Tidar Heritage Foundation Gelar Wayang Kulit di Magelang

WhatsApp Image 2017-03-26 at 19.53.58

SD Darmono (baju putih) (Ist)

Indonesia dengan Ketuhanan Yang Maha Esa harus menjadi satu pusat spiritual dunia. Di bawah panji-panji sila pertama Pancasila tersebut, spiritualitas bangsa Indonesia hidup dan berkembang. Kendati berasal dari berbagai agama, bangsa Indonesia bisa bersatu, menjadi bangsa dengan spiritualitas yang tinggi.

Potensi tersebut dijadikan pijakan oleh Tidar Heritage Foundation (THF) untuk terus mempromosikan Indonesia sebagai pusat spiritual dunia. THF pun me-launching Pariwisata Spiritual dengan menggelar pagelaran wayang yang menggambarkan perjalanan Resi Brotonirmoyo, orang suci yang lahir di dekat Gunung Tidar.

Seorang yang kemudian mengembangkan misi suci penuh spiritualisme dengan pesan perdamaian dan harmoni dengan tanpa memandang perbedaan ras, budaya dan agama. Adapun pagelaran wayang dihelat dalam Gala Dinner di The Club House of Borobudur International Golf Course yang berada tepat di kaki Gunung Tidar, Magelang, Sabtu (25/3/2017).

Dalam keyakinan spiritual orang Jawa, Tidar diyakini sebagai pusat dunia. Tidar adalah episentrum dunia. Gunung Tidar merupakan satu tempat spiritual. Sebanyak 14 wakil kedutaan negara sahabat dan konsulat hadir dalam acara ini.

Diantaranya Mongolia, Hungaria, Serbia, Kroasia, Laos, Libanon, Oman, Panama, Filipina, Venezuela, Australia, Jerman dan Republik Rakyat China. Tampak hadir pula sejumlah tokoh seperti Fadel Mohammad, Cosmas Batubara, Mardiyanto dan Didik Nini Thowok.

Dari Kementerian Pariwisata hadir Watie Murani (sekretaris Tim Percepatan Borobudur). Tamu menikmati pertunjukan wayang dengan panduan naskah yang dipaparkan lewat televisi yang diletakkan di depan penonton. Pertunjukan wayang menjadi lebih menarik karena pesinden yang tampil berasal dari sejumlah negara.

Ada Hiromi Kano (Jepang), Dora Hyorfi (Hungaria), dan Agnes Feroso (Amerika Serikat). “Saya suka. Saya sangat menikmatinya. Ada panduan yang sangat membantu untuk memahami jalan ceritanya,” ujar Jorg Kinnen, Kepala Divisi Pers dan Kebudayaan Kedutaan Jerman usai acara.

Hal yang sama juga disampaikan Steven Barraclough dari Kedutaan Australia. Steven malah lebih paham karena mengerti bahasa Indonesia dan sedikit bahasa Jawa. Sebelum pertunjukan wayang dimulai, SD Darmono dari THF selaku penyelenggara acara menguraikan tentang Tidar sebagai pusat spiritualitas.

Dikatakannya, Presiden Jokowi selalu mempromosikan Indonesia sebagai negara dengan pariwisata budaya yang kuat. Indonesia memiliki 700 lebih kearifan spiritual lokal. Kekayaan budaya spiritual yang luar biasa. Darmono menguraikan pula adanya keyakinan bahwa awal peradaban dunia dimulai dari Gunung Tidar.

“Kendati ini harus dibuktikan oleh para akademisi melalui risetnya, banyak yang meyakini bahwa Nabi Nuh membuat perahunya yang dari pohon jati itu di sini. Dan, setelah berlayar selama 40 hari 40 malam sampai ke Timur Tengah,” kata Darmono dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Indonesia adalah tanah yang sangat diberkahi dengan kecantikan alamnya sehingga disebut sebagai Zamrud Katulistiwa. Indonesia juga disebut sebagai Ring of Fires, Negeri Cincin Api karena adanya ratusan gunung api aktif. Semua orang tak henti berpikir mengapa Tuhan menganugerahkan 17 ribu pulau di sini.

“Yang semua ini meyakinkan banyak orang bahwa Indonesia akan menjadi pusat maritim dan oceanografi dunia. Juga pusat spiritualitas dunia,” tambah Darmono. Dari Gunung Tidar ini, THF ingin berkontribusi pada negara, bangsa, bahkan kepada dunia melalui perdamaian dan harmoni.

