Tanjung Lesung Magnet Sport Tourism

Trail Adventure (Ist)

Tanjung Lesung yang ada di Pandeglang, Banten kembali menjadi lokasi sport tourism. Setelah Rhino X-Triathlon yang sukses digelar pada akhir September lalu, dan kali ini giliran ribuan motor menikmati pesona alam Tanjung Lesung dalam Trail Adventure, Sabtu (13/10/2018).

Trail Adventure 2018 ini diikuti sekitar 2.000 peserta yang sebagian besar berasal dari kota-kota sekitar Pandeglang. Sebagian besar peserta berasal dari unsur TNI yang berjumlah 1.500 personel. Wisata Trail Adventure ini berjarak 92 KM yang melewati 4 desa dari 2 kecamatan di Tanjung Lesung.

Acara yang diharapkan bisa diselenggarakan setiap tahun yang pada tahun ini memeringati HUT TNI ke-73 dan juga memperingati hari jadi perusahaan listrik BUMN Indonesia Power. Hadir dalam acara tersebut Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyaman, Dandim Pandeglang Kol Inf Fitriana Nur Heru, Kadispar Provinsi Banten Eneng Nurcahyati, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Presiden Direktur PT Banten West Java Purnomo Siswoprasetijo.

Dalam sambutannya, Pangdam III Siliwangi mengatakan, “Animo peserta di acara ini sangat tinggi. Hal ini menunjukkan para off-roaders sejati ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ikatan dengan TNI khususnya di wilayah Korem 04”.

“Saya sangat menyambut baik kegiatan ini dan saya ingin kegiatan ini dijadikan agenda rutin tahunan, khususnya di wilayah Banten,” ujarnya. Ia berharap jika sudah menjadi rutin, acara ini menjadi lebih besar di tahun-tahun selanjutnya dan harus bersinergi dengan pemerintah daerah.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengaku sangat bangga dengan acara ini, dimana merupakan yang kedua kalinya di Kabupaten Pandenglang. “Saya dan Pak Poernomo tidak bisa membangun ini semua sendirian. Pak Poernomo yang membangun di dalam kawasan, saya yang meng-explore pariwisata di luar kawasan”.

Menurutnya, terdapat 250 obyek potensi wisata di Pandeglang. Irna juga berterimakasih kepada pihak TNI yang sudah menunjuk Pandeglang sebagai lokasi acara peringatan HUT TNI. Usai melepas peserta, Direktur Utama PT Banten West Java Poernomo Siswoprasetijo mengatakan, “Dengan kegiatan-kegiatan ini, saya berharap Tanjung Lesung sebagai 10 Destinasi Pariwisata Baru mampu memberikan kontribusinya dalam peningkatan kunjungan wisatawan”.

“Kegiatan ini berskala nasional tapi kami masih targetkan kepada para peserta yang berasal dari kota-kota sekitar Tanjung Lesung untuk bersama-sama meningkatkan sport tourism ini,” ungkapnya menanggapi asal peserta Wisata Trail Adventure ini.

Poernomo memprediksi kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik ke Tanjung Lesung di tahun ini dapat mencapai 600 ribu hingga 800 ribu karena berkembangnya homestay di sekitar luar kawasan dan Kampung Wisata Cikadu yang sudah siap menerima wisatawan.

“Infrastruktur sudah berkembang dengan baik sehingga wisatawan juga terlayani dengan baik. Jalurnya juga aman, nyaman, dan SDM-nya kita kembangkan dari sisi pendidikannya, kerajinannya, keramahannya, dan kulinernya sehingga masyarakat Tanjung Lesung bisa merasakan kemajuannya bersamaan kita,” tambahnya.

Jalur trail yang dilalui peserta cukup menantang dan terjal, membuat banyak yang terjatuh ketika melewatinya. Masyarakat pun banyak yang turut serta menyaksikan dan menyemangati melihat pagelaran tahunan tersebut. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

About author



You might also like

Tourism

RI Berjaya di World Halal Travel Awards 2015, Devisa Negara Bertambah

Nia Niscaya (youtube) Indonesia sukses dalam ajang dunia, World Halal Travel Awards 2015 yang diperkirakan wisatawan asing akan semakin banyak yang datang ke Tanah Air, khususnya dari kawasan Asia, yakni

Hotel

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Dukung Revindia Carina

Pemerintah kabupaten Banyuwangi memastikan mendukung Revindia Carina, 1st Runner Up Putri Pariwisata Indonesia 2017 yang akan mengikuti ajang Miss Tourism Queen International 2018 di Bangkok, Thailand mulai 8 hingga 16

World Heritage

Ke Tanjung Lesung, Jangan Lupa Beli Batik

Berita Foto Batik khas Tanjung Lesung (Ist)

Heritage

Gerakan Sadar Wisata di Labuan Bajo

Sadar Wisata di Labuan Bajo (Ist) Labuan Bajo, destinasi yang pernah dikunjungi Gwyneth Paltrow dan Valentino Rossi tak pernah sepi dari pemberitaan. Selain pembenahan infrastruktur fisik, ada juga Gerakan Sadar

Nature

Promosikan Wisata, KRI Dewaruci tiba di Lombok

logo PT Pelindo III (Ist) Kapal legendaris, KRI Dewaruci sandar di PT Pelindo III Lembar, Nusa Tenggara Barat di Dermaga Nusantara II pada Senin (12/9/2016) . Kapal yang telah mengelilingi

Cuisine

Turis Eropa Suka ke Bantaeng

Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah (kedua dari kiri) dan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (ketiga dari kanan) (Ist) Wisatawan asal Eropa, seperti dari Belanda dan Jerman ternyata suka traveling ke