEK Tanjung Lesung harus siap dengan berbagai sarana dan prasarana berstandar internasional, seperti airstrip, lapangan golf, 1000 homestay, marina untuk kapal pesiar, dan theme park.

Dan pada tahun ini, BWJ merencanakan pengembangan beberapa proyek baru untuk memfasilitasi pengunjung, yaitu Ladda Bay Village, Ladda Beach Junction, Mongolian Village, Botanical Garden, Mini Zoo, Mangrove Park, Farmstay dan Tanjung Lesung Shooting Range. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Tour Package

Kuliner Nusantara Disajikan di Kereta Wisata

President Director PT KA Pariwisata Totok Suryono (kedua dari kanan) didampingi direksi lainnya dalam press conference kereta wisata kelas Priority (Ist) Manajemen PT Kereta Api Pariwisata berupaya melestarikan kuliner khas

Airlines

Indonesia Berpartisipasi di Australia Dive Expo 2017

Indonesia kaya akan wisata bahari. Kepulauan Seribu yang termasik dalam 10 Bali baru juga punya potensi wisata bahari (Ist)  Indonesia diwakili Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang memfasilitasi 10 operator diving dari

All About Indonesia

‘Rakyat Itu Sumber Inspirasi dan Kekuatan TNI’

Persiapan sebelum mendaki (Ist) Meski hujan menyiram Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, para  pecinta alam tetap bersemangat untuk mendaki. Semangat itu dipompa dari pembekalan Asisten Potensi Maritim KSAL Mayjen

SightSeeing

Wonderful Tanjung Lesung

Tanjung Lesung mendukung Post Tour AJTM ke TMII (Ist) Tanjung Lesung, Banten, destinasi wisata di Indonesia yang termasuk 10 Bali baru diperkirakan akan semakin dikenal di dunia, khususnya Eropa lantaran

Destinations

Indahnya Kebersamaan LBI

Silaturahmi LBI (Ist) Indonesia kaya akan budaya khas yang diminati traveler, termasuk wisatawan mancanegara. Lintas Budaya Indonesia (LBI). Karenanya LBI sebagai wadah yang fokus dan peduli kebudayaan negeri ini yang

Festival

Bangun Marina di Banyuwangi, Pelindo III Dukung Target Presiden Jokowi

Keris dari Indonesia yang sudah diakui UNESCO sebagai warisan dunia menjadi daya tarik bagi wisatawan asing berlibur ke Indonesia untuk menikmati wisata dan budaya khas Nusantara (www.ninaflynnphotography.com) Upaya yang dilakukan manajemen