Turis Arab Saudi Minati Wisata Halal Indonesia

turis-arab

Wisatawan mancanegara asal kawasan Timur Tengah, termasuk Arab Saudi semakin banyak yang berkunjung ke Indonesia karena negeri ini dikenal dengan wisata halal (Ist)

Pemerintah diketahui saat ini tengah gencar mempromosikan wisata halal di Indonesia guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara asal kawasan Timur Tengah, termasuk dari Arab Saudi.

Adapun tren wisata halal semakin menggema di industri pariwisata dunia. Karenanya Indonesia pun tak mau kalah dengan negara-negara lain, seperti Thailand, Korea Selatan, dan Jepang yang juga menawarkan wisata halal bagi wisatawan asing.

Hebatnya saat ini posisi Indonesia ada di nomor empat peringkat Global Muslim Travel Index (GMTI). Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Indonesia harus menerapkan standar global wisata halal, bukan sekadar Indonesia menjadi negara mayoritas Muslim untuk mengembangkan wisata halal di Tanah Air.

Kini wisatawan dari kawasan Timur Tengah mulai banyak yang tertarik berkunjung ke Indonesia, seperti ke Lombok. Dan, tahun 2019 Indonesia mencanangkan menjadi nomor satu wisata halal. Hal tersebut selaras dengan upaya pemerintah mencapai target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2019 mendatang.

Ya, tak bisa dipungkiri sejak Lombok yang ada di Nusa Tenggara Barat, negeri ini semakin percaya diri mengembangkan wisata halal. Bahkan, Lombok pun telah menyatakan diri menjadi destinasi wisata halal di Indonesia.

Sejak Pulau Seribu Masjid ini pada tahun lalu mencetak prestasi dunia yang membanggakan Indonesia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, yakni menyumbang dua gelar dalam ajang internasional, World Halal Travel Award 2015 mendapat World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination, Indonesia kini menjadi daya tarik tersendiri bagi turis dari kawasan Timur Tengah, termasuk dari Arab Saudi.

Kepala Indonesian Trade Promotion Center Jeddah, Arab Saudi Gunawan mengatakan, melalui Trade, Tourism dan Investment (TTI) bisa menjadi daya tarik wisatawan asal Arab Saudi berkunjung ke Indonesia untuk menikmati wisata halal di negeri ini.

“Awalnya bisa melalui trade. Atau juga bisa melalui tourism sehingga menjadi TTI yang membuat orang Arab Saudi datang ke Indonesia untuk berkunjung ke destinasi wisata halal, seperti Lombok, Sumatera Barat, dan Aceh,” katanya menjawab patainanews.com di sela-sela penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-31 di Jakarta, Sabtu (15/10/2016).

Bahkan, tak menutup kemungkinan turis dari Arab Saudi juga datang ke Tanjung Lesung maupun Raja Ampat. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Turis dari Riau Suka ke Bukittinggi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut wisatawan dari Riau suka traveling ke Bukittinggi, Sumatera Barat. Hal tersebut disampaikan Menpar Arief dalam launching ‘Calender of Event (CoE)

Indonesiaku

Libur Lebaran, TNI Jamin Keamanan Wisatawan di NTB

Aparat keamanan yang bertugas di Nusa Tenggara Barat (NTB), termasuk dari jajaran TNI menjamin keamanan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang tengah berlibur di destinasi wisata, seperti Lombok selama Ramadan

Hotel

Arief Yahya Optimistis 2016 Target 12 Juta Wisman Tercapai

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku optimistis target 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) hingga akhir tahun ini bisa tercapat lantaran dirinya terus memperkuat spirit pariwisata Indonesia. “Great

Destinations

Jaga Ciri Khas yang Beda, Industri Pariwisata Nasional Maju

Kompleks Candi Prambanan (Ist) Sebenarnya budaya bagi masyarakat itu bukan soal suka atau tidak suka tapi menjadi bagian yang menyatu dalam hidup individu maupun masyarakat. Jadi, kalau industri pariwisata Indonesia

World Heritage

Ramadan Penuh Berkah di Hotel Mercure Jakarta Sabang

Menyambut  bulan suci Ramadan yang penuh berkah, Hotel Mercure Jakarta Sabang menghadirkan beberapa paket promo, antara lain paket berbuka puasa di The Lobby Restaurant & Lounge dan paket Gift Hampers

All About Indonesia

WKB Kian Diminati Masyarakat

  Kuliner khas di WKB (Ist) Keberadaan Warteg Kharisma Bahari (WKB) semakin diminati masyarakat. Kuliner khas Tegal, Jawa Tengah ini buktinya disukai etnis lain, seperti dari Sumatera Utara dan Sumatera