Tenun Ikat Kediri, Menjaga Warisan Negeri yang Memikat Wisatawan

WhatsApp Image 2017-08-20 at 12.31.29

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Ibu Mufidah Jusuf Kalla ketika melihat langsung Tenun Ikat Kediri (Ist)

Budaya khas Nusantara menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

Beragam budaya ada di negeri ini, termasuk kain tradisional khas Indonesia, sepertti Tenun Ikat Kediri. Informasi yang dikumpulkan patainanews.com, Tenun Ikat Kediri sudah dilakukan turun-temurun dan pengerjaan Tenun Ikat Kediri masih hand made sehingga kualitas Tenun Ikat Kediri dipertahankan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan bahwa budaya negeri ini memegang peran penting menarik minat kunjungan wisman ke Indonesia. Arief Yahya menjelaskan, budaya khas Nusantara menjadi faktor penting, yakni 60 persen menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara ke Indonesia.

WhatsApp Image 2017-08-20 at 12.31.30

Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir di stan Kediri dalam pameran Karya Kreatif Indonesia (Ist)

Rukayah, sosok perempuan yang pernah menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) dan tekun sebagai perajin Tenun Ikat Kediri mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam pameran yang digelar Bank Indonesia (BI) untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) unggulan bertema Karya Kreatif Indonesia 2017 pada 18 hingga 20 Agustus lalu.

Penyelenggaraan pameran tersebut menjadi wujud nyata Bank Indonesia mendukung pengembangan UMKM kreatif sekaligus memperkenalkan produk kerajinan yang dapat mengangkat citra budaya daerah, mendukung penyerapan tenaga kerja serta mendorong pariwisata.

Rukiyah mengatakan, wisatawan asal Eropa, seperti dari Jerman, dan Belanda ketika datang ke Kediri di Jawa Timur banyak yang membeli Tenun Ikat Kediri. “Ketika wisatawan asal Eropa, seperti dari Jerman dan Belanda serta dari Australia ke Kediri, mereka jalan-jalan ke sejumlah tempat, seperti melihat langsung Tenun Ikat Kediri dan Pohsarang,” kata Rukayah, ketika ditemui patainanews.com di Jakarta, Minggu (20/8/2017).

“Turis asing biasanya membeli sekitar tiga Tenun Ikat Kediti untuk oleh-oleh ketika mereka pulang ke negara mereka masing-masing,” ucapnya. Ia menjelaskan bahwa sudah hampir 30 tahun berkarya untuk mengembangkan Tenun Ikat Kediri.

Ketekunan itu berbuah manis ketika dirinya ikut dalam pameran Karya Kreatif Indonesia di Jakarta mulai 18 Agustus hingga 20 Agustus 2017. Adapun pameran tersebut menampilkan UMKM binaan Bank Indonesia. Pada pembukaan pameran pada 18 Agustus lalu, Rukayah mendapat kesempatan bertemu langsung dan memperkenalkan Tenun Ikat Kediri kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Ia mengaku bersyukur Ibu Negara Iriana memberi perhatian terhadap perkembangan Tenun Ikat Kediri. “Suatu penghargaan untuk saya Ibu Iriana mau menyempatkan waktu mampir ke stan Kediri untuk melihat langsung Tenun Ikat Kediri,” paparnya. (Gabriel Bobby)

 

 

 

About author



You might also like

Slideshow

Colenak ala Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Colenak Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Nama Colenak mungkin sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia terutama warga Jawa Barat dan menjadi salah satu kuliner populer. Colenak terbuat

Tour Package

Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018 Promosi Digital Destination Pariwisata Indonesia

Suasana malam grand final Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018 Pemenang Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018 akan ikut membantu pemerintah dalam upaya merealisasikan target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara pada tahun

Culture

ICE Semakin Siap untuk PATA Travel Mart 2016

Presiden Jokowi meresmikan  Indonesia Fintech Festival and Conference (IFFC) 2016 di ICE (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten sudah semakin

Nature

Libur Lebaran 2016, Kemenpar Targetkan 30 Juta Wisatawan Traveling Keliling Nusantara

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) (Ist) Libur Lebaran 2016 sudah di depan mata. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan tagline Pesona Lebaran 2016, menargetkan angka pergerakkan wisatawan di dalam negeri

Nature

Turis Asing ke Indonesia tak Melihat Kalender Event

Asyiknya keliling Solo dengan Sepur Kluthuk Jaladara (Ist) Upaya pemerintah daerah (Pemda) untuk memperkenalkan dan menjual keunggulan destinasi wisata yang ada di daerah masing-masing memang pantas diberikan apresiasi. Kendati demikian,

Festival

Terminal 3 Gerbang Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi yang kini dipercaya Presiden Jokowi menjadi Menteri Perhubungan di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Selasa (26/7/2016) menyatakan bahwa