Teluk Pandan Pesawaran Lampung Diusulkan KEK Pariwisata

Menikmati destinasi wisata di Lampung (Ist)

Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Usulan KEK tersebut disampaikan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dalam rapat dengan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Dadang Rizki Ratman di Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenpar, Selasa (23/4/2019).

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menjelaskan, pasca-tsunami di Selat Sunda kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pesawaran menurun. “Maka usulan KEK Teluk Pandan ini sebagai salah satu langkah membangkitkan pariwisata daerah Pesawaran,” kata Dendi Ramadhona.

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pesawaran, kata Dendi Ramadhona, telah menyiapkan lahan seluas 301 hektare dalam kondisi “clean and clear” serta bersertifikat. “Lahan ini sudah eksisting untuk usaha pariwisata. Kami mengusulkan nantinya pengelola KEK Teluk Pandan Pesawaran adalah konsorsium badan usaha,” kata Dendi Ramadhona dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (25/4/2019).

Wisatawan menikmati destinasi wisata di Lampung (Ist)

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman menjelaskan, dalam pengusulan KEK harus ada 3 poin penting yaitu ada pengusul (badan usaha/swasta), lahan “clean and clear”, dan komitmen pemerintah daerah.

“Dalam pariwisata berlaku ungkapan ‘infrastructure lead then tourism support’ dan ‘industry lead then tourism support’. Kami sarankan dalam penjajakan pengembangan KEK Teluk Pandan Pesawaran agar pihak pengusul maupun Pemkab Pesawaran melakukan pendekatan dengan PT ITDC (PT Indonesia Tourism Development Corporation) sebagai badan usaha yang sukses dalam mengembangkan KEK pariwisata,” kata Dadang Rizki Ratman.

Dadang menyarankan agar pengusulan sebuah KEK bisa berjalan lancar, pihak pengusul/pemda harus bekerja sama dengan badan usaha yang sukses dalam proses dan pengembangan KEK.

Banyak pilihan destinasi wisata di Lampung untuk wisatawan (Ist)

“Selain itu pengusul diharapkan tidak hanya fokus dengan KEK untuk pengembangan pariwisata, tapi mengembangan 3A (aksesibilitas, atraksi, dan amenitas). Kami siap membantu melakukan asistensi ke Dewan Nasional KEK,” kata Dadang Rizki Ratman.

Dalam berbagai kesempatan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menegaskan bahwa konsep dasar KEK adalah pemberian fasilitas pada penyiapan kawasan yang lokasinya mempunyai aksesibilitas ke pasar global (terutama akses pelabuhan dan bandara).

Kawasan tersebut akan diberikan insentif untuk meningkatkan daya saing agar menarik para investor untuk berinvestasi di kawasan tersebut. Kemenpar menargetkan 100 KEK pariwisata yang tersebar di seluruh Indonesia dapat terbentuk. Dengan jumlah itu di 34 provinsi masing-masing memiliki 2-3 KEK pariwisata.

Selama ini Kecamatan Teluk Pandan sebagai Lokasi KEK Teluk Pandan Pesawaran memiliki sejumlah obyek wisata menarik antara lain pulau-pulau kecil, pantai (Pantai Klara dan Pantai Batu Mandi), air terjun (air terjun Lubuk Law; Kakia, dan Way Harum ) dan Pulau Tangkil dan Pantai Queen Artha. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tour Package

Beragamnya Wisata Bahari di Kotabaru

Indahnya wisata bahari di Kotabaru (Ist) Jauh dari keramaian dan terlihat kesederahanaan yang menggambarkan desa di ujung barat Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menjadi kearifan lokal yang patut jadi panutan. Tanjung

Indonesiaku

Wonderful Indonesia Membanggakan di ITB Berlin 2016

Logo country branding Wonderful Indonesia (Ist) Tampilan booth Phinisi Wonderful Indonesia di Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin 2016 ini agak beda. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Paviliun Indonesia Hall 26A No

Heritage

Festival Tabot Bengkulu Incar Wisatawan Mancanegara

Menteri Pariwisata Arief Yahya menerima cindera mata dari Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Festival Tabot Bengkulu yang sudah ada sejak 1685 silam akan kembali digelar mulai 10 hingga 20 September mendatang

Travel Operator

Wonderful Indonesia Giliran Hebohkan Perth dengan Kuliner

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Setelah Melbourne dan Sydney, kota ketiga yang menjadi sasaran promosi Wonderful Indonesia adalah Perth, ibu kota Negara Bagian Australia Barat. Kali ini bukan mengundang Tompi

Travel Operator

Sumsel Incar Turis Tiongkok

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kaca mata) berpose bersama wartawan di Palembang (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sadar begitu besar potensi wisatawan Tiongkok yang suka

Tourism

Lomba Penulisan Wisata Bahari Digelar Setiap Tahun

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan Anugerah Pesona Bahari 2015 kepada jurnalis atas produk jurnalistiknya yang aktif menginformasikan dan mempromosikan potensi wisata bahari Indonesia. “Media massa