Terminal Teluk Lamong Semakin Digemari Kapal Raksasa

kapal di pelindo 3

MV Patraikos di Terminal Teluk Lamong (Ist)

Setelah MV Tommy Ritscher, kapal raksasa yang sandar di Terminal Teluk Lamong pada akhir Juli lalu kini giliran MV Patraikos berkapasitas 4.400 Teu’s melakukan aktivitas  bongkar muat di terminal ramah lingkungan tersebut.

MV Patraikos merupakan kapal berjenis Panamax berbendera Liberia. Kapal asal Monrovia, Afrika Barat ini memiliki panjang 262.07 meter dan luas 32.30 meter sandar di dermaga Terminal Teluk Lamong pada akhir pekan lalu pukul 00.00 WIB.  

Pelayaran KMTC, Korea Marine Transport Co., Ltd sebagai pelayaran pengguna kapal MV Patraikos merupakan perusahaan transportasi laut asal Korea yang berdiri sejak tahun 1954 silam.

MV Patraikos merupakan armada baru yang dibuat pada tahun 2010 dengan kondisi dan performa yang baik sehingga mampu melayani pengiriman barang ke seluruh dunia.

Rute perjalanan pengiriman barang MV Patraikos adalah Surabaya – Hongkong – Shanghai – Kwangyang – Ulsan – Pusan – Pusan New Port (Korea).

Kedalaman dermaga internasional Terminal Teluk Lamong mencapai – 16 MLWS sehingga mampu menampung MV Patriakos yang membutuhkan kedalaman 12,50 MLWS.

Kedatangan Kapal MV Patraikos dengan rute Indonesia – Korea di dermaga internasional mendapat sambutan yang hangat sebagai bentuk apresiasi dari manajemen TTL.

Manajemen Terminal Teluk Lamong dipersilakan untuk naik ke dalam kapal dan makan bersama serta merayakan pelayanan perdana MV Patraikos di Terminal Teluk Lamong.

“Kami bekerja sama dengan Terminal Teluk Lamong dari sisi laut dan darat seperti keluarga sendiri. Melakukan bisnis memang harus dilakukan senyaman mungkin untuk kesuksesan semua pihak,” ujar Capt Andujar Mario di anjungan kapal MV Patriakos.

Inovasi Pelindo III dengan membuat Terminal Teluk Lamong yang bertaraf internasional membuat Surabaya menjadi gerbang perdagangan dan bisnis di Jawa Timur bahkan Indonesia. ‘

Kapal-kapal berukuran besar berjenis Panamax berkapasitas 4000-8000 DWT dapat melakukan pelayanan bongkar muat di Terminal Teluk Lamong.

“Kami mengharapkan agar pertumbuhan bisnis di Terminal Teluk Lamong semakin meningkat terutama dengan pelayanan 24 jam – 7 hari yang diberikan demi kepuasan pelayanan kepada pengguna jasa,” ujar Wara Djatmika, Manajer Pemasaran Terminal Teluk Lamong dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (25/10/2016).

Dermaga Terminal Teluk Lamong dilengkapi dengan 5 STS (Ship to Shore Crane) untuk pelayanan petikemas domestik dan internasional.

STS internasional berkemampuan twin lift sehingga mampu mengangkat petikemas 2 x 20 feet secara bersamaan. Juga dilengkapi dengan GSU (Grab Ship Unloader) untuk kegiatan curah kering (food and feed grain) dan fasilitas conveyor dan silo penyimpanan yang saat ini sedang dalam proses penyelesaian.

Lapangan penumpukan Terminal Teluk Lamong semi-automatic CY karena menggunakanAutomated Stacking Crane (ASC) yang mempunyai kecepatan 270m/menit tanpa bantuan manusia.

Sandarnya MV Patriakos merupakan sebuah pembuktian bagi Pelindo III bahwa Terminal Teluk Lamong sebagai pelabuhan baru mampu mempercepat proses bongkar muat dan memperlancar pengiriman logistik di Indonesia.

Kapal besar tidak perlu sandar di Singapura karena kini Indonesia memiliki terminal bertaraf internasional yang mampu melayani dengan cepat, tepat dan aman.

“Kini banyak kapal internasional lebih menyukai sandar dan melakukan aktivitas bongkar muat di Terminal Teluk Lamong karena sudah menerapkan online sistem dan otomatisasi alat sehingga tidak ada sentuhan layanan,” pungkas Wara Djatmika. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

‘Pemerintah Harus Tegas Menumpas Terorisme!’

KH Taufik Damas (Ist) Baru saja beberapa hari yang lalu berita mengejutkan datang dari Mako Brimob, yaitu tindakan teror yang menyebabkan gugurnya lima anggota Polri. Dan, Minggu (13/5/2018) bom meledak

Slideshow

Mengintip Strategi Industri Sepeda di Pasar Global

Polygon (Ist) Era perdagangan bebas saat ini menuntut setiap industri untuk lebih meningkatkan keunggulan kompetitifnya dan lebih kreatif  di pasar global.  Hal ini pula yang dilakukan industri sepeda Polygon, sebagai

Indonesia itu Bagus

Wakil Presiden JK Lepas Tim Garuda Muda RMOL ke Elbrus

Wakil Presiden JK bersama tim Garuda Muda RMOL yang akan mendaki Gunung Elbrus (Ist) Empat pelajar dari kelompok pencinta alam SMA Negeri 68 Jakarta (Elpala) akan mengibarkan bendera Merah Putih

Slideshow

Sinergi Metranet dengan FPMDI untuk Kemajuan Media Digital

  CEO PT Metranet Didik B Santoso (tiga dari kiri) berpose bersama pengurus FPMDI, termasuk patainanews.com (tiga dari kanan) (Ist)  “Kegiatan seperti ini, akan terus kami lakukan dengan Forum Pimpinan

All About Indonesia

President University Bentuk Klub Protokol

Vice Rector III President University Agus H Canny (keempat dari kanan) (Ist) President University semakin menarik bagi mahasiswa lantaran kampus ini meresmikan berdirinya Klub Protokol tepat satu minggu setelah meresmikan

Hotel

Jelajah Festival Pesona Cirebon

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (berdiri paling kanan) hadir dalam pembukaan Festival Pesona Cirebon (Ist) Infrastruktur di Cirebon, Jawa Barat telah siap untuk mendukung wisata Cirebon sehingga akan bisa