Tidar Heritage Foundation Menutup 2017 Gelar Sedekah Bumi

WhatsApp Image 2018-01-04 at 11.16.26

Agung, koordinator THF (kiri) bersama Dalang Karto Wijaya, pimpinan Warisan Pusaka Jaya Group (Ist)

Tidar Heritage Foundation (THF) menggelar pertunjukkan wayang kulit Betawi di depan pintu masuk Bekasi Power, Cikarang.

Adapun gelaran wayang kulit ini merupakan aktivitas penutup tahun 2017 THF sekaligus sebagai ucapan syukur atas tahun yang berlalu dan mohon kelancaran untuk segala usaha di tahun 2018 dengan mengusung tema ‘Melalui Budaya kita Bersama-sama Belajar, Bekerja dan Berbagi’.

Gelaran Wayang Kulit Betawi ini dilakukan, Sabtu (30/12/20`7) menjadi penutup rangkaian kegiatan sedekah bumi yang dimulai dengan melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ikhwan untuk melakukan doa bersama dan bakti sosial bersama anak yatim di Ponpes tersebut.

Dalam sambutannya Ustadz Abdul Kohar selaku pimpinan Ponpes Al Ikhwan mengatakan bahwa pentingnya berdoa dan berbagi kepada anak yatim agar segala maksud yang hendak dituju bisa tercapai. Sementara dalam kesempatan yang sama, Ustadz Farhan salah satu tokoh masyarakat di kecamatan Lubang Buaya yang hadir mengingatkan kepada para hadirin tentang pentingnya Bhinneka Tunggal Ika dalam setiap perilaku manusia Indonesia.

Selaras dengan tema Melalui Budaya Kita Bersama-sama Belajar, Bekerja dan Berbagi, THF menutup kegiatan dengan menggelar kebudayaan yang lekat dengan masyarakat Cikarang, yakni Wayang Kulit Betawi. THF mempercayakan maksud ini kepada Dalang Karto Wijaya, pimpinan Warisan Pusaka Jaya Group asal Kecamatan Tambelang untuk membawakan lakon Bumi Loka yang sesuai dengan tujuan sedekah bumi.

“Sedekah bumi adalah hal yang wajar ketika manusia ingin mengapresiasi berkah yang telah diperoleh. Sesuai dengan tema yang kami angkat, kami berbagi melalui pagelaran budaya. Karena kami mengadakan di Cikarang, maka kami menggelar pagelaran wayang kulit Betawi ini,” ungkap Agung, koordinator THF ketika dihubungi patainanews.com, Rabu (3/1/2018).

Ia menjelaskan, selain melalui pagelaran wayang kulit, THF juga memberikan santunan kepada anak yatim dan berdoa bersama mereka sesuai dengan kepercayaan mereka. “Tanpa memungut biaya dan undangan khusus, pertunjukan wayang kulit Betawi ini digelar untuk siapa saja yang ingin menikmati pagelaran wayang kulit malam itu,” ujarnya.

Agung menambahkan, Tidar Heritage Foundation adalah sebuah yayasan nirlaba yang bekerja untuk melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa dan memiliki visi menjalin persaudaraan antarsesama manusia, menjembatani perbedaan untuk terciptanya perdamaian dan keharmonisan. (Gabriel Bobby)

.

About author



You might also like

Airlines

Indahnya Keraton Kasepuhan Cirebon dengan Cat Pacific Paint

Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat (kiri) dengan Direktur Pacific Paint Suryanto Tjokrosantoso di Keraton Kasepuhan Cirebon Manajemen PT Pabrik Cat dan Tinta Pacific atau yang lebih dikenal dengan Pacific Paint

Heritage

Libur Imlek 2569, Turis Tiongkok ke Bali

Turis Tiongkok di Bali (Ist) Pesona pariwisata Bali tidak henti-hentinya menarik wisatawan mancanegara. Yang terbaru, Pulau Dewata dibanjiri 1000 wisatawan asal Tiongkok ketika ada perayaan Imlek 2018.  Kamis (15/2/2018), gelombang

Slideshow

Presiden Jokowi Dianugerahi Gelar Adat oleh Kesultanan Deli

Presiden Jokowi (ketiga dari kanan) (Ist) Presiden Jokowi menerima gelar Tuanku Sri Indera Utama Junjungan Negeri dari Kesultanan Deli. Penganugerahan gelar ini dihelat di ruang utama Istana Maimoon, Minggu (6

Hotel

Industri Pariwisata Berbasis Digital Didorong Berkembang

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Industri pariwisata berbasis digital didorong untuk terus berkembang melalui Program Startup Academy Batch II 2019 sebagai upaya menginkubasi dan menumbuhkan wirausaha baru di Indonesia.

All About Indonesia

Jonan Bagikan ‘Home Solar System’ untuk Masyarakat Maluku di HPN 2017

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan (Ist) Rumah warga di daerah yang belum dipasok aliran listrik akan segera memiliki lampu untuk penerangan. Ini yang menjadi komitmen Menteri

SightSeeing

Heavenly Maumere

Patung Bunda Maria di Maumere (Ist) Indonesia memang dikenal begitu besar potensi wisata bahari. Dan, itu tersebar mulai dari kawasan timur negeri ini hingga wilayah barat Indonesia. Menariknya tak hanya