The World is in Our Hand

acara tedjoS

Seminar bertajuk The Power of Guerilla Tourism & Hospitality Networking yang diselenggarakan TTC Travel Mart di Jakarta, Sabtu (10/12/2016) (Ist)

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, tak bisa dipungkiri kiniĀ semua aspek di dunia, termasuk pariwisata, tengah merambah dunia digital.

Ha tersebut harus diterima dengan lapang dada oleh para pegiat pariwisata konvensional, seperti travel agent atau agen perjalanan wisata.

Demikian dipaparkan Rudiana Jones, Founder Indonesian Tour Leaders Association (ITLA) & Wita Tour dalam seminar bertajuk The Power of Guerilla Tourism & Hospitality Networking yang diselenggarakan TTC Travel Mart di Jakarta, Sabtu (10/12/2016).

“Menteri Pariwisata Arief Yahya juga terus-menerus bicara soal digital tourism. Ini mau tak mau harus diikuti terutama oleh travel agent konvensional,” tutur Rudiana.

Rudiana menjelaskan, saat ini ada sekitar 4.000 travel agent di seluruh Indonesia. Sementara jumlah Online Travel Agent (OTA) baru sekitar 40.

Lantas apakah travel agent konvensional harus banting setir menjadi OTA? Rudiana menjawab, tak harus seluruhnya digital. Cara konvensional pun saat ini masih dibutuhkan.

“Kita ambil contoh Panorama. Tahun lalu Panorama mulai mengenalkanĀ booking via website. Namun tetap melayani cara konvensional,” tambahnya.

Rudiana berpendapat, inilah saatnya lebih banyak travel agent merambah dunia digital sehingga bisa diakses dari mana saja.

“Saat ini kan semuanya berpusat pada smartphone. The world is in our hand. Travel agent harus bisa mengikuti agar tidak mati,” tuturnya.

Adapun acara ini diikuti sejumlah travel agent, seperti Ninik Irawan, Direktur Murni Wisata, Pius Sinurat dari Go Go Global dan Dessy Kumala Dewi, Vice President Travorama. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Herliansa Chrisnasari Puspita Serius Ikut Putri Pariwisata Indonesia 2017

Herliansa Chrisnasari Puspita (Ist) Herliansa Chrisnasari Puspita mengaku serius untuk mengikuti pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017. Ia menjelaskan, pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017 akan digelar pada 12 hingga 26 Agustus

Slideshow

Semangat Sumpah Pemuda, Forum Pimpinan Media Digital Dideklarasikan

Forum Pimpinan Media Digital (Ist) Sejumlah pimpinan media digital mendeklarasikan Forum Pimpinan Media Digital di Jakarta, Rabu (28/10/15) setelah menandatangani naskah deklarasi. Inisiator Forum Pimpinan Media Digital Wina Armada membacakan

Tourism

RI Promosikan Potensi Wisata Yacht ke Selandia Baru

Wisatawan asing akan semakin banyak berkunjung ke Indonesia, termasuk ke Bali setelah yacht banyak yang datang ke negeri ini (www.ninaflynnphotography.com) Yacht menjadi ceruk pasar yang digarap serius oleh Kementerian Pariwisata

Festival

Group Dharmawangsa Dukung KEK Tanjung Kelayang

Peletakan batu pertama pembangunan hotel di KEK Tanjung Kelayang tahap pertama oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur dan Konsorsium Belitung Maritime, Tanjung Binga, Tanjung Kelayang. Jumat (2/9/2016) (Ist) Menteri Pariwisata

Hotel

Pemerintah Perlu Dukung Imelda Budiman

Imelda Budiman (Ist) Pemerintah diharapkan mau mendukung kegiatan Mrs Indonesia World Imelda Budiman lantaran ia dikenal selama ini telah aktif mengenalkan dan mempromosikan budaya Indonesia di luar negeri, khususnya di

Hotel

Menpar Arief Yahya Luncurkan Pesona Wisata Ramadan dan Libur Lebaran 2018

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meluncurkan program Pesona Wisata Ramadan dan Libur Lebaran 2018 sebagai upaya mengatasi penurunan kunjungan wisman dan pergerakkan wisnus saat bulan Ramadan di Balairung Soesilo Soedarman,