Tomohon Genjot Kunjungan Wisatawan

Launching TIFF 2018 (Ist)

Event Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang memasuki tahun ke-8 berhasil mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Event TITF 2018 yang akan berlangsung di Kota Tomohon pada 7 hingga 12 Agustus mendatang menargetkan kunjungan sebanyak 200 ribu pengunjung terdiri atas 20 ribu wisatawan mancanegara (wisman) dan 180 ribu wisatawan Nusantara (wisnus).

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, penyelenggaraan event TIFF selain menjadi ajang promosi pariwisata yang efektif juga mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Tomohon tahun 2016 silam sebanyak 26.441 wisman meningkat menjadi 89.736 pada 2017, sedangkan kunjungan wisnus meningkat hingga 455.679 wisnus di 2017.

“Untuk seukuran Kota Tomohon dengan perolehan 90 ribu wisman sangat bagus bila dibandingkan tingkat provinsi di Sumatara hanya sekitar 100 ribu. Juga kunjungan wisnus ke Tomohon sebanyak 500 ribu sangat bagus, dibandingkan destinasi Lombok yang sudah terkenal, misalnya, hanya meraih 1 juta wisnus,” kata Menpar Arief Yahya dalam acara Jumpa Pers Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin. (9/7/2018).

Menpar Arief Yahya menjelaskan, unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) Tomohon tidak ada masalah karena untuk akses mudah ditempuh jalan darat berjarak sekitar 25 km atau sekitar setengah jam dari Kota Manado dan ini tidak ada masalah. Sementara untuk amenitas, Tomohon yang segera memiliki hotel bintang lima diharapkan banyak membangun homestay.

“Homestay sangat cocok untuk mendukung pariwisata Tomohon,” kata Menpar Arief Yahya seraya memberi apresiasi Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang menempatkan sektor pariwisata sebagai leading sector Kota Tomohon.

Walikota Jimmy Feidie Eman mengatakan, penyelenggaraan TIFF 2018 menjadi sarana promosi serta meningkatkan ekonomi masyarakat petani dan perajin bunga dalam kegiatan kepariwisataan ecotourism maupun agro tourism.

“Bunga dan tananam hias merupakan bagian dari budaya masyarakat Tomohon dan menjadi daya tarik pariwisata yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Jimmy Feidie didampingi Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan.

Festival tahunan TIFF 2018 diikuti sejumlah negara antara lain Republik Ceko, Jepang, Member of C.A.F.E, dan Georgia. Event yang kali ini mengangkat tema ‘Beautiful Tomohon: Sing With Flower’ dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan antara lain Tournament of Flowers (Flower Parade) dan Flower Fashion Carnival yang berlangsung di Jalan Protokol Kota Tomohon pada 8 Agustus mendatang.

Selain itu pameran Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo; dan Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara yang berlangsung di Panggung Pameran Stadion Babe Palar Tomohon pada 7-12 Agustus 2018. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Ikut Pertemuan IMF-WBG, Menteri Pariwisata Jumpa Sekjen OECD

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya tiba di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018). Menteri asal Banyuwangi ini mengikuti rangkaian kegiatan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group (WBG).

Airlines

Golden Mind Siapkan Karakter Penerus Bangsa

Frans Salton Lepong tengah memberikan materi kepada anak-anak di Teen Summer Camp 2018 Generasi muda sangat dibutuhkan Indonesia untuk meneruskan pembangunan di Nusantara tercinta ini. Karenanya perlu disiapkan sejak dini

World Heritage

Indonesia Bidik Turis Tiongkok

Kalibiru di Yogyakarta merupakan destinasi yang akan diminati turis asing yang berkunjung ke Indonesia (Ist) Pemerintah terus mengembangkan pasar wisatawan asing. Negara-negara yang tersebar di dunia, seperti Great Tiongkok, Singapura,

Tourism

Putri Pariwisata Indonesia Ikut Promosikan 10 Destination Brandings

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel, Miss Intercontinental Indonesia 2016 Dani Wulandari, Kep Seribu Tourism Ambassadrees Dani Wulandari  menghadiri launching 10 Destination Brandings di kementerian Pariwisata (Ist) Putri Pariwisata

Cuisine

Pempek Tince, Pempek Presiden

Pempek Tince (Ist) Kuliner khas asal Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), pempek sepertinya digemari berbagai kalangan. Bahkan, Presiden RI pun menyukai pempek. Dan, yang terkenal adalah Pempek Tince. Plt Kepala Dinas Kebudayaan

Travel Operator

Yogyakarta bukan Hanya Malioboro

Menikmati Kalibiru (Ist) Yogyakarta bukan hanya Malioboro, Pantai Parangtritis, maupun Candi Prambanan. Menyaksikan Waduk Sermo yang berselimutkan kabut pada pagi hari dan pemandangan mentari yang terbenam di barat saat senja