Langkah pertama yang dilakukan THF mendorong pemerintah mulai merevitalisasi Candi Borobudur sebagai Mekkah-nya umat Buddha dan menginisiasi kawasan khusus yang pengelolaannya di bawah pemerintah pusat. “Intinya, THF ingin pusat spiritual dunia itu tidak hanya di Roma, tidak hanya di India, tidak hanya di Jerusalem, tidak hanya di Mekkah. Indonesia, Tidar khususnya bisa menjadi pusat spiritual dunia. Sehingga orang pun berbondong-bondong ke sini. Indonesia telah membuktikan sebagai negara dengan spiritualitas tinggi lewat masyarakat yang damai dan harmoni,” urai Darmono.

Kepada hadirin, khususnya para perwakilan negara sahabat, Darmono berpesan untuk menyebarkan pengalaman malam itu kepada sebanyak mungkin kawan. Dan tidak lupa untuk mendukung Indonesia mengembangkan wisata kultural spiritual sebagai upaya untuk mendorong dunia yang damai dan harmoni.  

Sementara Staf Ahli Multikultual Kemenpar Hari Untoro menilai yang dilakukan THF itu dengan 3 P. Pertama performance. Acara THF dengan wayangan merupakan upaya mengangkat budaya daerah menjadi kekayaan budaya dunia.

“Ini semakin memperkokoh kawasan Joglosemar yang pusatnya di Borobudur dengan Tidar sebagai paku Jawanya,” tegas Hari. P yang kedua promosi. Atraksi wayang ini merupakan promosi mahakarya dunia. Karena wayang, keris dan batik merupakan warisan dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai World Heritage Intangible.

Dan Borobudur serta Prambanan adalah mahakarya dunia sebagai tangible heritage.

“Sedang P yang ketiga adalah proyeksi. Proyeksi ke depan Tidar Heritage Foundation memiliki komitmen untuk mendukung Kementerian mengembangkan kepariwisataan di sekitar Magelang dalam mengembangkan destinasi. Satu hal yang sangat positif,” tandas Hari. 

Menpar Arief Yahya mengucapkan selamat atas launching pariwisata spiritual yang digelar oleh Tidar Heritage Foundation (THF) di Magelang, Jawa Tengah. Dia berharap sukses di prlaksanaan, dan sukses dalam misi mengembangkan pariwisata di joglosemar dengan ikon Borobudur.

Acara yang dilanjutkan dengan pagelaran wayang dalam Gala Dinner di The Club House of Borobudur International Golf Course itu cukup sukses. Lokasinya cukup sejuk karena persis berada tepat di kaki Gunung Tidar, Magelang. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

Perpaduan Budaya Bisa Mengundang Wisatawan

Anak TK memainkan angklung dalam acara bernuansa Imlek gabungan antara TK Santa Cicilia dan TK Emanuel di Jakarta belum lama ini  Perayaan Imlek dan Cap Go Meh memang identik dengan

Airlines

Perlu Sentuhan Personal dalam Pariwisata

Presiden Direktur PT JAS Adji Gunawan (Ist) Wisatawan mancanegara yang selama ini berkunjung ke Indonesia untuk menikmati pariwisata dan budaya negeri ini memang beragam. Turis asing yang datang ke Tanah

Slideshow

Budaya Berkembang Diiringi Majunya Pendidikan

Ilustrasi Turis Asing Belajar Membatik (Ist) Tanpa melupakan kemajuan zaman, Yogyakarta masih terus mempertahankan budaya, khususnya budaya Jawa sehingga tetap menjadi destinasi favorit untuk dikunjungi turis, termasuk wisatawan mancanegara (wisman)

Cuisine

Wisatawan Mancanegara tak Bosan ke Indonesia

Destinasi wisata bahari di Samber Gelap, Kotabaru, Kalimantan Selatan (Ist) Blogger dunia asal Australia, Kylie Travers buka suara di Tambalong Green, Darling Harbour, Sydney, Australia, Minggu 1 Mei 2016. Saat

Destinations

Boleh Kasih Diskon tapi Jangan Sering

Astindo (Ist) Tak bisa dipungkiri selama ini agen perjalanan yang memberikan diskon besar-besaran tiket pesawat via online. Namun di sisi lain terkesan pelayanan terhadap traveler malah dilupakan. Seiring perkembangan zaman,