Tenun Ikat Kediri, Menjaga Warisan Negeri yang Memikat Wisatawan

WhatsApp Image 2017-08-20 at 12.31.29

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Ibu Mufidah Jusuf Kalla ketika melihat langsung Tenun Ikat Kediri (Ist)

Budaya khas Nusantara menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

Beragam budaya ada di negeri ini, termasuk kain tradisional khas Indonesia, sepertti Tenun Ikat Kediri. Informasi yang dikumpulkan patainanews.com, Tenun Ikat Kediri sudah dilakukan turun-temurun dan pengerjaan Tenun Ikat Kediri masih hand made sehingga kualitas Tenun Ikat Kediri dipertahankan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan bahwa budaya negeri ini memegang peran penting menarik minat kunjungan wisman ke Indonesia. Arief Yahya menjelaskan, budaya khas Nusantara menjadi faktor penting, yakni 60 persen menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara ke Indonesia.

WhatsApp Image 2017-08-20 at 12.31.30

Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir di stan Kediri dalam pameran Karya Kreatif Indonesia (Ist)

Rukayah, sosok perempuan yang pernah menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) dan tekun sebagai perajin Tenun Ikat Kediri mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam pameran yang digelar Bank Indonesia (BI) untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) unggulan bertema Karya Kreatif Indonesia 2017 pada 18 hingga 20 Agustus lalu.

Penyelenggaraan pameran tersebut menjadi wujud nyata Bank Indonesia mendukung pengembangan UMKM kreatif sekaligus memperkenalkan produk kerajinan yang dapat mengangkat citra budaya daerah, mendukung penyerapan tenaga kerja serta mendorong pariwisata.

Rukiyah mengatakan, wisatawan asal Eropa, seperti dari Jerman, dan Belanda ketika datang ke Kediri di Jawa Timur banyak yang membeli Tenun Ikat Kediri. “Ketika wisatawan asal Eropa, seperti dari Jerman dan Belanda serta dari Australia ke Kediri, mereka jalan-jalan ke sejumlah tempat, seperti melihat langsung Tenun Ikat Kediri dan Pohsarang,” kata Rukayah, ketika ditemui patainanews.com di Jakarta, Minggu (20/8/2017).

“Turis asing biasanya membeli sekitar tiga Tenun Ikat Kediti untuk oleh-oleh ketika mereka pulang ke negara mereka masing-masing,” ucapnya. Ia menjelaskan bahwa sudah hampir 30 tahun berkarya untuk mengembangkan Tenun Ikat Kediri.

Ketekunan itu berbuah manis ketika dirinya ikut dalam pameran Karya Kreatif Indonesia di Jakarta mulai 18 Agustus hingga 20 Agustus 2017. Adapun pameran tersebut menampilkan UMKM binaan Bank Indonesia. Pada pembukaan pameran pada 18 Agustus lalu, Rukayah mendapat kesempatan bertemu langsung dan memperkenalkan Tenun Ikat Kediri kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Ia mengaku bersyukur Ibu Negara Iriana memberi perhatian terhadap perkembangan Tenun Ikat Kediri. “Suatu penghargaan untuk saya Ibu Iriana mau menyempatkan waktu mampir ke stan Kediri untuk melihat langsung Tenun Ikat Kediri,” paparnya. (Gabriel Bobby)

 

 

 



About author



You might also like

Heritage

9 September, Penyerahan Penghargaan PATA Gold Awards 2016

PATA Gold Awards 2016 CEO PATA Mario Hardy mengucapkan selamat kepada pemenang PATA Gold Awards 2016. “Atas nama PATA, selamat kepada peraih Gold Award dan mengucapkan terima kasih kepada semua

Heritage

2017, NTB Optimistis 4 Juta Wisatawan

Wisatawan asing di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Tahun 2016 memang masih beberapa bulan lagi, namun Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah memasang target kunjungan wisatawan 2017 sebanyak 4 juta orang. Hal

Destinations

Cari Tahu Candi Borobudur di Borobudurpedia

Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo (kedua dari kanan) (Ist) Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah memiliki sejarah panjang di Indonesia sehingga beragam informasi sudah lama beredar mengenai candi Buddha

SightSeeing

Ketika Akeyla Dipercaya Ikut Mempromosikan Indonesia

Kain kreasi Akeyla (Ist) Indonesia memang sudah lama dikenal di dunia. Kendati demikian, bukan berarti negeri ini berhenti untuk terus dikenalkan di pentas intenasional sehingga bisa mendorong semakin banyak orang

SightSeeing

Kenova Dukung Kereta Wisata Promosikan Pariwisata Cirebon

Kenova Arundhati penyuka Batik khas Nusantara (Ist) Kenova Arundhati, seorang penyuka budaya Indonesia, utamanya Batik khas Nusantara mendukung upaya manajemen PT Kereta Api Pariwisata untuk membuka layanan wisata untuk wisatawan

SightSeeing

Menikmati dan Merawat Wisata Bahari

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (batik biru) menjadi narasumber dalam acara WWF Indonesia (Ist) Wisata bahari di Nusantara rupanya beragam. Tak hanya sebatas diving, snorkeling, dan lainnya namun juga