Traveler tak Usah Ragu ke Bali

Wisatawan di Bali (Ist)

Kondusif. Instagramable. Semakin menarik berwisata ke Pulau Dewata Bali, destinasi wisata terbaik dunia versi TripAdvisor 2017, yang direview oleh para travelers yang aktif comments di platform paling populer buat wisatawan itu.

“Silakan ke Bali! Suasana Bali ok, teman-teman netizen juga silakan mem-posting suasana terkini di Bali. Silakan capture di Kuta, Nusa Dua, Seminyak, Sanur, Ubud, Uluwatu, Nusa Penida, Tanah Lot, dan spot destinasi lain yang tetap ramai dan asyik,” kata Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (3/7/2018).

Aktivitas Gunung Agung Bali memang on lagi, Selasa, 3 Juli 2018 pukul 09:28 WITA, dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi ± 3 menit 38 detik. Status Gunung Agung masih di Level III (Siaga). “Saya memperoleh laporan dari tim Crisis Center, Bali Tourism Hospitality, dan sampai sekarang suasananya kondusif,” ungkap Menpar Arief Yahya.

Suasana seperti ini, kata Menpar Arief Yahya, sebagai yang biasa dan pernah terjadi. Erupsi pertama, 27 September 2017 lalu juga sempat heboh tapi suasana di Bali sendiri kondusif dan nyaman-nyaman saja. “Situasi on-off seperti ini memang kadang menyulitkan. Tetapi ya beginilah nature dan culture-nya Gunung Agung, seperti Bali ini. Tidak ada yang bisa memprediksi dengan tepat dan pasti, kapan akan terjadi erupsi,” ungkapnya.

Yang bisa dilakukan adalah antisipasi yang sudah disiapkan industri dan government. “Semoga tetap asyik, nyaman dan keren!” ujarnya. Namun Menpar Arief tetap meminta masyarakat mematuhi rekomendasi yang sudah diumumkan.

Misalnya, mereka yang bermukim di sekitar Gunung Agung, para pendaki dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di zona radius 4 km dari puncak kawah. Selain itu, masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung juga perlu berjaga dan waspada. Lokasi atau kawasan berbahaya itu lokasinya jauh dari destinasi-destinasi di Bali. Jauh dari Kuta, Sanur, Nusa Dua, Nusa Penida, Tanah Lot, Uluwatu, dan sebagainya.

Informasi perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Agung Bali dipantau oleh KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Agung https://magma.vsi.esdm.go.id/. Sejatinya yang paling terganggu adalah penerbangan atau airlines.

Karena sebaran debu vulkanik itu naik ke udara dan berpotensi mengganggu pesawat. Kalau di darat maupun di laut tidak banyak terpengaruh. “Karena itu suasananya kondusif,” ungkap Menpar Arief. Adapun Bandar Udara Notohadinegoro Jember dan Banyuwangi juga ditutup sebagai dampak aktivitas Gunung Agung.

Sesuai NOTAM C7023/18 Bandara Jember ditutup hingga 3 Juli 2018 pukul 10.00 WIB. Sedangkan Bandara Banyuwangi ditutup sampai tanggal 3 Juli 2018 pukul 09.00 WIB sesuai NOTAM C7021/18. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Slideshow

Pelindo III Ajak Siswa SMA Peduli Pelabuhan di Daerah

Penyampaian materi oleh narasumber Pelindo III Goes to School (Ist) Bagaimana jika ada kapal yang mogok di pelabuhan? Bagaimana menangani kapal yang tenggelam di pelabuhan? Apa keistimewaan Pelindo ketimbang kompetitornya? Itulah

Heritage

Manfaatkan Libur Lebaran untuk Promosikan Destinasi Wisata Indonesia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) (Ist) Libur Lebaran menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1438 H serentak di Indonesia. Dan, sudah menjadi tradisi di negeri ini masyarakat yang menetap

Heritage

Empat Wisman Menikmati Kereta Wisata Priority ke Yogyakarta

President Director PT KA Pariwisata Totok Suryono (kedua dari kanan) didampingi direksi lainnya dalam press conference kereta wisata kelas Priority (Ist) Empat wisatawan mancanegara (wisman) diketahui ikut serta dalam perjalanan

Indonesiaku

Libur Lebaran, TNI Jamin Keamanan Wisatawan di NTB

Aparat keamanan yang bertugas di Nusa Tenggara Barat (NTB), termasuk dari jajaran TNI menjamin keamanan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang tengah berlibur di destinasi wisata, seperti Lombok selama Ramadan

Slideshow

Promosi ASIAN GAMES 2018, Wonderful Indonesia ke Jepang

 Sales Mission Asian Games di Jepang 2017 (Ist) Indonesia saat ini sedang melakukan persiapan besar-besaran sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Sebagai bagian dari pemerintahan Indonesia, Kemenpar juga ikut ambil

Nature

18 April, Astira Ikut Parade Eco Dress

Miss Eco Indonesia 2018 Astira Intan Vernadeina (keempat dari kiri) (Ist) Miss Eco Indonesia 2018, Astira Intan Vernadeina ikut dalam press conference Miss Eco International 2018, Rabu (11/4/2018) yang akan