Tiga Bank BUMN Dukung Kinerja PT Pelindo III

logo Pelindo III yg baru

Logo PT Pelindo III (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III menggandeng BNI, Bank Mandiri, dan BRI untuk meningkatkan kualitas layanan kepelabuhanan. Ketiga bank BUMN tersebut akan menyediakan layanan perbankan untuk memudahkan transaksi keuangan Pelindo III.

Komitmen sinergi PT Pelindo III dengan BNI, Bank Mandiri, dan BRI dituangkan dalam sebuah Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer, Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta, Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans, serta Direktur BRI Donsuwan Simatupang di Jakarta dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer mengatakan bahwa sinergi ini merupakan wujud nyata dukungan BUMN dalam mendorong peningkatan perekonomian nasional.

Menurutnya, penggunaan layanan perbankan dalam transaksi kepelabuhanan akan mempermudah proses bisnis di Pelindo III.  “Layanan ini tentunya akan meningkatkan produktivitas di pelabuhan, semakin mudah dan cepat proses transaksi keuangan semakin cepat pula proses bisnis di lapangan,” katanya.

Peningkatan produktivitas pelabuhan akan memberikan dampak positif dalam menekan biaya logistik nasional. Semakin cepat layanan yang diberikan oleh Pelindo III kepada pengguna jasa kepelabuhan, semakin efisien pula biaya yang harus dibayarkan oleh pengguna jasa.

“Pengguna jasa Pelindo III kebanyakan adalah perusahaan pelayaran, kapal ini menghasilkan uang dengan berlayar. Semakin lama di pelabuhan semakin besar biaya yang dikeluarkan, ini akan berdampak pada harga barang,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta menyatakan bahwa BNI, Bank Mandiri, dan BRI akan mendukung dan mengembangkan sistem layanan perbankan untuk Pelindo III.

Layanan perbankan tersebut dapat mendukung Pelindo III dalam meningkatkan efisiensi sekaligus mendorong pengembangan bisnis Pelindo III.

“Pelabuhan merupakan salah satu infrastruktur utama dalam mendorong perekonomian nasional. Pergerakan barang terjadi disini, baik perdagangan domestik maupun internasional,” jelasnya.

Sementara Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans menambahkan, dukungan ketiga bank BUMN kepada Pelindo III meliputi lending facility, trade finance, tresury line facility, liquidity management, dan beberapa layanan lainnya.

Pelindo III merupakan BUMN yang besar dan saat ini sektor maritim juga tengah menjadi perhatian pemerintah,” terangnya.

Dukungan BNI, Bank Mandiri, dan BRI juga diwujudkan dalam pemenuhan kebutuhan finansial Pelindo III. Pada Juni lalu, ketiga bank tersebut memberikan Kredit Sindikasi kepada Pelindo III senilai Rp4,5 triliun. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Airlines

Promosi ke Luar Negeri untuk Cross Triathlon 2018 di Tanjung Lesung

Menikmati sunset di Tanjung Lesung (Ist) Manajemen PT Banten West Java (BWJ) akan melakukan promosi di luar negeri, yakni di Singapura dan Hongkong untuk penyelenggaraan cross triathlon di Indonesia pada

Cuisine

Ketika Wisatawan Mancanegara Suka Naik Kereta Api

Suasana Stasiun Gambir ketika malam hari Tak bisa dipungkiri Indonesia selama ini dikenal sebagai negeri yang kaya akan keindahan alam di destinasi wisata yang begitu diminati wisatawan, termasuk turis asing.

Indonesia itu Bagus

Wakil Presiden JK Lepas Tim Garuda Muda RMOL ke Elbrus

Wakil Presiden JK bersama tim Garuda Muda RMOL yang akan mendaki Gunung Elbrus (Ist) Empat pelajar dari kelompok pencinta alam SMA Negeri 68 Jakarta (Elpala) akan mengibarkan bendera Merah Putih

All About Indonesia

Cesbbi Semakin Eksis ke Malaysia

Cessbi (Ist) Traveling ternyata bisa menciptakan peluang bisnis. Ya, bermula dari suka traveling bersama keluarga keliling berbagai destinasi wisata di Indonesia menimbulkan ide bisnis bagi Ayu Hermanu. Sosok satu ini

Hotel

Asnawi Bahar Imbau Anggotanya Go Digital

Menteri Pariwisata Arief Yahya menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun ASITA yang ke-46. Arief Yahya menerima tumpeng dari Ketua Umum ASITA Asnawi Bahar (Ist) Ada yang istimewa dari Ulang Tahun Association of The

Destinations

Danau Toba Miliki Toilet Berkelas Bintang Lima

Toilet Bersih Bintang Lima di sekitar kawasan wisata Danau Toba (Ist) Toilet di sekitar destinasi Danau Toba sudah mulai berubah wajah. Pengolahan waste–nya menggunakan biotank yang ramah lingkungan. Kompositnya ditata