Tidar Heritage Foundation Promosikan Wisata Spiritual

WhatsApp Image 2017-03-20 at 11.51.03

Suasana diskusi Wisata Spiritual Ujung Tombak Wisata Indonesia (Ist)

Potensi pariwisata Indonesia tak hanya sekadar alam yang indah sebab negeri ini ternyata juga punya potensi wisata spiritual. Ceruk wisata spiritual di Indonesia pun ditawarkan Tidar Heritage Foundation yang tengah gencar memasarkan wisata spiritual, khususnya di Candi Borobudur dan sekitarnya.

Adapun Tidar Heritage Foundation sebuah yayasan nirlaba yang bekerja untuk melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa dan memiliki visi menjalin persaudaraan antarsesama manusia, menjembatani perbedaan untuk terciptanya perdamaian dan keharmonisan.

SD Darmono, salah satu pendiri Tidar Heritage Foundation menjelaskan, wisata spiritual perlu dikembangkan di Nusantara agar bisa menarik minat wisatawan asing berkunjung ke Indonesia. Darmono menuturkan, wisata spiritual menjadi bagian penting budaya negeri ini sebab mengandung kearifan lokal yang tersebar di Tanah Air.

Potensi dan kekayaan budaya bangsa Indonesia ini menarik untuk dikembangkan dan dikenalkan kepada bangsa- bangsa di dunia agar nilai-nilai luhur yang bersifat universal dapat menjadi perekat antar bangsa, antarperadaban dan mereka juga turut menjaga kebhinekaan bangsa Indonesia.

Indonesia bisa menjadi tempat belajar dan praktik untuk mencari ilmu kesempurnaan hidup, tempat-tempat religi dan suci di Tanah Air bisa menjadi tempat destinasi wisata religi (spiritual tourism). Tentunya bukan hanya berkunjung ke tempat destinasi wisata dalam arti memenuhi kebutuhan fisik lahiriah, namun untuk melakukan re-charge dengan mengasah kepekaan batin sehingga menjadi manusia yang lebih produktif, lebih berperilaku jujur, adil, cinta kasih, menjauhi kekerasan dan selalu menjaga perdamaian.

Nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dan keajaiban bangsa Indonesia ini akan dikenalkan kepada bangsa-bangsa di dunia oleh Tidar Heritage Foundation melalui pagelaran wayang kulit dengan mengambil tema The Revelation of God through the holy spirit: received by Romo Resi Brotonirmoyo  yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Maret 2017 di Borobudur Golf, Lembah Gunung Tidar, Magelang.

Acara ini didukung oleh Presiden Jokowi, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Luar Negeri, Gubernur DIY, dan Gubernur Jawa Tengah, dan akan dihadiri 22 duta besar dan perwakilan negara sahabat dan 17 duta besar Indonesia untuk negara sahabat serta pemerhati budaya dan wisata dari dalam negeri dan luar negeri. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Culture

Jelang PATA Travel Mart 2016, Pemkab Kotabaru Siap Jadi Member PATA Indonesia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo di Kotabaru Tahun depan Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016, kegiatan internasional dalam dunia pariwisata. Momen tersebut terasa pas dengan

World Heritage

Lindy Ann Siap Tampilkan The Golden Route di JFW 2015

Lindy Ann (tengah) diapit dua model Sebagai upaya ikut melestarikan wastra Indonesia, khususnya batik, Lindy Ann Umarhadi yang dikenal sebagai perancang busana etnik di Tanah Air tengah menyiapkan koleksi yang

Nature

Sambut ASIAN GAMES 2018, Sumsel Gencar Promosi Pariwisata

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan tampak sangat serius untuk mendongkrak kunjungan wisatawan manca negara ke Indonesia, yang tentnnya ke Sumatera Selatan. Salah satu langkah yang dilakukan

Nature

Pelabuhan Lembar Ramai Dikunjungi Kapal Pesiar Internasional

Turis asing di Pelabuhan Lembar (Ist) Kapal pesiar internasional berukuran besar, Down Princess, yang membawa hingga 1.959 wisatawan dengan 843 kru kapal sandar di Pelabuhan Lembar, Mataram, NTB, Kamis (11/8/2016).

Festival

Memotret Kota Lama Semarang

General Manager Hotel Horison NJ Aditya Maulana (kemeja abu-abu dan berkaca mata) tampak serius mendengarkan penjelasan mengenai sejarah kota Semarang di Kampung Batik Semarang di kawasan Kota Lama Semarang (Ist)

Nature

Kunjungan Wisman Melalui Great Batam Meningkat

Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika Nia Niscaya (kiri) (Ist) Setelah sukses penyelenggaraan tahun 2015, ajang olahraga ‘manusia super’ Ironman 70.3 kembali  akan digelar di Bintan, Kepulauan