Tiga Strategi Pemulihan SDM Pariwisata Banten Pasca-Tsunami

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Bupati Pandeglang Irna Narulita (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arieh Yahya menerapkan tiga strategi pemulihan sumber daya manusia (SDM) yang bergerak di sektor pariwisata Banten pasca-tsunami Selat Sunda meliputi pengembangan SDM dan kelembagaan, pemasaran di destinasi tak terdampak, dan destinasi terdampak.

Menpar Arief Yahya saat hadir menutup Pelatihan Balawista (Badan Penyelamat Wisata Tirta) di Pantai Pasir Putih, Carita, Pandeglang, Banten, pada Selasa (12/2/2019) menekankan tiga strategi tersebut yang akan dilakukan kementeriannya dalam memulihkan kembali dan membangkitkan sektor pariwisata di Banten.

Dalam Kunjungan Kerja ke Banten kali ini, Menpar Arief Yahya didampingi oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Kemenpar Dadang Rizki Ratman, serta Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani.

“Pasca tsunami Kemenpar akan memulihkan SDM pariwisata antara lain melalui upaya penyelamatan fisik seperti pembentukan Balawista, sertifikasi, dan ‘trauma healing’,” ujar Menpar Arief dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Dalam penyelamatan fisik, Menpar Arief Yahya mengapresiasi kinerja Balawista yang menjadi salah satu garda terdepan saat mengevakuasi korban-korban pasca-tsunami Selat Sunda. Sementara itu untuk kelembagaan yang lebih baik pihaknya akan menerapkan program sertifikasi terkait keahlian pariwisata dan untuk itu Menpar menjanjikan sertifikasi kepada 2.000 orang.

“Untuk sertifikasi akan ada 2.000 orang yang akan kami sertifikasi, 1.800 orang di Banten dan 200 orang di Lampung,” ujar Menpar Arief.

Ia juga menyadari trauma yang banyak dialami korban-korban gempa dan tsunami, Menpar juga meminta agar jajarannya memberikan sesi khusus “trauma healing”. “Yang terakhir dan paling penting yaitu ‘trauma healing’ kondisi kejiwaan dan spiritual, manusia secara fisik bisa di selamatkan tetapi untuk urusan kejiwaan dan spiritual masih akan merasa trauma. Melihat pengalaman TNI dan Polri dalam menangani ‘trauma healing’ pada bencana Lombok kemarin, salah satu cara tercepat untuk memulihkan kejiwaan orang yang terkena gempa adalah pendekatan spiritual,” jelasnya.

Sesuai arahan Presiden Jokowi, Menpar Arief menekankan waktu pemulihan pasca-bencana hanya berlangsung tiga bulan. Menpar berharap pelaku industri pariwisata tidak berlarut-larut dalam kondisi yang ada. Dijelaskannya, pelaku usaha yang terus berkutat dalam rasa ‘sakit’ akan sulit untuk bangkit.

“Kondisinya, pariwisata pesisir Banten sedang sakit karena bencana. Tapi setelah tiga bulan tidak boleh lagi mengeluh sakit. Misalnya, saat okupansi hotel sedang turun, bagaimana bisa perusahaan memberikan gaji, insentif, dan sebagainya kepada pegawai,” terang Menpar Arief.

Dalam acara penutupan Pelatihan Balawista, Menpar juga menyaksikan langsung simulasi penyelamatan wisatawan yang dilakukan para Balawista setelah melakukan pelatihan intensif selama 15 hari, serta memberikan piagam penghargaan kepada Balawista terbaik di tiap angkatan.

Agenda Kunker Banten akan dilanjutkan dengan kunjungan Menpar ke Jambore Pokdarwis dan HPI di Mutiara Carita Hotel & Cottage, Festival Kuliner Pandeglang di Coconut Island, serta menjadi pembicara kunci di Seminar Asosiasi Rekreasi Keluarga Indonesia (ARKI). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Tanjung Lesung yang Semakin Lengkap

Peletakan batu pertama Dive Center di Tanjuug Lesung (Ist) Destinasi wisata Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten kini semakin lengkap sebab tengah dibangun Dive Center. Tak hanya itu, manajemen PT Banten

Tourism

Kemenpar Dukung BRI Dorong Pertumbuhan Pariwisata

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizky Handayani (kanan), Direktur Konsumer Bank BRI Handayani (tengah) (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung program BRI Online Travel Fair ke-22 yang diinisiasi oleh

Airlines

Jembatan Ampera Pusat Melihat GMT 2016 di Palembang

Jembatan Ampera di Palembang (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan akan menutup Jembatan Ampera untuk pengamatan fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 di jembatan kebanggaan masyarakat Palembang itu pada 9

Culture

Kemenpar Gandeng Tiket.com Kejar Target Kunjungan Wisman 2019

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng Tiket.com bekerja sama untuk mengejar target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang mencapai 20 juta orang pada 2019. Sebagai salah satu travel

Indonesiaku

PT Pelindo III Perhatikan Sesama

Ketua tim dr Urip Murtejo bersama tim dokter operasi Bintang memberikan penjelasan mengenai operasi tumor gusi yang diderita oleh Shinwan Bintang Wiratama (Ist) BUMN PT Pelabuhan Indonesia III bersama tim

Indonesia itu Bagus

Luncurkan Jokowi App, Rayakan Pemilu dengan Gembira

Organ relawan yang tergabung dalam tim kampanye nasional (TKN) #)1, #2019LoveJokowi (Love Jo) ikut memeriahkan #01Fest (Ist) Masa kampanye harus dibuat sebagai ‘pesta demokrasi’, bukan untuk menakut-nakuti rakyat. Pernyataan itu