Terlalu Banyak yang Urus Pariwisata Indonesia

menpar dan hadi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist)

Pemerintah menilai di Indonesia selama ini terlalu banyak pihak yang mengurus pariwisata. Karenanya pemerintah pun mengevaluasi pariwisata negeri ini sepanjang 2015. Terlalu banyak pihak yang ikut campur tangan dalam mengurus pariwisata nasional sehingga mengacaukan regulasi.

“Ada banyak multi authority yang mengurus pariwisata. Kementerian, pemerintah daerah, pengelola pariwisata dan lainnya. Jadinya regulasi nggak beres-beres,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2015 Kementerian Pariwisata di Jakarta, Rabu (30/12/2015).

Arief memberi contoh perbandingan, yakni Candi Borobudur di Magelang dan Angkor Wat di Kamboja. Menpar menyebut Candi Borobudur, pengurusnya ada empat yakni Kemenpar, Kemendikbud, PT Taman Wisata Candi Borobudur dan Pemda.

Sementrta untuk Angkor Wat, pengelolanya hanya dari pihak pemerintah saja. “Angkor Wat itu dikunjungi 1 juta turis per tahun. Tapi Candi Borobudur mungkin hanya sekitar 250 ribu,” terangnya.

Oleh karena itu, alangkah baiknya menurut Arief biarkan satu pintu saja yang mengurus soal wisata. Di tahun 2016 nanti, Arief pun akan mencoba membentuk Badan Otoritas Pengelolaan Pariwisata yang menaungi 10 destinasi wisata.

“Kita akan keluarkan Perpres untuk badan otoritas tersebut. Biar satu saja yang urus,” tegasnya. Adapun 10 destinasi tersebut adalah Danau Toba, Tanjung Kelayang, Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung, Borobudur, Bromo Tengger Semeru, Mandalika, Wakataobi, Labuan Bajo dan Pulau Morotai. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

Merawat Laut Indonesia, Permata Bahari yang Rentan Rusak

Taman Nasional Taka Bonerate Tidak ada yang meragukan kekayaan bahari Indonesia yang luar biasa indah. Deretan pantai berpasir putih, ikan dan spesies laut yang beragam, aneka jenis terumbu karang, bahkan

Slideshow

Menyelamatkan Jakarta dari Ancaman Tenggelam

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (keempat dari kiri) didampingi SD Darmono, Founder Jababeka Group dan Chairman PT Pembangunan Kota Tua Jakarta (ketiga dari kanan) (Ist) Sebagai Ibukota Republik Indonesia, Jakarta

All About Indonesia

Jogja Fashion Rendezvous 2017, Ajang Menggabungkan Desainer Indonesia

JFR 2017 (Ist) Jogja Fashion Rendezvous (JFR) 2017 yang mengusung tema Sparkling rupanya menjadi ajang unjuk gigi 41 desainer Indonesia. Tak hanya itu, perhelatan JFR 2017 juga untuk memeringati ulang

Destinations

Gotrasawala West Java Cultural & Performing Arts Festival

Berita Foto Gotrasawala West Java Cultural & Performing Arts Festival (Ist)

Slideshow

Tabel Kunjungan Wisman ke Indonesia 2016

Tabel Kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Indonesia Sepanjang 2016 (Ist)

Festival

Arief Yahya Buka Festival Pesona Palu Nomoni 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) Kota Palu, Sulawesi Tengah, yang berlangsung 24 hingga 26 September 2016 semakin heboh dan meriah. Menteri Pariwisata Arief Yahya