Tiga Bank BUMN Dukung Kinerja PT Pelindo III

logo Pelindo III yg baru

Logo PT Pelindo III (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III menggandeng BNI, Bank Mandiri, dan BRI untuk meningkatkan kualitas layanan kepelabuhanan. Ketiga bank BUMN tersebut akan menyediakan layanan perbankan untuk memudahkan transaksi keuangan Pelindo III.

Komitmen sinergi PT Pelindo III dengan BNI, Bank Mandiri, dan BRI dituangkan dalam sebuah Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer, Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta, Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans, serta Direktur BRI Donsuwan Simatupang di Jakarta dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer mengatakan bahwa sinergi ini merupakan wujud nyata dukungan BUMN dalam mendorong peningkatan perekonomian nasional.

Menurutnya, penggunaan layanan perbankan dalam transaksi kepelabuhanan akan mempermudah proses bisnis di Pelindo III.  “Layanan ini tentunya akan meningkatkan produktivitas di pelabuhan, semakin mudah dan cepat proses transaksi keuangan semakin cepat pula proses bisnis di lapangan,” katanya.

Peningkatan produktivitas pelabuhan akan memberikan dampak positif dalam menekan biaya logistik nasional. Semakin cepat layanan yang diberikan oleh Pelindo III kepada pengguna jasa kepelabuhan, semakin efisien pula biaya yang harus dibayarkan oleh pengguna jasa.

“Pengguna jasa Pelindo III kebanyakan adalah perusahaan pelayaran, kapal ini menghasilkan uang dengan berlayar. Semakin lama di pelabuhan semakin besar biaya yang dikeluarkan, ini akan berdampak pada harga barang,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta menyatakan bahwa BNI, Bank Mandiri, dan BRI akan mendukung dan mengembangkan sistem layanan perbankan untuk Pelindo III.

Layanan perbankan tersebut dapat mendukung Pelindo III dalam meningkatkan efisiensi sekaligus mendorong pengembangan bisnis Pelindo III.

“Pelabuhan merupakan salah satu infrastruktur utama dalam mendorong perekonomian nasional. Pergerakan barang terjadi disini, baik perdagangan domestik maupun internasional,” jelasnya.

Sementara Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans menambahkan, dukungan ketiga bank BUMN kepada Pelindo III meliputi lending facility, trade finance, tresury line facility, liquidity management, dan beberapa layanan lainnya.

Pelindo III merupakan BUMN yang besar dan saat ini sektor maritim juga tengah menjadi perhatian pemerintah,” terangnya.

Dukungan BNI, Bank Mandiri, dan BRI juga diwujudkan dalam pemenuhan kebutuhan finansial Pelindo III. Pada Juni lalu, ketiga bank tersebut memberikan Kredit Sindikasi kepada Pelindo III senilai Rp4,5 triliun. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Banten Andalkan Tanjung Lesung Memikat Wisman

Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo (kiri), Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Esthy Reko Astuty, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten Eneng Nurcahyari (kedua dari kanan) Banten

Hotel

Claudia Ingkiriwang, Guru yang Hobi Menulis Traveling

Claudia Ingkiriwang, President Director PT Jungleland Asia (kanan) (Ist) Cantik, hobi traveling, dan suka menulis. Tak hanya itu, perempuan berparas cantik ternyata juga seorang guru. Menarik memang mengamati Claudia Ingkiriwang,

Tour Package

Indahnya Morotai Menggoda Wisatawan

Morotai yang indah (Ist) Morotai, pulau di ujung Pasifik di Maluku Utara sudah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Bahkan sejak masa pemerintahan Presiden SBY, namun tidak banyak bergerak

Cuisine

PATA Travel Mart 2016 di ICE Bukti Kesiapan Pariwisata Indonesia Sambut Wisatawan Mancanegara

Segera ikut PATA Travel Mart 2016 (Ist) Acara bergengsi The 39th PATA Travel Mart (PTM) 2016 akan diselenggarakan di Indonesia, tepatnya di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Banten. Event

SightSeeing

Promosi Tanjung Lesung di Ancol

Berita Foto: Direktur Murni Wisata Ninik Irawan (berhijab) ikut mempromosikan Tanjung Lesung, destinasi wisata yang ada di Banten di Ancol, Jakarta Utara bertepatan dengan penyelenggaraan Tafisa World Games 2016. Ninik

Culture

Pemerintah harus Fokus Kembangkan Wisata Halal di Indonesia

Ilustrasi turis dari kawasan Timur Tengah (Ist) Pemerintah diharapkan untuk fokus dan serius mengembangkan dan mempromosikan wisata halal di Indonesia sehingga promosi wisata halal negeri ini di luar negeri harus