Tenun Ikat Kediri Diminati Wisatawan Eropa

WhatsApp Image 2017-08-20 at 12.31.29

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Ibu Mufidah Jusuf Kalla ketika melihat langsung Tenun Ikat Kediri (Ist)

Wisatawan mancanegara asal Eropa rupanya selama ini menyukai kain tradisional Indonesia, termasuk Tenun Ikat Kediri.

“Wisatawan asal Eropa, seperti dari Jerman, dan Belanda ketika datang ke Kediri di Jawa Timur banyak yang membeli Tenun Ikat Kediri,” kata Rukayah, pengrajin Tenun Ikat Kediri ketika ditemui patainanews.com di Jakarta, Minggu (20/8/2017).

Tak hanya itu, lanjutnya, wiatawan asal Australia juga menyukai Tenun Ikat Kediri. “Turis asing biasanya membeli sekitar tiga Tenun Ikat Kediti untuk oleh-oleh ketika mereka pulang ke negara mereka masing-masing,” ucapnya. Ia menjelaskan bahwa sudah hampir 30 tahun berkarya untuk mengembangkan Tenun Ikat Kediri.

WhatsApp Image 2017-08-20 at 12.31.30

Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir di stan Kediri dalam pameran Karya Kreatif Indonesia (Ist)

Ketekunan itu berbuah manis ketika dirinya ikut dalam pameran Karya Kreatif Indonesia di Jakarta mulai 18 Agustus hingga 20 Agustus 2017. Adapun pameran tersebut menampilkan UMKM binaan Bank Indonesia. Pada pembukaan pameran pada 18 Agustus lalu, Rukayah yang merupakan mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) mendapat kesempatan bertemu langsung dan memperkenalkan Tenun Ikat Kediri kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Ia mengaku bersyukur Ibu Negara memberi perhatian terhadap perkembangan Tenun Ikat Kediri. “Suatu penghargaan untuk saya Ibu Iriana mau menyempatkan waktu mampir ke stan Kediri untuk melihat langsung Tenun Ikat Kediri,” paparnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Nature

Turis Polandia Suka Keliling Indonesia

Ilustrasi turis asing di Indonesia (Ist) Wisatawan mancanegara terbukti memang menyukai Indonesia. Dan, itu tampak dari turis asal Polandia yang memutuskan berkunjung ke beragam destinasi wisata di Nusantara selama tiga

SightSeeing

Banyuwangi Bakal Punya Marina Berkelas Dunia

Djarwo Surjanto (Ist) Dunia pariwisata di Indonesia mendapat kabar gembira lantaran Banyuwangi akan memiliki marina berkelas internasional lantaran pembangunan marina di kabupaten yang letaknya di Jawa Timur ini mengacu sejunlah

Cuisine

Menpar Arief Yahya Promosikan Kopi Indonesia di ITB Berlin

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Kenikmatan kopi Indonesia turut dipromosikan dalam pameran pariwisata terbesar di dunia, Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman. Promosi dilakukan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya

Hotel

Memotret Kampung Wisata Budaya Langenastran

Istri Wagub DIY GKBRAY A Paku Alam X menandai pembukaan Festival ‘Batik&Bathok Night’ di Jalan Langenastran dengan membatik dan disaksikan Ibu Purnomo Yusgiantoro (Ist) GKBRAY A.Paku Alam X (kebaya ungu)

World Heritage

Tanjung Lesung Hadir di Deep and Extreme Indonesia 2018

Berita Foto: Destinasi wisata Tanjung Lesung yang terletak di Pandeglang, Banten ikut serta mempromosikan keindahan destinasi wisata yang termasuk dalam 10 Bali baru ini di Deep and Extreme Indonesia 2018.

Destinations

Joey Alexander, Pianis Muda Promosikan Indonesia di Pentas Dunia

Joey Alexander (Ist) Lahir di Bali, 25 Juni 2003 silam, pianis Joey Alexander kali pertama berkenalan dengan jazz melalui ayahnya, dimana ia mendengarkan berbagai lagu klasik dari seluruh koleksi ayahnya.