Tanjung Lesung Magnet Sport Tourism

Trail Adventure (Ist)

Tanjung Lesung yang ada di Pandeglang, Banten kembali menjadi lokasi sport tourism. Setelah Rhino X-Triathlon yang sukses digelar pada akhir September lalu, dan kali ini giliran ribuan motor menikmati pesona alam Tanjung Lesung dalam Trail Adventure, Sabtu (13/10/2018).

Trail Adventure 2018 ini diikuti sekitar 2.000 peserta yang sebagian besar berasal dari kota-kota sekitar Pandeglang. Sebagian besar peserta berasal dari unsur TNI yang berjumlah 1.500 personel. Wisata Trail Adventure ini berjarak 92 KM yang melewati 4 desa dari 2 kecamatan di Tanjung Lesung.

Acara yang diharapkan bisa diselenggarakan setiap tahun yang pada tahun ini memeringati HUT TNI ke-73 dan juga memperingati hari jadi perusahaan listrik BUMN Indonesia Power. Hadir dalam acara tersebut Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyaman, Dandim Pandeglang Kol Inf Fitriana Nur Heru, Kadispar Provinsi Banten Eneng Nurcahyati, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Presiden Direktur PT Banten West Java Purnomo Siswoprasetijo.

Dalam sambutannya, Pangdam III Siliwangi mengatakan, “Animo peserta di acara ini sangat tinggi. Hal ini menunjukkan para off-roaders sejati ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ikatan dengan TNI khususnya di wilayah Korem 04”.

“Saya sangat menyambut baik kegiatan ini dan saya ingin kegiatan ini dijadikan agenda rutin tahunan, khususnya di wilayah Banten,” ujarnya. Ia berharap jika sudah menjadi rutin, acara ini menjadi lebih besar di tahun-tahun selanjutnya dan harus bersinergi dengan pemerintah daerah.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengaku sangat bangga dengan acara ini, dimana merupakan yang kedua kalinya di Kabupaten Pandenglang. “Saya dan Pak Poernomo tidak bisa membangun ini semua sendirian. Pak Poernomo yang membangun di dalam kawasan, saya yang meng-explore pariwisata di luar kawasan”.

Menurutnya, terdapat 250 obyek potensi wisata di Pandeglang. Irna juga berterimakasih kepada pihak TNI yang sudah menunjuk Pandeglang sebagai lokasi acara peringatan HUT TNI. Usai melepas peserta, Direktur Utama PT Banten West Java Poernomo Siswoprasetijo mengatakan, “Dengan kegiatan-kegiatan ini, saya berharap Tanjung Lesung sebagai 10 Destinasi Pariwisata Baru mampu memberikan kontribusinya dalam peningkatan kunjungan wisatawan”.

“Kegiatan ini berskala nasional tapi kami masih targetkan kepada para peserta yang berasal dari kota-kota sekitar Tanjung Lesung untuk bersama-sama meningkatkan sport tourism ini,” ungkapnya menanggapi asal peserta Wisata Trail Adventure ini.

Poernomo memprediksi kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik ke Tanjung Lesung di tahun ini dapat mencapai 600 ribu hingga 800 ribu karena berkembangnya homestay di sekitar luar kawasan dan Kampung Wisata Cikadu yang sudah siap menerima wisatawan.

“Infrastruktur sudah berkembang dengan baik sehingga wisatawan juga terlayani dengan baik. Jalurnya juga aman, nyaman, dan SDM-nya kita kembangkan dari sisi pendidikannya, kerajinannya, keramahannya, dan kulinernya sehingga masyarakat Tanjung Lesung bisa merasakan kemajuannya bersamaan kita,” tambahnya.

Jalur trail yang dilalui peserta cukup menantang dan terjal, membuat banyak yang terjatuh ketika melewatinya. Masyarakat pun banyak yang turut serta menyaksikan dan menyemangati melihat pagelaran tahunan tersebut. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

About author



You might also like

Slideshow

Wakil Bupati Soppeng Apresiasi President University Promosikan Destinasi Wisata Indonesia

Wakil Bupati Soppeng Supriansa (kanan) bersama Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said (Ist) Wakil Bupati Soppeng Supriansa memberikan apresiasi terhadap President University yang turut mempromosikan beragam destinasi wisata di Indonesia, termasuk

Culture

Menteri Pariwisata Puji Palembang Siap Sambut GMT 2016

Jadwal Acara GMT 2016 di Palembang (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan pujian kepada sejumlah daerah, termasuk Palembang, Sumatera Selatan yang telah siap menyambut fenomena alam langka, gerhana matahari total

Hotel

Jalan-Jalan di Cirebon

Berita Foto: Cirebon, Jawa Barat punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Nikmati jalan-jalan di Cirebon dengan melihat perajin Batik Kanoman, Vihara Dewi Welas Asih, dan perajin Rotan Desa Tegalwangi (Ist)

Nature

Sate Kerbau, Simbol Toleransi di Kudus

Sate Kerbau (Ist) Mendengar kata Sate mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Kuliner satu ini dapat ditemui di seluruh penjuru Nusantara. Namun, jika mendengar Sate Kerbau, tentu

SightSeeing

Medan Semakin Dekat dari Singapura

Pembukaan penerbangan perdana Garuda Indonesia rute Singapura-Medan di Bandara Kualanamu, Selasa (14/6/2016) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya melepas penerbangan perdana Garuda Indonesia dari Bandara Changi Singapura ke Bandara Kualanamu, Medan.

Destinations

Wisatawan Tiongkok Keluhkan Bunaken Kotor

Menteri Pariwisata Arief Yahya meluncurkan Festival Pesona Sangihe 2016 dan Calendar of Event 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gd. Sapta Pesona, Jakarta. Selasa (19/7/2016) Menteri Pariwisata Arief Yahya tampak kecewa