Tarik Minat Wisatawan Mancanegara, Pelindo III Serius Kelola Kampung Lawas Maspati

anak kecil kampung lawas

Anak-anak di Kampung Lawas Maspati Surabaya (Ist)

Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III tak hanya giat mengembangkan wisata bahari di negeri ini, namun BUMN kepelabuhanan ini diketahui juga serius mengelola potensi wisata lainnya, seperti yang dilakukan di Kampung Lawas Maspati Surabaya.

Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto mengemukakan bahwa selama ini wisatawan mancanegara (wisman), seperti turis dari Belanda yang menggunakan kapal pesiar belum menemukan destinasi wisata khas yang memiliki nilai kearifan lokal yang kuat di Surabaya, Jawa Timur.

“Sehingga jika mereka sedang sandar di Pelabuhan Tanjung Perak, hanya sedikit yang mau turun. Kebanyakan wisman memilih beristirahat dan bersantai di dalam kapal,” katanya kepada patainanews.com di kantornya di Surabaya, Selasa (1/12/2015).

Edi menjelaskan, Kampung Lawas Maspati akan menjadi destinasi wisata baru di Surabaya sehingga mampu menarik perhatian wisman untuk berlibur di Kota Pahlawan.

“Pelindo III selaku BUMN kepelabuhanan menaruh perhatian tersendiri bagi keberadaan kampung lawas, seperti Maspati karena budaya kampung merupakan salah satu budaya yang harus dilestarikan sebab di tempat ini masih tersimpan bangunan bersejarah yang harus dilestarikan,” tuturnya.

Tujuan utama kami, lanjutnya, di kampung ini untuk menjadikan Maspati sebagai salah satu alternatif obyek wisata Adapun Surabaya menyimpan banyak jejak sejarah Indonesia.

Salah satu yang masih terawat baik adalah Kampung Lawas Maspati. Permukiman yang dibiarkan utuh khas bangunan kuno itu terletak di Kelurahan Bubutan, Kecamatan Bubutan itu dikenal dengan nama Kampung Lawas Maspati yang dihuni keluarga para pejuang kemerdekaan, terutama yang turut dalam pertempuran 10 November 1945.

Di kampung yang tidak jauh dari Tugu Pahlawan Surabaya itu masih banyak bangunan kuno yang masih berdiri kokoh, yang kini dihuni anak-cucu para pejuang Surabaya.

Karena keluarga dan ahli waris terus mempertahankan keutuhan bangunan cagar budaya itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya ikut mengapresiasi.

Pemkot Surabaya akan menjadikan Kampung Maspati sebagai cagar budaya yang dilindungi pemerintah. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Slideshow

Confidence ASLI Expo & Senior Festival 2017

Confidence ASLI Expo & Senior Festival 2017 (Ist) Event terbesar untuk senior dan keluarga akan diadakan Senior Living @D’Khayangan, Cikarang, Jawa Barat.  Informasi yang diperoleh patainanews.com, Rabu (9/8/2017), event tersebut

Tour Package

Citilink Gandeng PermataBank Fasilitasi Uang Tunai

Nota kesepahaman yang ditandatangani Direktur Operasional Citilink Hadinoto Soedigno (kedua dari kiri) dan Direktur Retail Banking PermataBank Bianto Surodjo (ketiga dari kiri) Maskapai berbiaya murah PT Citilink Indonesia memutuskan untuk

Cuisine

Halimah Munawir Mencurahkan Perhatian untuk Pariwisata dan Budaya Indonesia

Halimah Munawir Anwar begitu mencintai pariwisata dan budaya Indonesia (Ist) Sosok satu ini dikenal begitu besar perhatiannya terhadap perkembangan pariwisata dan budaya Indonesia. Ya, Halimah Munawiw Anwar tak segan mencurahkan

Culture

Pesona Semarang Great Sale 2017, Wisatawan Dimanjakan Belanja

Launching Pesona Semarang Great Sale 2017 di Jakarta (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Walikota Semarang Handrar Prihadi meluncurkan Pesona Semarang Great Sale 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung

Slideshow

Banyak Pasangan Cerai, Ini Solusi dari Pengacara Spesialis Perceraian

Salman (Ist) Maraknya kasus perceraian belakangan ini bisa disebabkan beberapa faktor, yaitu faktor perselingkuhan, kekerasan dalam rumah tangga, ekonomi dan faktor orang tua atau mertua. Kendati ketika menikah, hampir bisa

Tour Package

Pemerintah Gelar Pelatihan untuk Karyawan Angkasa Pura II Palembang

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Semangat Indonesia Incoporated untuk membangun pariwisata Indonesia terus dikumandangkan Kementerian Pariwisata. Deputi Bidang Kelembagaan Kemenpar menggelar pelatihan dasar SDM Kepariwisataan yang kali ini lebih