‘Tradition is more forward, not backward’

rektor pu sama bule

Rektor President University Chandra Setiawan (kiri) dengan Profesor Luiz Abel Magro Moutinho (Ist) 

President University dengan bangga mengundang Profesor Luiz Abel Magro Moutinho, Guru Besar yang sarat kekinian ilmu dibidang Bio Marketing dan Futures Research, DCU Business School, Dublin City University, Irlandia berkunjung ke Indonesia untuk menjadi keynote speech internasional pada kegiatan Wisuda Sarjana ke-10 President University nanti 28 Mei mendatang di Jababeka Convention Center (JCC) di Jababeka Education Park di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, tempat berlokasinya 1700 perusahaan multinasional dari 30 negara.

Mengawali sebelum acara wisuda sarjana, Profesor Luiz Abel Magro Moutinho menjadi pembicara tunggal di kegiatan CEO Talk yang dibuka Rektor President University Chandra Setiawan, Selasa (24/5/2016) di President Lounge, Menara Batavia, Jakarta dengan mengambil tema The Anticipation of an Upcoming Global Far-Sighted Shift.

The world is changing, dunia telah berubah dengan cepat yang ditandai terciptanya ledakan 1 miliar populasi usia senior 60 tahun dalam 10 tahun terakhir.

Paling sedikit 75 persen kelompok ‘the rich’ di Amerika Serikat dan Inggris, bahkan dinegara-negara maju adalah berasal dari kelompk senior berusia 65 tahun dan kebanyakan khususnya adalah kelompok wanita.

Terdapat tiga tren dalam urbanisasi dunia,  terbentuknya Mega City, yaitu kota yang berpenduduk lebih dari 10 juta, seperti London, Jakarta, dan Shanghai.

Mega Region yaitu gabungan atau kombinasi dua kota atau kabupaten atau ‘rural area’ menjadi satu ‘regional’ yang memilki populasi mencapai lebih dari 15 juta, seperti Johannesburg dan Pretoria membentuk Jo-Toria.

Mega Corridors, yaitu koridor yang menghubungkan dua kota besar atau Mega Region, seperti Hongkong-Shenzen-Guangshou di China dengan populasi lebih dari 120 juta.

Prof Luiz, lebih jauh membahas tentang ‘Tradition is more forward, not backward’ serta tentang ‘simplicity’. Perkembangan tekonologi dan meningkatnya akses terhadap internet, perubahan iklim, berubahnya geo-politik, dan pertumbuhan ekonomi, berubahnya model populasi, globalisasi dan migrasi telah mendorong terjadinya “networks society” (mobile, broadband, cloud). 

Mega Trends berpengaruh terhadap meningkatnya ‘mobility integration’, yaitu urbanization, car sharing/car pooling, e-mobility, smart cities, high speed dlsb. 

Apa dan bagaimana antisipasi Indonesia sebagai salah satu dari tiga negara besar di ASEAN atau sebagai anggota dari G-20 dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

Investments

Investor Asing Jajaki Investasi Pariwisata di Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Ketua Tim Pokja 10 Destinasi Prioritas Hiramsyah S Thaib yang menerima audiensi CEO Wellington Capital Advisory (WCA) David Burke di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Selasa

Slideshow

1 Tahun patainanews.com Hadirkan Informasi Pariwisata dan Investasi

Tepat satu tahun lalu, sejak 9 Mei 2015 patainanews.com hadir dalam industri media massa Indonesia, khususnya media online yang berkaitan dengan pariwisata nasional. Sebagai bagian PATA Indonesia Chapter, patainanews.com ikut

Nature

Helicity Garap Pariwisata Bandung

Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja (Ist) Manajemen PT Whitesky Aviation merencanakan pada tahun ini menggarap rute perjalanan traveling menggunakan

Tourism

Batik Indonesia Melekat di Hati

Ella V Brizadly (Ist) Batik Indonesia selalu menjadi juara, tidak ada yang bisa mengalahkan, termasuk batik asal Tiongkok. “Produk batik dari Tiongkok itu tidak bisa dikatakan batik karena memang itu bukan

Cuisine

Sinergi Memukau Desainer Cilik Akeyla dengan Batik NengMas

Poetrie Hanjani, pemilik Batik NengMas (kiri) bersama desainer cilik yang lagi naik daun, Akeylanaraya Alyandina  (Ist) Batik khas Nusantara yang merupakan kain tradisional asli Indonesia selama ini memang dikenal menjadi salah

Slideshow

Sultan Tidore Menjaga Presiden Jokowi dari Kepentingan yang Merusak Citra

Sultan Tidore Husain Sjah (kemeja putih) menerima piagam penghargaan dari Ketua Dewan Penasihat Komite Nasional Pembela Kedaulatan NKRI dan Martabat Bangsa (PKNMB) Laksamana (Purn) Tedjo E Purdijatno, disaksikan Ketua Umum