TIFF 2017, Tomohon Bidik Wisman

WhatsApp Image 2017-05-21 at 10.38.14

Launching Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017 (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya diwakili Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Promosi Pariwisata Nusantara (BP3N) Kementerian Pariwisata Mumus Muslim dan Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman me-launching Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Minggu (21/5/2017).

Penyelenggaraan event tahunan TIFF 2017 yang akan berlangsung di Kota Tomohon, Sulut pada 7 hingga 12 Agustus mendatang sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Tomohon yang memiliki daya tarik budaya (culture), wisata alam (nature), dan buatan manusia (manmade) serta mendukung program ‘North SulaWeSee’ maupun program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dalam mencapai target tahun 2017 sebesar 20 juta wisatawan mancangera (wisman) dan 265 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Penyelenggaraan TIFF 2017 yang memasuki tahun ke-7 kali ini mengangkat tema ‘The 7 Wonders of Tomohon’ dengan menampilkan tujuh daya tarik alam (nature) sebagai keajaiban dan keunikan alam Tomohon berupa tujuh gunung, tujuh danau, dan tujuh air terjun untuk meningkatkan kunjungan wisman dan wisnus ke Tomohon yang pada tahun 2015 lalu sebanyak 14.734 wisman dan 192.322 wisnus.

Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Promosi Pariwisata Nusantara (BP3N) Kementerian Pariwisata Mumus Muslim mengapresiasi penyelenggaraan TIFF 2017 merupakan upaya mempromosikan Kota Tomohon sebagai kota bunga dan pusat industri bunga terbesar di Indonesia Timur.

“Penyelenggaraan festival ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan daya tarik destinasi pariwisata Sulut, bila selama ini dikenal wisatawan dalam negeri dan mancanegara dengan obyek wisata bahari antara lain taman laut Pulau Bunaken, adanya penyelenggaan TIFF ini menjadikan Tomohon semakin dikenal oleh wisatawan sebagai kota dan pusat industri bunga dan menjadi daya tarik pariwisata Sulut,” kata Mumus dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Penyelenggaraan festival bunga ini, kata Mumus, sebagai upaya untuk meningkatkan daya tarik khususnya untuk unsur atraksi yang menjadi bagian penting dari unsur 3 A ( Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas) yang terus ditingkatkan. “Sulut memiliki amenitas dan aksesibiltas yang memadai, begitu pula dengan atraksi setiap kota memiliki festival budaya yang menarik,” kata Mumus.

Untuk aksesibilitas Sulut memiliki bandara internasional Samratulangi di Kota Manado yang dikenal sebagai northern hub yang melayani 15 tujuan penerbangan domestik dan 9 penerbangan internasional, yakni satu ke Singapura dan 8 kota di Tiongkok ( Chengdu, Chongqing, Guangzou, Hongkong, Wuhan, Nanchang, Changsha, Macau), sedangkan amenitas (hotel, restoran, dan taman rekreasi, dan MICE) banyak terdapat di Manado (memiliki 129 hotel bintang dan no-bintang dengan total kama mencapai 5.000) dan di kota Tomohon.

Sementara Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman menambahkan, penyelenggaraan TIFF 2017 sengaja mengangkat tema ‘The 7 Wonders of Tomohon untuk menegaskan bahwa Tomohon dikaruniai keindahan alam berupa 7 gunung (Gunung; Lokon, Empung, Tatawiran, Mahawu, Tampusu, Masarang, dan Kasuratan),7 danau (Danau;Tampusu, Linow, Pangolombian, Sineleyan, Panunuzaen, Linow Oki, dan Kasewean), dan 7 air terjun (Air Terjun; Tapahan Rinokrok, Tumimperas, Regesan, Ranowawa,TekaanTelu, Kanderawatu, dan Kinapesutan) kesemuanya merupakan keajaiban (wonders).

