Tekad GIPI Bangun Pariwisata Indonesia

gipi

Rapat GIPI (Ist)

Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) menggelar rapat perdana di akhir tahun ini membahas pemilihan pengurus dan program kerja.

Rapat GIPI kepengurusan periode 2016-2021 yang digelar di Gedung Wisma Nugra Santana Jakarta pada Kamis (15/11/2016) ini. Dalam rapat tersebut juga membahas persiapan pelantikan pengurus yang direncanakan pada 30 November nanti.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) periode 2016-2021 Didien Junaedy menyatakan, rapat perdana GIPI kali ini fokus pada pemilihan pengurus serta program kerja GIPI lima tahun kedepan.

Adapun program kerja GIPI meliputi pemasaran pariwisata, pengembangan destinasi, dan percepatan peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) harus dikejar dalam upaya majunya pariwisata Indonesia.

Semuanya merupakan program kerja utama GIPI yang harus dicapai. “Tiga program kerja itu telah disahkan oleh munas (musyawarah nasional). Sekarang kita implementasikan dalam bentuk kegiatan nyata. Kami akan melaksanakannya dengan konsisten, kreatif, dan penuh sikap inisiaif,” kata Didien Junaedy di Gedung Wisma Nugra Santana, Jakarta, Selasa (15/11/2016).

Perlu diketahui Didien Junaedy, secara aklamasi dipilih menjadi Ketua GIPI dalam Munas GIPI yang digelar di Bandung, Jawa Barat pada 4 Juli lalu.

GIPI merupakan wadah semua asosiasi dan organisasi yang bergerak di sektor pariwisata. Munas I GIPI yang mengangkat tema ‘Penguatan Organisasi GIPI Dalam Kolaborasi Pentahelix  Untuk Mencapai Target Kunjungan 20 Juta Wisman dan Pergerakan 275 Juta Wisnus Pada Tahun 2019’  ini dihadiri 32 organisasi anggota dari jumlah keseluruhan anggotanya 35 organisasi industri pariwisata atau terkait dengan pariwisata sehingga berisi lengkap unsur-unsur Pentahelix, yakni Academician (A), Business (B), Community (C), Government (G) dan Media (M).

Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) didirikan pada 7 April 2011 silam mengacu pada Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

GIPI menjadi payung bagi seluruh organisasi pariwisata yang ada di Indonesia, selain itu GIPI juga menjadi wadah komunikasi dan konsultasi bagi para anggotanya dalam menyelenggarakan kegiatan kepariwisataan.

Sebagai suatu wadah bagi para pelaku Industri Pariwisata, GIPI juga menjadi mitra kerja pemerintah. GIPI bertekad menjadi partner pemerintah dalam pembangunan pariwisata Indonesia, memaksimalkan potensi yang ada turut mengejar target mendatangkan 20 juta wisman dan pergerakan wisnus sebesar 275 juta orang pada 2019 nanti.

“Ke depan, tantangan pariwisata tak ringan. Presiden Joko Widodo sudah mencanangkan target kenaikan dua kali lipat kunjungan wisatawan hingga 2019. Pariwisata juga diminta memberikan kontribusi pada produk domestik bruto (PDB) nasional sebesar 8 persen, dengan devisa sebesar Rp280 triliun, serta membuka 13 juta lapangan kerja. Hal itu hanya bisa diraih bila pemerintah dan swasta berkolaborasi kuat,” ujar Didien dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (16/11/2016).

Didien menjelaskan, dalam perjalananannya, capaian pariwisata pada 2015 sudah membaik. Jumlah kunjungan wisman menembus angka 10 juta orang dan jumlah wisnus 255 juta orang. Kontribusi pariwisata terhadap PDB nasional sebesar 4 persen, dengan devisa yang dihasilkan sekitar Rp 155 triliun, dan 11,3 juta lapangan kerja baru. Angka indeks daya saing juga naik 20 poin, menjadi ranking 50 dari 141 negara. 

“Kedepan perlu kolaborasi yang lebih kuat lagi semua unsur pentahelix (pemerintah, kalangan bisnis, akademisi, community dan media) agar target itu bisa diraih. Jika semua unsur itu bersatu saya yakin Indonesia akan menuju jaman pariwisata keemasan,” pungkas Didien. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Batik Wistara yang Memberikan Kesempatan untuk Orang Berkebutuhan Khusus

Batik Wistara (Ist) Batik Wistara memang pantas diberikan apresiasi sebab pusat batik ini yang ada di Surabaya, Jawa Timur ternyata memberikan kesempatan untuk orang-orang yang berkebutuhan khusus. Demikian penjelasan Pembina

Cuisine

Pesona ala Raja Ampat di Bukit Tuamese NTT

Bukit Tuamese (Ist) Bagi sebagian orang, mencapai Papua Barat untuk menyaksikan langsung kecantikan Raja Ampat barangkali masih sebatas impian. Kabar baiknya, mereka bisa ke Nusa Tenggara Timur (NTT) yang juga

Heritage

Amazing Hotel Siap Sukseskan ASIAN GAMES 2018

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Manajemen Amazing Hotel Management (AHM) tampak antusias untuk ikut mensukseskan penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018. Adapun Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan

Hotel

Sumsel Incar Turis Tiongkok

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kanan) bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus meningkatkan daya tarik destinasi wisata yang ada di

Hotel

Media Massa Berperan Besar Sebarkan Selat Sunda Aman

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Tanjung Lesung (Ist) Status daerah pasca bencana seperti Tanjung Lesung yang ada di Pandeglang, Banten yang terdampak tsunami Selat Sunda rupanya memiliki pengaruh besar terhadap

Tour Package

Asian Games 2018 Tetap Berjalan Sesuai Rencana

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist) Rentetan teror yang terjadi di Surabaya dipastikan tidak mengganggu persiapan Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. Hal ini ditegaskan Menteri Pemuda dan