Traveling ke Semarang yang Memikat Hati Wisatawan

20170430_095748

General Manager Hotel Horison NJ Aditya Maulana (kemeja abu-abu dan berkaca mata) tampak serius mendengarkan penjelasan mengenai sejarah kota Semarang di Kampung Batik Semarang di kawasan Kota Lama Semarang (Ist)

Semarang sebagai bagian dari Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) yang termasuk 10 Bali baru menyimpan potensi wisata, dan budaya yang menarik minat wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara.

Destinasi wisata Semarang di Jawa Tengah semakin dikenal sejak pemerintah menetapkan Semarang masuk dalam Joglosemar yang merupakan bagian dari 10 Bali baru, yakni 10 destinasi wisata prioritas yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara.

Pemerintah diketahui serius dan tengah gencar mengembangkan dan mempromosikan 10 Bali baru, termasuk Joglosemar guna menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara agar bisa memenuhi target Presiden Jokowi bisa mendatangkan 20 juta turis asing hingga 2019 mendatang.

Adapun kunjungan wisatawan ke Semarang semakin meningkat sejak pemerintah menetapkan Joglosemar, termasuk dalam 10 Bali baru yang merupakan 10 destinasi wisata prioritas yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara sehingga Semarang kini menjadi destinasi wisata yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara.

Semarang memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, seperti Gereja Blenduk di Kota Lama, Lawang Sewu, dan Kelenteng Sam Poo Kong.

Masih ada Pasar Semawis yang identik dengan kawasan Pecinan Semarang yang terkenal dengan wisata kuliner. Tak ketinggalann budaya Jawa juga masih terasa kental di Semarang.

Ya, pesona pariwisata dan budaya, serta kearifan lokal selama ini dikenal saling melengkapi sebagai daya tarik tersendiri bagi turis asing berkunjung ke negeri ini.

Karenanya pemerintah optimistis mendukung target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia hingga 2019 mendatang. 

Menariknya kawasan Kota Lama memikat hati traveler sebab kawasan Kota Lama menyimpan banyak potensi wisata dan budaya yang tak boleh dilewatkan selama wisatawan tengah berkunjung ke Semarang.

Tak hanya Gereja Blenduk sebab masih ada Kampung Batik Semarang. Kampung Batik Semarang bisa dibilang menjadi bukti budaya Jawa masih dipertahankan di Semarang. Adapun Kampung Batik Semarang letaknya tidak jauh dari Hotel Horison NJ.

Di Kampung Batik Semarang, wisatawan bisa belajar membuat batik. Di Kampung Batik Semarang, traveler juga bisa membeli batik khas Semarang.

Batik yang ada di Kampung Batik Semarang merupakan batik khas Semarang lantaran keberadaan Kampung Batik Semarang di Kota Lama sudah sejak lama ada di Semarang.

Di Kampung Batik Semarang, wisatawan juga bisa belajar mengenai sejarah kota Semarang. Ada Stasiun Tawang Semarang yang memudahkan traveling yang berkunjung ke Semarang dengan menggunakan transportasi kereta api.

Kampung Batik Semarang bisa dibilang memang menjadi saksi bisu perjalanan panjang kota Semarang, termasuk dalam sektor pariwisata dan budaya.

General Manager Hotel Horison NJ Aditya Maulana menjelaskan, pihaknya akan serius ikut serta mengembangkan dan mempromosikan potensi kawasan Kota Lama, khususnya Kampung Batik Semarang sehingga semakin banyak traveler yang tertarik berkunjung ke Semarang.

“Hotel Horison NJ akan menggandeng Kampung Batik Semarang sehingga keberadaan Kampung Batik Semarang di Kota Lama akan semakin dikenal wisatawan yang datang ke Semarang,” katanya kepada patainanews.com, Minggu (30/4/2017).

Wisata kuliner Semarang

WhatsApp Image 2017-05-03 at 17.13.08

Sambel Sedep Oma yang merupakan wisata kuliner Semarang bisa menjadi oleh-oleh khas Semarang (Ist)

Semarang di Jawa Tengah tak hanya kaya dengan destinasi wisata namun juga beragam wisata kuliner. Apalagi kini Semarang masuk dalam Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) yang menjadi bagian 10 Bali baru, 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara.