“Kota Tomohon dengan berbagai keunikan alam dan florikultura merupakan surga tersembunyi dengan berbagai keajaiban yang menyajikan keindahan alam mempesona,” kata Jimmy Feidie Eman. Adapun TIFF 2017 mengagendakan lima kegiatan utama, yakni Tournament of Flowers/Flower Parade (8 Agustus 2017) sebagai parade kendaraan hias yang diikuti oleh perwakilan negara sahabat, pemerintah propinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia,BUMN/BUMD, serta instansi/perusahaan swasta, Kontes Ratu Bunga Nusantara (7 – 10 Agustus 2017) sebagai ajang kontes menjaring minat dan bakat para putri terbaik se-Indonesia dalam mengembangkan minat dan bakat masing-masing serta kecintaan akan bunga dan Tomohon Flower Carnival (8 Agustus 2017) menampilkan eksotisme bunga dalam balutan pakaian kreatif yang dirancang oleh para perancang lokal maupun asional sebagai bagian dari Parade Bunga.

Selain itu Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara (8 hingga 12 Agustus 2017) menampilkan warisan seni dan budaya Nusantara, yang dikemas dalam atraksi menarik Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara (8-12 Agustus 2017) menampilkan warisan seni dan budaya Nusantara yang dikemas dalam atraksi menarik; dan Tourism, Trade, Investment, and Floriculture Expo (7-12 Agustus 2017) kegiatan pameran menyajikan pameran florikultura, landscape taman bunga, dan juga pameran pariwisata, perdagangan serta investasi.

Acara launching dan press conference TIFF 2017 didahului dengan kegiatan karnaval mini yang menampilkan flower fashion mini carnival, float kendaraan hias, dan pertunjukan tari Kabasaran (tari perang) dimulai dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju gedung Sapta Pesona, Jalan Merdeka Barat (Kantor Kemenpar). Acara karnaval mini ini menarik perhatian masyarakat yang sendang berolahraga dan rekreasi di ruas Jalan Soedirman-Thamrin saat memanfaatkan moment car free day hari Minggu.

Penyelenggaraan TIFF semula sebagai event dua tahunan bilingual event (Tahun 2008, 2010, 2012, dan 2014) kemudian sejak tahun 2015 event ini ditetapkan sebagai ajang tahunan atau annual event. Pada penyelenggaraan TIFF tahun 2014 diikuti 37 float kendaraan hias sebagai perwakilan dari beberapa provinsi/kota/kabupaten, BUMN/BUMD dan swasta, serta 6 perwakilan negara sahabat yakni; Hongkong, Rusia, Amerika, Perancis, Thailand, dan Filipina. (Gabriel Bobby)





About author



You might also like

World Heritage

Slank Gelar Konser Sambut GMT 2016 di Palu

Ilustrasi GMT 2016 di Indonesia (Ist) Grup band papan atas, Slank, akan tampil menghibur wisatawan saat fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016 di Palu, Sulawesi Tengah. Hal tersebut

Cuisine

Ke Moratai Semakin Mudah

Morotai yang indah (Ist) Kabar gembira datang dari Morotai di Maluku Utara. Mulai bulan ini, jadwal terbang ke Morotai tiga kali sehari, dari yang sebelumnya hanya dua kali sehari. Pokja 10

Festival

Wisata Halal Cocok di Indonesia

Wisatawan asing menyatu dengan warga setempat di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Lombok yang ada di Nusa Tenggara Barat semakin percaya diri menjadi destinasi wisata halal di Indonesia. Sejak Pulau Seribu

World Heritage

Memadukan Wisata Halal dengan Wisata Bahari

Menyatunya turis asing dengan warga setempat di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9

Slideshow

PWI Bantu Pemerintah Promosikan Indonesia ke Korsel

Benteng Kuto Besak (BKB) di Palembang, Sumatera Selatan (Ist) Sudah tiga tahun terakhir Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Asosiasi Wartawan Korea Selatan (JAK) melakukan kegiatan saling kunjung mengunjungi. Program persahabatan

World Heritage

Selayar Kembangkan Wisata Bahari

Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar Muhammad Basli Asli didampingi Ketua Umum GIPI Didien Junaidy tengah menjawab pertanyaan wartawan (Ist) GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) memfasilitasi pertemuan bertajuk ‘Selayar Tourism Investment Forum