The Magnificent Seven:  Indonesia’s Marine National Parks

el john

Memteri Pariwisata Arief Yahya (kedua dari kiri) (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik peluncuran buku The Magnificent Seven:  Indonesia’s Marine National Parks, merupakan karya bersama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta United Nations  Development Program (UNDP).  

“Buku the Magnificent Seven: Indonesia’s Marine National Parks merupakan sebuah karya yang dapat berkontribusi untuk menggalakan promosi pariwisata bahari ke luar negeri.  Kami mengusulkan pula softcopy file dari buku ini dapat dimasukkan kedalam website Wonderful Indonesia, agar bisa diunduh oleh para calon wisatawan mancanegara yang akan berkunjung ke Indonesia,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (2/6/2017).

Buku ini menggambarkan keindahan Taman Nasional Laut diberbagai daerah di Indonesia, antara lain Kepulauan Seribu-Jakarta, Wakatobi-Sulawesi Tenggara, Takabonerate-Sulawesi Selatan,  Karimun Jawa-Jawa Tengah, Bunaken-Sulawesi Utara, Togian-Sulawesi Tengah dan Teluk Cenderawasih-Papua, dengan keanekaragaman hayati lautnya yang sangat kaya.  

“Keindahan kehidupan alam bawah laut merupakan salah satu daya tarik pariwisata Indonesia. Para penggiat pariwisata bahari didunia berujar bahwa taman-taman laut nan indah di perairan Nusantara tadi sebagai Sekeping Surga Yang Jatuh ke Bumi,” sambung Menpar.

Menpar melanjutkan, wisata bahari khususnya taman laut yang tersebar itu merupakan salah satu kekuatan pariwisata karena negeri ini tiga perempat wilayahnya adalah maritim dengan kekayaan laut yang memiliki ragam keindahan panorama. Untuk itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan serangkaian terobosan untuk percepatan pembangunan wisata bahari dan membagi menjadi tiga bidang, yakni ‘coastal zone’ atau wisata bentang pantai, ‘sea zone’ atau wisata laut dan bergerak dari satu pulau ke pulau lainnya, dan ‘underwater’ melalui wisata bawah laut seperti diving (menyelam) dan snorkeling.

Indonesia juga memiliki 55 destinasi diving dan lebih dari 1.500 lokasi menyelam, tersebar dari Aceh sampai Papua dan jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan negeri jiran, seperti Malaysia atau Filipina. Keunggulan pariwisata Indonesia, khususnya pariwisata bahari sudah mendapat mengakuan dari berbagai pihak.   

Majalah Dive Magazine pada Februari 2017 lalu telah menetapkan Indonesia sebagai The Most Popular Dive Destination 2017. Sementara Majalah Travel & Leisure menetapkan Nihiwatu Resort, di Pulau Sumba telah pula ditetapkan sebagai #1 Hotel in The World-2016.

Kerja sama antara Kementerian LHK dengan Kementerian Pariwisata dapat lebih ditingkatkan guna menyiapkan taman-taman laut sebagai destinasi wisata bahari baru, termasuk  aksesibilitas udara melalui penerbangan langsung beberapa kota di Tiongkok menuju Manado guna mengunjungi Taman Nasional Bunaken, ataupun penerbangan langsung Denpasar – Wakatobi guna mengunjungi Taman Nasional Laut Wakatobi, juga penerbangan charter seaplanes route Batam – Pulau Bawah Resort di Kepulauan Riau.

Diharapkan peluncuran buku The Magnificent Seven: Indonesia’s Marine National Parks dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pariwisata khususnya bidang bahari. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Grand Tjokro Hotels Tambah Hotel

Suasana peresmian Hotel Grand Tjokro Bandung (Ist) Hotel Grand Tjokro Bandung yang tergabung dalam Grand Tjokro Hotels Indonesia memperkenalkan diri kepada publik sebagai hotel bintang empat yang baru berdiri di

Festival

Pesona MesaStila Peaks Challenge 2016 Ikut Promosikan Joglosemar

Press Conference Pesona MesaStila Peaks Challenge 2016 (Ist) Potensi wisata Indonesia terus menarik minat wisatawan mancanegara (wisman). Sport tourism sepertinya efektif untuk mendatangkan wisman. Lomba lari lintas alam Ultra Trail bertema

Tour Package

Sumsel Menuju Destinasi Sport Tourism

Seorang anak kecil yang merupakan warga Tanjung Raya, Empat Lawang tampak antusias melihat persiapan peserta menjelang pembukaan Etape I International Musi Triboatton 2016 Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mampu menjawab

Nature

Indonesia Destinasi Snorkeling Terbaik Dunia

Raja Ampat Raja Ampat dan Taman Nasional Komodo disebut sebagai 10 destinasi snorkeling terbaik di dunia. Hebatnya dua titik penyelaman di Indonesia ini berada di urutan teratas. Dikutip dari CNN Travel,

SightSeeing

El John Indonesia Berharap Dukungan Kementerian Pariwisata di Pentas Dunia

Michelle Alriani (Miss Earth Indonesia 2017) yang berangkat menuju Miss Earth 2017 (kedua dari kanan), Revindia Carina (1st Runner-up Putri Pariwisata Indonesia 2017) (paling kiri) yang berangkat menuju Miss Global

Tourism

Wisatawan Australia Lebih Suka Indonesia

Presiden Jokowi bersama Perdana Menteri yang merangkap Menteri Pariwisata Selandia Baru H E Mr John Philip Key menyaksikan penandatanganan MoU Kerja Sama di Bidang Pariwisata antarkedua negara yang ditandatangani Menteri