Tiga Bank BUMN Dukung Kinerja PT Pelindo III

logo Pelindo III yg baru

Logo PT Pelindo III (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III menggandeng BNI, Bank Mandiri, dan BRI untuk meningkatkan kualitas layanan kepelabuhanan. Ketiga bank BUMN tersebut akan menyediakan layanan perbankan untuk memudahkan transaksi keuangan Pelindo III.

Komitmen sinergi PT Pelindo III dengan BNI, Bank Mandiri, dan BRI dituangkan dalam sebuah Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer, Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta, Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans, serta Direktur BRI Donsuwan Simatupang di Jakarta dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer mengatakan bahwa sinergi ini merupakan wujud nyata dukungan BUMN dalam mendorong peningkatan perekonomian nasional.

Menurutnya, penggunaan layanan perbankan dalam transaksi kepelabuhanan akan mempermudah proses bisnis di Pelindo III.  “Layanan ini tentunya akan meningkatkan produktivitas di pelabuhan, semakin mudah dan cepat proses transaksi keuangan semakin cepat pula proses bisnis di lapangan,” katanya.

Peningkatan produktivitas pelabuhan akan memberikan dampak positif dalam menekan biaya logistik nasional. Semakin cepat layanan yang diberikan oleh Pelindo III kepada pengguna jasa kepelabuhan, semakin efisien pula biaya yang harus dibayarkan oleh pengguna jasa.

“Pengguna jasa Pelindo III kebanyakan adalah perusahaan pelayaran, kapal ini menghasilkan uang dengan berlayar. Semakin lama di pelabuhan semakin besar biaya yang dikeluarkan, ini akan berdampak pada harga barang,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta menyatakan bahwa BNI, Bank Mandiri, dan BRI akan mendukung dan mengembangkan sistem layanan perbankan untuk Pelindo III.

Layanan perbankan tersebut dapat mendukung Pelindo III dalam meningkatkan efisiensi sekaligus mendorong pengembangan bisnis Pelindo III.

“Pelabuhan merupakan salah satu infrastruktur utama dalam mendorong perekonomian nasional. Pergerakan barang terjadi disini, baik perdagangan domestik maupun internasional,” jelasnya.

Sementara Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans menambahkan, dukungan ketiga bank BUMN kepada Pelindo III meliputi lending facility, trade finance, tresury line facility, liquidity management, dan beberapa layanan lainnya.

Pelindo III merupakan BUMN yang besar dan saat ini sektor maritim juga tengah menjadi perhatian pemerintah,” terangnya.

Dukungan BNI, Bank Mandiri, dan BRI juga diwujudkan dalam pemenuhan kebutuhan finansial Pelindo III. Pada Juni lalu, ketiga bank tersebut memberikan Kredit Sindikasi kepada Pelindo III senilai Rp4,5 triliun. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Indonesiaku

Pelindo III Bagikan 6.300 Paket Sembako Gratis

Pembagian sembako oleh Pelindo III (Ist) Pada Ramadan 1438 H, PT Pelindo III memperlihatkan kepeduliannya kepada sesama sebab BUMN satu ini tak hanya sekadar mengejar profit semata. “Di bulan yang penuh

SightSeeing

Upaya Tanjung Lesung Mengundang Investor

Bisnis forum bertemakan Indonesia Tourism Investment yang bertempat di President Lounge Menara Batavia, Jakarta (Brian) PATA Indonesia Chapter, Administrator KEK Tanjung Lesung bersama dengan pemerintah kabupaten Pandeglang, Banten mengadakan bisnis

Cuisine

EL JOHN Perkenalkan Budaya Indonesia di Panggung Dunia

Founder and Chairman EL JOHN Pageants Johnnie Sugiarto (kiri) dalam press conference Moriska The Supermodel Indonesia 2017 (Ist) Moriska, The Supermodel Indonesia 2017 mengaku siap mengharumkan nama Indonesia lewat ajang internasional

Slideshow

Konser Musik Dunia Harus Digelar di Jakarta

Muhamad Idrus (kemeja putih dan peci hitam) berpose bersama dengan FPMDI (Ist) Industri kreatif harus dirangsang dan difasilitasi supaya tumbuh subur. Itu yang akan dilakukan calon gubernur DKI Jakarta Muhamad

Culture

Kereta Wisata Priority, Layanan VVIP Sekelas Presiden untuk Free Independent Traveler

Kereta wisata Priority ke Solo dan Yogyakarta. Rencana akhir tahun ini akan ke Semarang dan terus ke Surabaya (Ist) Manajemen PT Kereta Api Pariwisata sejak 4 Agustus lalu telah secara

Tourism

Astindo akan Gelar Musyawarah Anggota Jakarta

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) DPP Astindo DKI Jakarta merencanakan akan menggelar musyawarah anggota DPP DKI Jakarta yang rencana akan dihadiri oleh tiga menteri, yakni Menteri Pariwisata Arief Yahya,