Adapun selama ini kuliner khas Semarang identik dengan Lumpia, dan Wingko. Menariknya ada SSO ( Sambel Sedep Oma ). “Ada 7 cita rasa sambel, yakni Sambel Teri, Sambel Sere, Sambel Terasi, Sambel Bawang, Sambel Pete yang adanya musiman, Sambel Babat Gongso dan Sambel Ikan Asap Khas Semarang,” tutur Felicia Wenny, pemilik SSO ketika dihubungi patainanews.com, Rabu (4/7/2017).

Ia menjelaskan, baru-baru ini Sambel Ikan Asap Khas Semarang dinobatkan sebagai juara ke-3 Potensi Oleh-Oleh Lokal Khas Kota Semarang oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang yang diikuti oleh 37 UKM kota Semarang. Menurutnya,

“SSO (Sambel Sedep Oma) adalah wisata kuliner khas Semarang sebab memproduksi Sambel Khas Semarang , yang sedepnya ngangenin,” katanya setengah berpromosi.

Ia mengatakan, Sambel Ikan Asap Khas Semarang dan Sambel Babat sangat identik dengan kota Semarang sehingga tak salah jika wisatawan bisa memiliki SSO sebagai oleh-oleh khas Semarang.

“Produk masih home made karena keterbatasan tenaga sehingga saat ini hanya kami titip di dua tempat saja,” ujarnya. Ia tak menampik masih banyak traveler yang belum mengetahui kalau di Semarang ada potensi lokal kuliner yang enak rasanya.

“Ada tahu bakso, yaitu SSO Ikan Asap dan Babat Gongso,” ungkapnya. Felicia menyebut, wisatawan yang ada di Semarang bisa datang ke Karangkojo Selatan 432 G dan di Tahu Petis Yudistira, Jalan Yudistira, masuk samping Udinus Imam Bonjol, serta Toko Buku Merbabu di Jalan Pandanaran Semarang,” paparnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Pariwisata NTB Apresiasi Ide Arief Yahya Penataan Cahaya Masjid di Lombok

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan General Manager d’Praya Lombok Hotel LA Hadi Faishal (Ist) Pelaku bisnis pariwisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyampaikan apreasiasi setinggi-tingginya terhadap ide brilian

Slideshow

Changing Story from Indonesia (That You Haven’t Heard)

Elizabeth Gilbert (Ist) Harus diakui, Indonesia banyak menyimpan kisah inspiratif bagi banyak orang, termasuk wisatawan mancanegara yang berkunjung ke negeri ini. Sebut saja Elizabeth Gilbert, penulis Eat Pray and Love.

Heritage

GFNY, Lombok Destinasi Sport Tourism Kelas Dunia

Grand Fondo New York (GFNY) Indonesia 2017 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengucapkan selamat atas sukses Ajang Grand Fondo New York (GFNY) Indonesia 2017 di

Hotel

Mei, Pastikan ke Tanjung Lesung Tonton The Legend of Dewi Tanjung Lesung

The Legend of Dewi Tanjung Lesung (Ist) Indonesia menyimpan beragam pertunjukkan seni budaya, mulai dari sastra, musik hingga yang bersifat teatrikal. Semuanya memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Salah satunya

Nature

Mercure Jakarta Sabang Dukung Earth Hour 2018

Earth Hour 2018 di Hotel Mercure Jakarta Sabang (Ist) Dalam rangka menyambut Earth Hour 2018 Hotel Mercure Jakarta Sabang mengadakan beberapa rangkaian kegiatan untuk ikut mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan.

Festival

Kabupaten Dairi Ajak Jababeka Promosikan Pariwisata Danau Toba

Bupati Dairi Eddy Keleng Ati Berutu (kedua dari kiri) bersama Founder PT Jababeka Tbk SD Darnono (kedua dari kanan) (Ist) Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara merencanakan bekerja sama dengan PT