‘Tradition is more forward, not backward’

rektor pu sama bule

Rektor President University Chandra Setiawan (kiri) dengan Profesor Luiz Abel Magro Moutinho (Ist) 

President University dengan bangga mengundang Profesor Luiz Abel Magro Moutinho, Guru Besar yang sarat kekinian ilmu dibidang Bio Marketing dan Futures Research, DCU Business School, Dublin City University, Irlandia berkunjung ke Indonesia untuk menjadi keynote speech internasional pada kegiatan Wisuda Sarjana ke-10 President University nanti 28 Mei mendatang di Jababeka Convention Center (JCC) di Jababeka Education Park di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, tempat berlokasinya 1700 perusahaan multinasional dari 30 negara.

Mengawali sebelum acara wisuda sarjana, Profesor Luiz Abel Magro Moutinho menjadi pembicara tunggal di kegiatan CEO Talk yang dibuka Rektor President University Chandra Setiawan, Selasa (24/5/2016) di President Lounge, Menara Batavia, Jakarta dengan mengambil tema The Anticipation of an Upcoming Global Far-Sighted Shift.

The world is changing, dunia telah berubah dengan cepat yang ditandai terciptanya ledakan 1 miliar populasi usia senior 60 tahun dalam 10 tahun terakhir.

Paling sedikit 75 persen kelompok ‘the rich’ di Amerika Serikat dan Inggris, bahkan dinegara-negara maju adalah berasal dari kelompk senior berusia 65 tahun dan kebanyakan khususnya adalah kelompok wanita.

Terdapat tiga tren dalam urbanisasi dunia,  terbentuknya Mega City, yaitu kota yang berpenduduk lebih dari 10 juta, seperti London, Jakarta, dan Shanghai.

Mega Region yaitu gabungan atau kombinasi dua kota atau kabupaten atau ‘rural area’ menjadi satu ‘regional’ yang memilki populasi mencapai lebih dari 15 juta, seperti Johannesburg dan Pretoria membentuk Jo-Toria.

Mega Corridors, yaitu koridor yang menghubungkan dua kota besar atau Mega Region, seperti Hongkong-Shenzen-Guangshou di China dengan populasi lebih dari 120 juta.

Prof Luiz, lebih jauh membahas tentang ‘Tradition is more forward, not backward’ serta tentang ‘simplicity’. Perkembangan tekonologi dan meningkatnya akses terhadap internet, perubahan iklim, berubahnya geo-politik, dan pertumbuhan ekonomi, berubahnya model populasi, globalisasi dan migrasi telah mendorong terjadinya “networks society” (mobile, broadband, cloud). 

Mega Trends berpengaruh terhadap meningkatnya ‘mobility integration’, yaitu urbanization, car sharing/car pooling, e-mobility, smart cities, high speed dlsb. 

Apa dan bagaimana antisipasi Indonesia sebagai salah satu dari tiga negara besar di ASEAN atau sebagai anggota dari G-20 dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

Festival

Tomohon Incar Turis Tiongkok

Launching Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017 (Ist) Sulawesi Utara kini diminati wisatawan Tiongkok. Karenanya Tomohon yang juga ada di Sulawesi Utara akan ikut serta mendukung upaya Sulawesi Utara menjaring turis

Heritage

Mengintip ICE, Venue untuk PATA Travel Mart

Peserta berpose bersama di Nusantara Hall ICE BSD (Ist) Peserta Rakor MICE 2016 yang digelar Kementerian Pariwisata mendapat kesempatan untuk melihat venue MICE, seperti ICE (Indonesia Convention Exhibition) di Bumi

Cuisine

Inovasi untuk Menarik Wisatawan Lebih Banyak

Turis asing di Indonesia (Ist) President University bekerja sama dengan PATA Indonesia Chapter mengadakan seminar yang bertemakan Smart Destination – Future Tourism yang bertempat di President Lounge, Menara Batavia. Seminar

Slideshow

Wonderful Indonesia Giliran Hebohkan Perth dengan Kuliner

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Setelah Melbourne dan Sydney, kota ketiga yang menjadi sasaran promosi Wonderful Indonesia adalah Perth, ibu kota Negara Bagian Australia Barat. Kali ini bukan mengundang Tompi

Slideshow

Pemkab Kotabaru Mengunjungi PATA Indonesia

Pj Bupati Kotabaru Isra (tengah) didampingi President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kedua dari kiri) berfoto bersama selepas bertemu di kantor PATA Indonesia Chapter (Ist) 

Destinations

Pariwisata Banyuwangi Memikat Wisatawan Mancanegara

Wisatawan di Pulau Merah (Ist) Banyuwangi yang terletak di ujung timur Jawa selama ini dikenal dengan beragam potensi pariwisata yang tak kalah menarik dengan tetangganya Pulau Dewata. Karenanya kabupaten yang