Turis Arab Saudi Minati Wisata Halal Indonesia

turis-arab

Wisatawan mancanegara asal kawasan Timur Tengah, termasuk Arab Saudi semakin banyak yang berkunjung ke Indonesia karena negeri ini dikenal dengan wisata halal (Ist)

Pemerintah diketahui saat ini tengah gencar mempromosikan wisata halal di Indonesia guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara asal kawasan Timur Tengah, termasuk dari Arab Saudi.

Adapun tren wisata halal semakin menggema di industri pariwisata dunia. Karenanya Indonesia pun tak mau kalah dengan negara-negara lain, seperti Thailand, Korea Selatan, dan Jepang yang juga menawarkan wisata halal bagi wisatawan asing.

Hebatnya saat ini posisi Indonesia ada di nomor empat peringkat Global Muslim Travel Index (GMTI). Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Indonesia harus menerapkan standar global wisata halal, bukan sekadar Indonesia menjadi negara mayoritas Muslim untuk mengembangkan wisata halal di Tanah Air.

Kini wisatawan dari kawasan Timur Tengah mulai banyak yang tertarik berkunjung ke Indonesia, seperti ke Lombok. Dan, tahun 2019 Indonesia mencanangkan menjadi nomor satu wisata halal. Hal tersebut selaras dengan upaya pemerintah mencapai target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2019 mendatang.

Ya, tak bisa dipungkiri sejak Lombok yang ada di Nusa Tenggara Barat, negeri ini semakin percaya diri mengembangkan wisata halal. Bahkan, Lombok pun telah menyatakan diri menjadi destinasi wisata halal di Indonesia.

Sejak Pulau Seribu Masjid ini pada tahun lalu mencetak prestasi dunia yang membanggakan Indonesia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, yakni menyumbang dua gelar dalam ajang internasional, World Halal Travel Award 2015 mendapat World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination, Indonesia kini menjadi daya tarik tersendiri bagi turis dari kawasan Timur Tengah, termasuk dari Arab Saudi.

Kepala Indonesian Trade Promotion Center Jeddah, Arab Saudi Gunawan mengatakan, melalui Trade, Tourism dan Investment (TTI) bisa menjadi daya tarik wisatawan asal Arab Saudi berkunjung ke Indonesia untuk menikmati wisata halal di negeri ini.

“Awalnya bisa melalui trade. Atau juga bisa melalui tourism sehingga menjadi TTI yang membuat orang Arab Saudi datang ke Indonesia untuk berkunjung ke destinasi wisata halal, seperti Lombok, Sumatera Barat, dan Aceh,” katanya menjawab patainanews.com di sela-sela penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-31 di Jakarta, Sabtu (15/10/2016).

Bahkan, tak menutup kemungkinan turis dari Arab Saudi juga datang ke Tanjung Lesung maupun Raja Ampat. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

‘Truly Asia itu Ada di Indonesia’

Turis asing berpose bersama dengan wisatawan Nusantara saat gerhana matahari total (GMT) 2016 di Palembang Potensi wisata, termasuk kekayaan alam di Indonesia, seperti wisata bahari yang tersebar di beragam destinasi

Festival

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Promosikan Wakatobi

Lois Merry Tangel (Ist) Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel serius mempromosikan Wakatobi yang termasuk dalam 10 destinasi wisata prioritas atau yang lebih dikenal sebagai 10 Bali baru. Hal

Festival

Thailand Aman, Turis Asing Datang ke Negeri Gajah Putih

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pariwisata Indonesia tengah bersaing ketat dengan negeri jiran, Malaysia dan Thailand untuk menjadi yang terbaik dari kawasan Asia Tenggara. Adapun Indonesia mengusung Wonderful Indonesia, sementara

Travel Operator

Turis dari Riau Suka ke Bukittinggi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut wisatawan dari Riau suka traveling ke Bukittinggi, Sumatera Barat. Hal tersebut disampaikan Menpar Arief dalam launching ‘Calender of Event (CoE)

World Heritage

Pemimpin adalah Teladan

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Presiden Jokowi telah menetapkan pariwisata sebagai leading sector pembangunan, yang berarti persaingan sektor pariwisata sebagai industri jasa juga banyak diperebutkan negara lain. Persaingan kedepan adalah

Airlines

Wonderful Noon Bandung 2019 Hadirkan Selebgram Promosikan Destinasi Digital

Keseruan event Wonderful Noon 2019 yang berlangsung di Orchid Forest Cikole, Lembang, Bandung terasa sejak Jumat, 8 Maret 2019 saat para pegiat media sosial hadir mempromosikan destinasi digital tersebut. Dengan