Tiga Bank BUMN Dukung Kinerja PT Pelindo III

logo Pelindo III yg baru

Logo PT Pelindo III (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III menggandeng BNI, Bank Mandiri, dan BRI untuk meningkatkan kualitas layanan kepelabuhanan. Ketiga bank BUMN tersebut akan menyediakan layanan perbankan untuk memudahkan transaksi keuangan Pelindo III.

Komitmen sinergi PT Pelindo III dengan BNI, Bank Mandiri, dan BRI dituangkan dalam sebuah Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer, Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta, Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans, serta Direktur BRI Donsuwan Simatupang di Jakarta dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer mengatakan bahwa sinergi ini merupakan wujud nyata dukungan BUMN dalam mendorong peningkatan perekonomian nasional.

Menurutnya, penggunaan layanan perbankan dalam transaksi kepelabuhanan akan mempermudah proses bisnis di Pelindo III.  “Layanan ini tentunya akan meningkatkan produktivitas di pelabuhan, semakin mudah dan cepat proses transaksi keuangan semakin cepat pula proses bisnis di lapangan,” katanya.

Peningkatan produktivitas pelabuhan akan memberikan dampak positif dalam menekan biaya logistik nasional. Semakin cepat layanan yang diberikan oleh Pelindo III kepada pengguna jasa kepelabuhan, semakin efisien pula biaya yang harus dibayarkan oleh pengguna jasa.

“Pengguna jasa Pelindo III kebanyakan adalah perusahaan pelayaran, kapal ini menghasilkan uang dengan berlayar. Semakin lama di pelabuhan semakin besar biaya yang dikeluarkan, ini akan berdampak pada harga barang,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta menyatakan bahwa BNI, Bank Mandiri, dan BRI akan mendukung dan mengembangkan sistem layanan perbankan untuk Pelindo III.

Layanan perbankan tersebut dapat mendukung Pelindo III dalam meningkatkan efisiensi sekaligus mendorong pengembangan bisnis Pelindo III.

“Pelabuhan merupakan salah satu infrastruktur utama dalam mendorong perekonomian nasional. Pergerakan barang terjadi disini, baik perdagangan domestik maupun internasional,” jelasnya.

Sementara Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans menambahkan, dukungan ketiga bank BUMN kepada Pelindo III meliputi lending facility, trade finance, tresury line facility, liquidity management, dan beberapa layanan lainnya.

Pelindo III merupakan BUMN yang besar dan saat ini sektor maritim juga tengah menjadi perhatian pemerintah,” terangnya.

Dukungan BNI, Bank Mandiri, dan BRI juga diwujudkan dalam pemenuhan kebutuhan finansial Pelindo III. Pada Juni lalu, ketiga bank tersebut memberikan Kredit Sindikasi kepada Pelindo III senilai Rp4,5 triliun. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

Riau Serius Garap Pariwisata

Festival Bakar Tongkang di Riau (Ist) Riau selama ini dikenal sebagai salah satu daerah penyumbang minyak dan gas (migas) terbesar di Indonesia setelah Kalimantan. Belakangan, migas tidak lagi menjadi primadona

Cuisine

Bambu Spa Ikut Promosikan Budaya Indonesia

Booth Bambu Spa di Pekan Eaya Indonesia di Indonesia Convention Exhibition (ICE) (Ist) Bambu Spa sebagai bagian anak bangsa diketahui selama ini ikut mempromosikan budaya Indonesia sehingga budaya milik negeri

Culture

Puncak Peringatan HUT ke-3 patainanews.com

Berita Foto: Puncak perayaan HUT ke-3 patainanews.com dihadiri oleh President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri), wartawan patainanews.com Gabriel Bobby (tengah) dan Direktur Marketing PATA Indonesia Chapter Agus H Canny

Tour Package

Orang Kanada Suka Batik Indonesia

Avy Loftus (ketiga dari kiri) (Ist) Kain tradisional asli negeri ini, Batik Indonesia ternyata diminati masyarakat dunia. Bahkan, di Kanada, Batik Indonesia mendapat perhatian khusus sebab sudah dipelajari di sekolah

Tourism

69 Ribu Traveler Jadi Saksi Festival Bakar Tongkang 2018

Festival Bakar Tongkang 2018 di Riau sukses tarik 69 ribu wisatawan (Ist) Festival Bakar Tongkang 2018 di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau sukses menarik minat 69 ribu wisatawan. Hal tersebut

Travel Operator

Tour de Flores 2016 Heboh di Media Sosial

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan kepada Gubernur Nusa Tenggara Timur (NT) Frans Lebu Raya akan pentingnya membuat event internasional seperti Tour de Flores 2016.