Tidar Heritage Foundation Promosikan Wisata Spiritual

WhatsApp Image 2017-03-20 at 11.51.03

Suasana diskusi Wisata Spiritual Ujung Tombak Wisata Indonesia (Ist)

Potensi pariwisata Indonesia tak hanya sekadar alam yang indah sebab negeri ini ternyata juga punya potensi wisata spiritual. Ceruk wisata spiritual di Indonesia pun ditawarkan Tidar Heritage Foundation yang tengah gencar memasarkan wisata spiritual, khususnya di Candi Borobudur dan sekitarnya.

Adapun Tidar Heritage Foundation sebuah yayasan nirlaba yang bekerja untuk melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa dan memiliki visi menjalin persaudaraan antarsesama manusia, menjembatani perbedaan untuk terciptanya perdamaian dan keharmonisan.

SD Darmono, salah satu pendiri Tidar Heritage Foundation menjelaskan, wisata spiritual perlu dikembangkan di Nusantara agar bisa menarik minat wisatawan asing berkunjung ke Indonesia. Darmono menuturkan, wisata spiritual menjadi bagian penting budaya negeri ini sebab mengandung kearifan lokal yang tersebar di Tanah Air.

Potensi dan kekayaan budaya bangsa Indonesia ini menarik untuk dikembangkan dan dikenalkan kepada bangsa- bangsa di dunia agar nilai-nilai luhur yang bersifat universal dapat menjadi perekat antar bangsa, antarperadaban dan mereka juga turut menjaga kebhinekaan bangsa Indonesia.

Indonesia bisa menjadi tempat belajar dan praktik untuk mencari ilmu kesempurnaan hidup, tempat-tempat religi dan suci di Tanah Air bisa menjadi tempat destinasi wisata religi (spiritual tourism). Tentunya bukan hanya berkunjung ke tempat destinasi wisata dalam arti memenuhi kebutuhan fisik lahiriah, namun untuk melakukan re-charge dengan mengasah kepekaan batin sehingga menjadi manusia yang lebih produktif, lebih berperilaku jujur, adil, cinta kasih, menjauhi kekerasan dan selalu menjaga perdamaian.

Nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dan keajaiban bangsa Indonesia ini akan dikenalkan kepada bangsa-bangsa di dunia oleh Tidar Heritage Foundation melalui pagelaran wayang kulit dengan mengambil tema The Revelation of God through the holy spirit: received by Romo Resi Brotonirmoyo  yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Maret 2017 di Borobudur Golf, Lembah Gunung Tidar, Magelang.

Acara ini didukung oleh Presiden Jokowi, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Luar Negeri, Gubernur DIY, dan Gubernur Jawa Tengah, dan akan dihadiri 22 duta besar dan perwakilan negara sahabat dan 17 duta besar Indonesia untuk negara sahabat serta pemerhati budaya dan wisata dari dalam negeri dan luar negeri. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

World Heritage

Ketika Teknologi Berperan Besar Promosikan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pariwisata Indonesia kini semakin dikenal di dunia sehingga kunjungan wisatawan asing ke negeri ini semakin banyak yang tertarik datang ke beragam destinasi wisata yang ada

Culture

Kadispar Sumsel Apresiasi Presiden Jokowi Dukung ASIAN GAMES 2018

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga menyampaikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang mendukung penuh penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018 di Jakarta dan

Airlines

Turis Asing Suka Maluku

Pantai Ora di Maluku (Ist) Destinasi wisata di Maluku ternyata diminati wisatawan, termasuk turis asing. Pengamatan patainanews.com selama ada di Ambon, Maluku pada 5 hingga 10 Februari 2017 terlihat cukup

SightSeeing

Cultural Identity di IFW 2018

Budaya khas Nusantara dan kearifan lokal menjadi alasan tersendiri bagi wisatawan mancanegara ketika tertarik berkunjung ke negeri ini lantaran budaya khas Nusantara dan kearifan lokal negeri ini mendukung pariwisata Indonesia.

Tourism

Ikut Pertemuan IMF-WBG, Menteri Pariwisata Jumpa Sekjen OECD

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya tiba di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018). Menteri asal Banyuwangi ini mengikuti rangkaian kegiatan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group (WBG).

Tourism

Menikmati dan Merawat Wisata Bahari

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (batik biru) menjadi narasumber dalam acara WWF Indonesia (Ist) Wisata bahari di Nusantara rupanya beragam. Tak hanya sebatas diving, snorkeling, dan lainnya namun juga