TDS 2016, Balap Sepeda Terpopuler di Dunia

TdSTdS
Tour de Singkarak di posisi pertama (Ist)
Suksesnya pelaksanaan Tour de Singkarak 2016 juga berimbas pada perhatian internasional. Terbukti kejuaraan balap terbesar di Indonesia ini menjadi trending topic dunia.
Selain itu dinobatkan sebagai balapan terpopuler versi www.worldcyclingstats.com. “Memang benar. Tour de Singkarak 2016 menjadi trending topic di media sosial. Hal ini menunjukkan jika kejuaraan ini banyak mendapatkan perhatian,” kata Race Director Tour de Singkarak 2016, Jamaludin Mahmood dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (18/8/2016).
Ada beberapa indikator sehingga kejuaraan dengan kategori 2.2 ini menjadi yang populer versi www.worldcyclingstats.com diantaranya adalah gencarnya pemberitaan di media massa, media sosial hingga keterlibatan masyarakat kejuaraan yang juga sebagai media untuk pengenalan pariwisata di wilayah Sumatera Barat itu.
Selain dinilai sukses dalam pelaksanaan, Tour de Singkarak 2016 juga dinilai sukses dalam hal prestasi karena selama kejuaraan ini berlangsung baru di edisi kedelapan pebalap Indonesia mampu menjadi terbaik kedua dalam klasemen umum akhir.
Adalah Dadi Suryadi yang pada kejuaraan ini membela Terengganu Cycling Team Malaysia. Pebalap asal Sumedang, Jawa Barat itu bahkan hanya terpaut satu menit 22 menit dibelakang sang juara yaitu Amir Kolahdouz yang mampu membukukan total catatan waktu 26:08:42.
Bagi pebalap berusia 27 ini, hasil di Tour de Singkarak tahun ini sangat istimewa karena merupakan pencapaian prestasi tertinggi selama turun dibalapan profesional.
Selama ini, prestasi tertinggi pada klasemen umum terbaik hanya berada diposisi tiga Tour de Ijen beberapa tahun lalu. “Ini adalah prestasi tertinggi saya saat ini. Saya berharap hasil ini bisa memicu semangat untuk terus lebih baik lagi. Yang jelas, upaya keras untuk meraih yang terbaik di kejuaraan ini sudah saya lakukan. Tapi lawan terlalu kuat,” kata pebalap yang mengaku akan segera meminang kekasihnya itu.
Kejuaraan Tour de Singkarak dipastikan akan terus berjalan karena persiapan untuk pelaksanaan tahun depan sudah dibahas, termasuk pemerintah daerah akan menjadi lokasi start dan finish setiap etape.
Bahkan, Bukittinggi telah menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah untuk finish terakhir kejuaraan bergengsi ini. Untuk lokasi start dipastikan di Tanah Datar.
Sementara Asisten Deputi Pemasaran Pariwisata Nusantara Bidang Pasar Personal Kementerian Pariwisata Raseno Arya juga memastikan jika Tour de Singkarak memang terus berlanjut. Namun, untuk mendukung kejuaraan ini harus ada beberapa perubahan.
Untuk investasi wisata, Raseno juga menilai jika Sumatera Barat masih menjanjikan dan salah satu pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan adalah menarik investor bidang perhotelan.
Dengan terus berkembangnya perhotelan diharapkan akan memancing datangnya wisatawan baik mancanegara maupun domestik. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Indonesia-Singapura Kian Erat Kerja Sama Pariwisata

Penandatanganan MoU on Tourism Indonesia-Singapore (Ist) Indonesia dan Singapura kian kokoh memantapkan kerja sama di bidang pariwisata. Penguatan itu ditandai dengan penandatanganan MoU on Tourism Indonesia-Singapore di sela-sela Leaders’ Retreat,

Culture

Mengajak Turis Singapura Melihat Kampung di Indonesia

Launch Party Kementerian Pariwisata dan AirAsia di Pondok Gurame, Singapura, Kamis (11/8/2016) (Ist) Kemana saja anak-anak muda Singapura suka jalan-jalan? Apa mereka tidak bosan setiap hari di kota dengan suasana

Cuisine

Wisata Halal di Indonesia Bukan Sekadar Branding

Turis asing menyatu dengan warga setempat di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Indonesia selama ini dikenal sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim sehingga harus bisa menjadi pelopor produk halal internasional karena

World Heritage

Menteri Pariwisata Geber Promo

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya tak mau kecolongan waktu promosi. Triwulan pertama tahun 2016 sudah mulai menggenjot beragam promo kreatif untuk merebut pasar pariwisata yang

Destinations

Turis Asing Ramaikan Toba Gran Fondo

Ilustrasi turis asing di Indonesia (Ist) Wisatawan yang sedang ada di sekitar kawasan Danau Toba jangan hanya fokus ke Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba saja. Ada jelajah sepeda jarak jauh

Tourism

Karnaval Jalan Cantik dan Keren Nusantara 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (batik) (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng Pemprov DKI Jakarta, Lions Clubs International, dan Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) menyelenggarakan Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016. Penyelenggaraan